Jangan Diabaikan, Masalah Ketombe dan Rambut Rontok Saling Berkaitan

Ternyata ketombe dan rambut rontok saling berkaitan lho, Ma

2 Juni 2021

Jangan Diabaikan, Masalah Ketombe Rambut Rontok Saling Berkaitan
Pexels/Pixabay

Ketombe tentu akan sangat mengganggu penampilan terutama jika sedang memakai pakaian berwarna gelap maka serpihan ketombe yang berjatuhan akan terlihat.

Ketombe merupakan jamur yang berkembang di kulit kepada dan dapat menyebabkan gatal yang berlebihan pada sebagian orang.

Jika memiliki masalah ketombe yang kronis mungkin juga Mama akan melihat banyak helai rambut yang rontok.

Alasan utama rambut yang rontok bukan hanya karena ketombe, namun ada hal lainnya yang lebih dari hal itu.

Oleh karena itu, Popmama.comtelah merangkum informasi dari berbagai sumber mengenai kaitan antara rambut rontok dan juga ketombe yang di ungkapkan oleh ahli trichology, Isfahan Chambers-Harris, Ph.D., ada apa saja ya?

1. Apakah ketombe menyebabkan kerontokan pada rambut?

1. Apakah ketombe menyebabkan kerontokan rambut
Unsplash/Curology

Penumpukan kotoran yang ada di kulit kepala adalah bekas dari produk-produk perawatan rambut yang menumpuk dan tertinggal di kepala. Di sisi lain, ketombe adalah jamur yang tumbuh di kulit kepala dan seringkali menimbulkan rasa gatal.

Mama mungkin pernah mendengar bahwa ketombe dapat menyebabkan rambut menjadi rontok, namun hal itu tidak sepenuhnya benar.

Dalam kebanyakan kasus ketombe itu secara tidak langsung menyebabkan rambut rontok.

Hal ini dikarenakan ketombe yang sudah sangat parah dapat merusak folikel dan kulit kepala yang mana dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

Editors' Picks

2. Sering menggaruk kepala akan menyebabkan rambut rontok

2. Sering menggaruk kepala akan menyebabkan rambut rontok
Pexels

Karena memiliki kulit kepala yang berketombe, tidak jarang rasa gatal akan terus dirasakan sehingga tangan secara reflek akan terus menggaruknya. Namun, jika terlalu sering menggaruk kepala maka folikel rambut akan mengalami kerusakan.

Menggaruk secara terus-menerus serta dengan gerakan yang berlebihan dan agresif akan merusakan integritas folikel rambut yang mana pada akhirnya akan menyebabkan kerontokan rambut.

Untuk mencegah hal tersebut, Mama bisa menggunakan produk rambut yang mengandung minyak sehingga akan membantu untuk menenangkan perasaan gatal pada kulit kepala.

3. Cari tahu penyebab gatal pada kulit kepala

3. Cari tahu penyebab gatal kulit kepala
Pexels/Sound On

Jika Mama mengalami masalah ketombe yang cukup parah seperti rasa gatal yang tidak kunjung menghilang maka ada baiknya jika mencari tahu apa yang menyebabkan gatal. Pola makan juga ternyata akan memengaruhi rasa gatal di kepala.

Makanan yang dapat memicu rasa gatal yang semakin parah adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, kafein, dan juga susu.

Ketiga makanan ini dapat memicu peradangan pada kulit kepala sehingga akan membuat kepala menjadi gatal. Seperti mengonsumsi banyak makanan manis dan berkafein.

4. Saat berketombe, sebaiknya sering keramas

4. Saat berketombe, sebaik sering keramas
Unsplash/Spencer Davis

Banyak yang berpendapat bahwa jika memiliki ketombe adalah karena terlalu banyak keramas sehingga akan membuat kulit kepala menjadi kering. Ketombe akan muncul jika kulit kepala terlalu kering akibat terlalu sering berkeramas.

Namun, pada kenyataannya jika sedang mengalami kondisi kulit kepala yang berketombe ada baiknya jika melakukan keramas setiap hari, tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran dan ketombe yang menempel.

Mama bisa menggunakan shampoo yang mengandung bahan aktif seperti pyrithione zinc, selenium sulfide, ketoconazole,dansalicylic acid.

5. Rambut yang rontok akan memicu timbulnya ketombe

5. Rambut rontok akan memicu timbul ketombe
Freepik/Torwaiphoto

Seringkali orang yang mengalami masalah ketombe hanya akan berfokus pada cara menghilangkan ketombe saja. Pada kenyataannya ketombe juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan rambut.

Ketombe akan menutup sel-sel kulit sehingga akan membuat pertumbuhan rambut menjadi terhambat dan mengalami kerontokan. Oleh karena itu, ada baiknya jika melakukan perawatan untuk keduanya secara berbarengan.

Menjaga kesehatan kulit kepala tentu akan membuat masalah kesehatan seperti rambut rontok dan ketombe bisa dicegah. Jangan melewati perawatan untuk rambut juga ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.