5 Manfaat Arang Aktif (Activated Charcoal) untuk Kesehatan Kulit

Bisa untuk meratakan tekstur kulit lho, Ma!

27 Juli 2021

5 Manfaat Arang Aktif (Activated Charcoal) Kesehatan Kulit
Pexels/Ketut Subiyanto

Arang aktif (Activated Charcoal) atau yang bisa disebut sebagai karbon aktif merupakan arang yang sebelumnya telah mengalami proses pemanasan sehingga menjadi lebih aman.

Proses ini dapat meningkatkan kemampuan penyerapan arang, sehingga dapat berkembang menjadi permukaan berpori yang dapat menahan racun dan bahan kimia.

Jika biasanya Mama biasa menemukan arang aktif sebagai suplemen internal untuk mengurangi gangguan penyakit dalam, ternyata arang aktif juga memiliki manfaat untuk kulit lho.

Penasaran apa saja? Yuk, simak 5 manfaat arang aktif untuk kulit yang telah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Membantu menghilangkan kotoran dari kulit

1. Membantu menghilangkan kotoran dari kulit
Freepik

Arang memiliki kemampuan menyerap yang sangat efektif, terlebih lagi untuk mengangkat kotoran yang ada pada kulit.

Arang aktif berisikan jutaan pori-pori kecil yang memiliki muatan negatif unutk menarik dan mengikat racun yang bermuatan positif.

Dengan begitu, arang aktif dapat memiliki efek yang kuat untuk mengangkat kotoran dan juga sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit.

Editors' Picks

2. Melakukan eksfoliasi dengan lembut

2. Melakukan eksfoliasi lembut
Freepik/Maksymiv-yura

Selain dapat menghilangkan kotoran yang ada pada kulit, tekstur arang aktif yang sedikit kasar juga dapat membantu untuk mengeksfoliasi kulit dengan lembut.

Melakukan eksfoliasi merupakan hal yang penting untuk mengangkat kotoran menumpuk yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat tekstur kulit tidak merata.

Arang aktif membantu untuk membuat tekstur kulit menjadi lebih halus dan juga kenyal dengan butiran-butiran kecil yang halus.

3. Menyamarkan noda jerawat

3. Menyamarkan noda jerawat
Pexels/Ivan Samkov

Tentunya banyak diantara Mama yang masih memiliki masalah noda bekas jerawat karena berbagai macam faktor yang menjadi penyebabnya.

Dengan bantuan arang aktif, noda bekas jerawat dapat secara perlahan memudar bahkan menghilang sekalipun.

Arang aktif memiliki sifat anti peradangan yang di ketahui memiliki manfaat untuk mengatasi permasalahan jerawat pada kulit wajah.

4. Menyeimbangkan produksi minyak alami

4. Menyeimbangkan produksi minyak alami
Pexels/Gustavo Fring

Minyak alami tentunya sangatlah penting untuk menjaga kulit tetap lembap dan terbebas dari kerutan, namun jika minyak alami di produksi terlalu banyak dapat menyebabkan masalah.

Kulit yang terlalu berminyak dapat membuat kotoran dengan mudahnya terserap ke dalam kulit dan membuatnya mengendap di pori-pori.

Arang aktif dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih secara lembut sehingga aman untuk digunakan pada jenis kulit yang sensitif.

5. Membantu mengecilkan pori-pori

5. Membantu mengecilkan pori-pori
Freepik/Zavalishina

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minyak yang berlebih dan kulit mati dapat terperangkap pada pori-pori sehingga dapat membuat pori-pori menjadi membesar.

Pori-pori yang besar dapat membuat wajah terlihat lelah dan juga menua, pastinya Mama ingin menghindari hal ini, kan?

Menggunakan produk scrub dengan kandungan arang aktif di dalamnya dapat membantu untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat dan membuat ukuran pori-pori menjadi lebih kecil.

Nah, itulah lima manfaat dari arang aktif yang bisa Mama dapatkan untuk membuat wajah menjadi lebih sehat dan terawat. Jadi, Mama sudah tidak ragu lagi kan untuk menjadikan arang aktif sebagai salah satu perawatan kulit wajah Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.