hanco

Tetap Menawan pada Masa Kehamilan dengan Tepat Memilih Kosmetik

Jangan asal pilih, saat hamil Mama perlu mencari kosmetik yang aman bagi perkembangan janin ya

2 Desember 2019

Tetap Menawan Masa Kehamilan Tepat Memilih Kosmetik
Unsplash/Pete Bellis

Seberapa aman kosmetik untuk digunakan oleh ibu hamil? Seperti kita ketahui bahwa beberapa produk makeup mengandung bahan kimia dan kurang aman bagi janin. Jadi, Mama perlu ekstra hati-hati dalam memilih produk makeup.

Dilansir dari fashionlady.in, Andrew Healy, seorang dokter kandungan di Baystate Medical Center di Springfield, Mass mengatakan memang kosmetik digunakan untuk eksternal tapi setiap bahan yang ditempatkan pada kulit memiliki potensi untuk diserap ke dalam aliran darah dan mungkin dapat melintasi plasenta, sehingga beberapa peringatan diperlukan.

Untuk itu Mama perlu berhati-hati ketika membeli produk makeup. Begini kiat aman dan tepat saat memilih kosmetik bagi ibu hamil.

1. Dimulai dari produk perawatan gigi

1. Dimulai dari produk perawatan gigi
Freepik/yanalya

Beberapa pasta gigi mengandung peroksida, yang merupakan salah satu bahan aktif yang membantu memutihkan gigi.

Itu dianggap aman untuk orang dewasa, bahkan ketika ditelan. Namun, produk kosmetik gigi ini dapat membahayakan janin yang sedang tumbuh.

Jadi akan lebih baik jika ibu hamil menggunakan pasta gigi tradisional, benang gigi, dan jika diperlukan, konsultasikan dengan dokter gigi untuk pembersihan rutin.

2. Self tanners dan penggunaan sunscreen bagi ibu hamil

2. Self tanners penggunaan sunscreen bagi ibu hamil
Freepik/Timonko

Beberapa tabir surya sarat dengan kandungan oxybenzone yang bisa mempengaruhi berat lahir rendah pada bayi perempuan.

Namun dokter tidak menyarankan sepenuhnya menghindari lotion tabir surya. Dayna Salasche, MD, dan instruktur klinis kebidanan dan ginekologi di Sekolah Kedokteran Feinberg di Universitas Northwestern di Chicago mengatakan tabir surya sangat penting karena hormon kehamilan dapat membuat kulit lebih sensitif dari biasanya.

Namun, ibu hamil harus menghindari terlalu banyak menggunakan sunscreen, paparan sinar matahari berlebih, atau tanning bed. Kamu harus menjaga proses bronzing di pantai selama fase 9 bulan.

Editors' Picks

3. Perhatikan komposisi bahan dari cat kuku dan perawatan rambut

giphy.com

Saat sedang hamil, nggak ada larangan buat kamu untuk melakukan perawatan rambut dan kuku.

Beberapa produk penata rambut dan poles kuku mengandung ftalat yang ditemukan menjadi salah satu risiko potensial cacat lahir.

Meskipun tidak terbukti secara klinis, beberapa dokter menganggap barang-barang kosmetik ini menjadi berisiko bagi janin yang sedang berkembang.

Agar aman, diharapkan ibu harus memilih cat kuku bebas kandungan phthalate. Kamu juga harus mengaplikasikan cat kuku di ruangan berventilasi baik, sehingga catnya cepat kering.

Untuk hairspray, sebaiknya pilihlah produk yang tidak memiliki phthalates atau sebagai gantinya kamu bisa menggunakan hair mousse.

4. Obat topikal untuk jerawat harus menjadi perhatian saat masa kehamilan

giphy.com

Jika kamu mendapatkan jerawat selama kehamilan, hindari penggunaan salep atau krim yang mengandung Accutane (isotretinoin), Retin-A (tretinoin), dan tetrasiklin, karena ini berbahaya dan dapat menyebabkan cacat lahir.

5. Gunakan kosmetik yang terbuat dari vegan

5. Gunakan kosmetik terbuat dari vegan
Wet n Wild Indonesia

Tips aman selanjutnya adalah memilih produk makeup yang terbuat dari vegan dan animal loving sehingga lebih alami dan tidak memiliki banyak kandungan kimia yang berbahaya bagi perkembangan janin.

Salah satu produk yang bisa kamu pilih adalah  Wet n Wild. Wet n Wild tengah terus berusaha menjadi vegan, 86 persen dari item 2017 keluaran WnW sudah benar-benar vegan dan mereka tengah mengembangkan produknya menjadi 100 persen vegan di masa depan.

Tahun 2018 ini, Wet n Wild Indonesia menghadirkan produk teranyar base makeup yaitu Photofocus Face Primer dan Photofocus Setting Spray yang hadir dalam dua varian untuk hasil finish yang matte atau dewy.

Untuk pengguna riasan yang ingin tampil lebih natural bisa menggunakan jenis Photofocus Dewy Face Primer, hasilnya akan terlihat halus dengan atau tanpa foundation dan efek instan bercahaya alami.

Sedangkan jenis Photofocus Matte Face Primer menghasilkan makeup yang tahan lama, tanpa berminyak dengan hasil matte.

“Untuk hasil akhir jangan lupa aplikasikan Photofocus Setting Spray yang mengandung cruelty free, gluten free, fragrance free, oil free, dan vegan,” ujar General Manager Marketing PT WNW Indonesia, Resty Yapri.

Bagaimana Ma, sekarang sudah tahu kan produk makeup yang meminimalisir bahaya bagi ibu hamil? Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Mama ya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!