5 Cara Atasi Rambut Kusut untuk Rambut Keriting

Untuk mengatasi rambut keriting yang kusut sebaiknya kamu rutin gunakan vitamin ya

23 Juni 2022

5 Cara Atasi Rambut Kusut Rambut Keriting
Freepik/lookstudio

Siapa yang punya rambut keriting dan sering dihadapkan dengan masalah rambut kusut? Pasti ada perasaan jengkel, ya, kalau rambut susah diatur seperti dan tampak seperti rambut singa? Rambut kering dan kusut ini biasanya disebabkan oleh bermacam faktor.

Misalnya paparan panas matahari, seringnya menggunakan alat styling, sering mewarnai rambut, dan kurangnya asupan cairan dan nutrisi pada tubuh.

Lalu apakah ada cara untuk mengatasinya? Tenang! Berikut Popmama.com  berikan 5 cara atasi rambut kusut untuk rambut keriting Mama.

1. Pilihlah sampo yang memiliki kandungan pelembap

1. Pilihlah sampo memiliki kandungan pelembap
Freepik/valuavitaly

Rambut yang kusut itu bisa disebabkan oleh rambut yang kurang terlumasi karena terlalu kering. Oleh karena itu, penting sekali untuk mencari dan memilih sampo yang memiliki kandungan pelembap, yaitu minyak almond, minyak zaitun, keratin, dan natural oil.

Jadi, untuk menghindari rambut yang semakin kering, ada baiknya untuk tidak terlalu sering keramas.

Mengapa begitu? Supaya minyak alami yang ada di rambut tetap tercukupi, ya. Kamu cukup keramas 2 atau 3 kali dalam seminggu. Selain itu, kamu juga perlu menghindari keramas dengan air bersuhu panas. Sebab, air dengan suhu panas juga dapat memperparah kondisi rambut kering.

Editors' Picks

2. Menggunakan kondisioner

2. Menggunakan kondisioner
Unsplash/Erick Larregui

Ada hal yang perlu kamu ketahui, kandungan detergen yang ada pada sampo memang secara efektif dapat membersihkan kotoran dan minyak yang ada di kulit kepala. Namun, detergen itu juga ternyata turut membersihkan minyak alami yang ada di setiap helai rambut. Sehingga, akan membuat rambut kamu kering dan mudah kusut.

Karena itulah, setelah memilih sampo yang mengandung pelembap, kamu juga perlu merawat rambut dengan kondisioner untuk memberikan tambahan kelembapan yang dibutuhkan rambut kering.

Umumnya, kondisioner diformulasikan dengan silikon dan natural oil. Jadi, selain memberikan kelembapan, kondisioner juga dapat memperkuat kutikula rambut dan menghaluskan tiap helai rambut.

3. Keringkan rambut dengan benar

3. Keringkan rambut benar
Freepik/rawpixel.com

Setelah keramas, rambut akan menjadi basah dan ternyata sangatlah rapuh, lho Oleh karena itu, kamu tidak boleh asal saat mengeringkan rambut, ya.

Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan kerontokan. Kurangi pemakaian hair dryer, baiknya gunakan kain lembut seperti katun atau handuk microfiber. Sehingga tidak menimbulkan gesekan terlalu banyak pada rambut.

Mengeringkan rambut dengan handuk ini akan mencegah rambut menjadi kering. Sebab, cara ini mampu menyerap kelebihan air yang ada pada rambut tanpa menghilangkan kelembapannya.

4. Aplikasikan vitamin rambut secara rutin

4. Aplikasikan vitamin rambut secara rutin
Freepik

Meski sudah memilih sampo dan kondisioner untuk memberikan kelembapan pada rambut, kamu juga masih perlu untuk memberikan kelembapan serta nutrisi secara intensif. Caranya adalah dengan rutin menggunakan vitamin rambut.

Vitamin rambut biasanya mengandung Vitamin E, mineral oil, keratin, dan sebagainya. Kandungan-kandungan tersebut membuat kutikula rambut lebih kuat sehingga kelembapan rambut dapat terkunci rapat.

Sehingga masalah rambut kering dan kusut pun akan teratasi. Selain itu, pemakaian rutin vitamin rambut dapat memberikan perlindungan dari kerusakan, menambah kilau rambut, mencegah rontok, serta menghaluskan rambut, lho

5. Potong ujung rambut secara berkala

5. Potong ujung rambut secara berkala
Unsplash/mostafa meraji

Rambut kering biasanya juga dibarengi dengan kondisi ujung rambut yang bercabang. Nah, karena ujung yang bercabang inilah, rambut kamu jadi saling berkaitan hingga menyebabkan rambut kusut, terlebih lagi pada saat kamu menyisirnya.

Oleh karena itu, kamu bisa memotong ujung rambut secara rutin tiap 2 atau 3 bulan sekali agar terhindar dari rambut kusut.

Nah, itulah lima cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut khusut. Terlebih lagi untuk kamu yang memiliki rambut keriting yang sangat rawan mengalami hal ini. Jangan sampai lupa, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk