TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Essential Oil yang Bisa Membuat Rambut Jadi Lebih Sehat, Coba Yuk!

Masing-masing minyak memiliki manfaat dan aroma khas tersendiri

23 Juni 2022

6 Essential Oil Bisa Membuat Rambut Jadi Lebih Sehat, Coba Yuk
Pixabay/Mareefe

Menjaga kesehatan rambut menjadi salah satu hal yang wajib bagi para perempuan. Tidak sedikit dari mereka yang menginginkan rambut idaman yakni kuat dan berkilau. 

Untuk menjaganya, mencuci saja tidaklah cukup. Kamu bisa menambahkan minyak esensial secara rutin ke rambutmu. Minyak esensial bisa membantu rambut menjadi segar dan terawat. 

Ada banyak macam dan manfaatnya, langsung saja simak rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai 6 essential oil yang bisa bikin rambut jadi lebih sehat. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan rambutmu.

1. Minyak esensial Rosemary

1. Minyak esensial Rosemary
thestatesman.com

Minyak esensial pertama yaitu rosemary. minyak esensial rosemary dianggap sebagai salah satu minyak terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Sifat ini sirkulasi darah dan bekerja sebagai obat yang sempurna untuk rambut rusak. 

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Balkan Medical Journal menemukan, rosemary mencegah kerontokan rambut dengan meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Namun, risiko efek samping, seperti kulit kepala gatal, cenderung lebih rendah.

Hindari terkena mata dan mulut Anda dan jauhkan dari anak-anak. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki kondisi yang mendasarinya untuk menghindari komplikasi.

2. Minyak esensial Lemongrass

2. Minyak esensial Lemongrass
Freepik/Jcomp

Minyak esensial pertama yaitu Lemongrass. Lemongrass atau serai merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Tidak hanya membuat masakan lebih lezat, serai juga bisa digunakan sebagai obat untuk banyak masalah kesehatan seperti rambut.

Sebuah studi yang dimuat dalam Complementary Medicine Research menyebutkan manfaat minyak lemongrass untuk rambut dalam mengusir ketombe secara efektif setelah digunakan selama 7 hari. Jadi, untuk kamu yang memiliki permasalahan rambut berketombe, gunakanlah minyak ini dengan mencampurkan beberapa tetes bersama sampo atau kondisioner.

Editors' Picks

3. Minyak esensial Cedarwood

3. Minyak esensial Cedarwood
Freepik/Svetlana_cherruty

Cedarwood berasal dari pohon Cedar yang banyak tumbuh di pegunungan sekitar Afrika Utara dan memiliki lebih dari 20 spesies.  Minyak cedarwood diyakini dapat mempercepat pertumbuhan rambut serta mengurangi masalah rambut rontok.

Nantinya, cedarwood akan mengendalikan produksi kelenjar minyak pada kulit kepala. Tak hanya itu, minyak cedarwood mengandung zat antijamur dan antibakteri yang dapat mengatasi masalah rambut dan kulit kepala lainnya, seperti ketombe. 

Teteskanlah minyak tersebut dengan 2 sendok makan minyak pelarut. Aduk merata dan pijat ke permukaan kulit kepala secara perlahan. Diamkanlah selama 10 menit sebelum dibilas menggunakan air.

4. Minyak esensial Pohon Teh

4. Minyak esensial Pohon Teh
Freepik/Yanadjana

Bagi kamu yang memiliki permasalahan rambut tipis, minyak esensial pohon teh bisa jadi solusi karena bermanfaat untuk menumbuhkan rambut lebat. Hal itu dikarenakan adanya senyawa antibakteri dan antimikroba di dalamnya.

Minyak esensial pohon teh juga dapat membantu membersihkan kulit kepala. Selain itu, minyak tersebut bisa menghilangkan racun dari kulit kepala, meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, merawat rambut kering, dan mengontrol produksi sebum di kulit kepala.

Campurkan 10 tetes tea tree oil dengan sampo dan kondisioner yang biasa dipakai. Saat dioleskan secara langsung pada kulit kepala, minyak ini dapat membuka sumbatan pada folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

5. Minyak esensial Jojoba

5. Minyak esensial Jojoba
shayandcompany.com

Minyak esensial selanjutnya datang dari jojoba. Minyak jojoba merupakan jenis minyak esensial yang berasal dari biji tanaman Zizyphus jujube. 

Manfaat minyak jojoba untuk rambut dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Maka, minyak ini dapat mengatasi kebotakan. 

Itu mengapa tidak jarang produk sampo atau kondisioner yang mengandung jojoba. Kandungan itu diklaim mampu melembapkan rambut dan kulit kepala dengan baik.

6. Minyak esensial Peppermint

6. Minyak esensial Peppermint
Freepik/Elenglush

Minyak esensial yang terakhir yaitu peppermint yang berasal dari tanaman aromatik. Peppermint terdiri dari campuran water mint dan spearmint. Tanaman ini biasanya digunakan untuk menambah rasa atau aroma pada makanan, kosmetik, sabun, pasta gigi, obat kumur, dan produk lainnya. 

Selain itu, minyak peppermint juga dapat merangsang rambut tumbuh lebih lebat selama fase anagen atau pertumbuhan. Caranya, kandungan di dalamnya meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. 

Hal itu dibuktikan dari hasil studi pada hewan uji yang dimuat dalam jurnal Toxicological Research. Mereka membuktikan bahwa minyak peppermint dapat meningkatkan jumlah dan kedalaman folikel rambut serta menumbuhkan rambut.

Untuk penggunaannya, kamu cukup campurkan 2 tetes minyak itu dengan minyak pelarut seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu, aduk hingga merata dan oleskan perlahan. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan sampo serta kondisioner. Namun, ibu hamil atau sedang menyusui sebaiknya hindari penggunaan peppermint.

Nah, itulah rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai 6 essential oil yang bisa bikin rambut jadi lebih sehat. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah produk yang terpercaya dan lakukan secara rutin!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk