Jangan Buang Kulit Pisang Ma, Cek Dulu Manfaatnya di Sini!

Kabar gembira kulit pisang kini ada manfaatnya!

8 April 2020

Jangan Buang Kulit Pisang Ma, Cek Dulu Manfaat Sini
Pexel/Aleksandar Passaric

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini. Hampir setiap hari kita bisa melihatnya, mungkin di meja makan sebagai pencuci mulut dan pelengkap sesi makan, ataupun juga sering dijumpai di toko-toko buah. 

Mengapa demikian, pisang adalah buah paling mudah didapat dan merupakan salah satu buah tersehat di bumi ini yang bisa dimakan. 

Karena mengandung protein, serat, vitamin A, B6, dan C, kalium, mangan, magnesium, folat, riboflavin, niasin, dan zat besi. 

Tidak hanya mudah didapat, pisang juga menjadi buah yang mudah untuk dikonsumsi bila sudah matang.

Mengupas kulitnyapun mudah saja tanpa harus dibantu pisau atau alat kupas lainnya sudah bisa dilakukan. Nah, tapi kulitnya jangan begitu saja dibuang ya Ma! 

Karena hari ini kita tidak membicarakan tentang buahnya melainkan tentang kulitnya, yang pada umumnya dibuang sebagai sampah.

Padahal kulit pisang sebenarnya dapat dimakan dan memberikan berbagai macam manfaat kesehatan tambahan. Terkejut?  

Nyatanya, ketika digunakan kulit pisang dapat meningkatkan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan menyembuhkan masalah kulit lho Ma.

Oleh karena itulah Popmama.com menyusun fakta menarik tentang kulit pisang yang dapat berguna bagi kehidupan khususnya kesehatan. 

1. Membantu memutihkan gigi

1. Membantu memutihkan gigi
Pexel/Shiny Diamond

Ada banyak cara mahal untuk memutihkan gigi, dan banyak dari mereka menggunakan zat pemutih yang keras yang sebenarnya bisa menghilangkan enamel Mama. 

Ini melemahkan gigi dan dapat menyebabkan sensitivitas. Tapi dengan kulit pisang Mama dapat memutihkan gigi secara alami dan lembut karena kandungan potasiumnya.

Kamu bahkan tidak perlu mengunyah kulitnya, melainkan menggosok bagian dalam pada gigi setiap hari selama sekitar dua minggu.

Hasilnya akan mulai muncul setelah beberapa kali melakukan perawatan.

2. Mengimprovisasi kualitas kulit

2. Mengimprovisasi kualitas kulit
Pexel/Ximena Mora

Kulit pisang mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk kulit.

Sehingga mampu meminimalkan tampilan garis serta kerutan pada wajah.

Cukup gosok kulit pisang langsung pada daerah yang terkena dan biarkan residu lengket selama sekitar 30 menit sebelum mencuci wajah.

Editors' Picks

3. Sebagai pelembap

3. Sebagai pelembap
Pexel/Juan Pablo Serran

Selain menghilangkan kerut, kulit pisang juga aman bila digunakan sebagai pelembab menyeluruh, tumbuk kulitnya menjadi pasta, aduk satu kuning telur, dan oleskan campuran ini secara merata ke wajah atau leher Mama.

Lalu diamkan selama 5 menit dan kemudian cuci bersih. Perawatan yang sama juga baik untuk psoriasis, eksim, dan juga jerawat.

4. Mengimprovisasi kesehatan mata

4. Mengimprovisasi kesehatan mata
Pexel/Pixabay

Unsur dalam kulit pisang yang sangat membantu mata disebut lutein. Ini adalah antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas yang merusak, serta melindungi mata dari radiasi UV yang berbahaya hasil paparan sinar matahari.

Mendapatkan cukup lutein setiap hari telah terbukti mengurangi risiko katarak atau degenerasi makula seiring bertambahnya usia.

5. Pencerah kulit alami

5. Pencerah kulit alami
Pexel/Shiny Diamond

Cara kerjanya persis sama dengan memutihkan gigi, Mama hanya perlu menggosoknya dengan lembut, kemudian bilas sesudahnya.

Bila dilakukan secara rutin hal ini akan membuat kulit nampak lebih cerah dan bercahaya lho Ma. 

6. Pengobatan jerawat

6. Pengobatan jerawat
Pexel/Ike Louie Natividad

Ada beberapa keberhasilan yang dicapai ketika menggunakan kulit pisang guna mengobati noda dan jerawat. 

Dalam hal ini Mama hanya perlu menggosok daerah yang terkena jerawat dengan lembut pastinya agar tidak malah terjadi pebengkakan. 

Lakukan selama beberapa menit kemudian bilas, ulangi tiga kali sehari. Antioksidan dan nutrisi dalam kulit akan membantu mengurangi wajah yang berjerawat.

7. Melawan kantung mata

7. Melawan kantung mata
Pexel/John Tekeridis

Sementara mentimun adalah cara populer untuk melawan mata yang lelah dan bengkak, ternyata kulit pisang juga bisa melakukan trik tersebut. 

Potong membulat seperti mentimun, lalu dengan cara yang sama, letakkan di atas mata Mama, untuk memberi tampilan yang cerah dan segar. Jangan lupa lakukan secara rutin. 

Jadi Ma, sekarang kalau habis makan pisang, harus dikemanakan kulitnya sudah ada gambaran ya Ma. 

Jangan langsung dibuang Ma, ada baiknya dimanfaatkan terlebih dahulu, karena banyak sekali manfaatnya. 

Setelah itu baru boleh dibuang. Oke! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.