Bikin Risih, Ini 5 Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di punggung

3 September 2020

Bikin Risih, Ini 5 Cara Mengatasi Jerawat Punggung
wikimedia.org

Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa saja muncul di punggung. Kamu yang mengalaminya tentu merasa kurang nyaman karena mesti tidak terlihat, jerawat di punggung tetap saja dapat mengganggu dan bikin risih.

Kamu heran mengapa punggungmu bisa berjerawat? Faktanya, sama seperti wajah, punggung dapat berjerawat jika kamu tidak menjaga kebersihan area punggung dengan baik.

Penyebab dari jerawat di punggung beragam, selain karena kelenjar minyak yang terlalu aktif, sel kulit mati yang menumpuk dan berkembangnya bakteri penyebab jerawat di punggung juga dapat menjadi penyebab.

Kamu yang memiliki masalah dengan jerawat di punggung sebenarnya tidak perlu minder. Karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Dilansir dari Mirror dan beberapa sumber lainnya, berikut cara mengatasi jerawat yang telah Popmama.com rangkum:

1. Jaga kebersihan kulit

1. Jaga kebersihan kulit
freepik/jcomp

Seperti yang diungkap tadi, kamu disarankan untuk menjaga kebersihan kulit dengan baik agar jerawat di punggung tidak bertambah.

Caranya mudah, kamu perlu untuk rutin mandi, bahkan pastikan bahwa kamu terbiasa untuk mandi setelah berolahraga.

Sebab jika kamu tidak mandi pasca olahraga, keringat dan kotoran yang menempel dikulit dapat memicu dan berkontribusi terhadap munculnya jerawat di punggung.

Editors' Picks

2. Gunakan sabun berbahan benzoyl peroxide

2. Gunakan sabun berbahan benzoyl peroxide
Freepik

Selain mandi secara rutin, kamu juga disarankan untuk menggunakan sabun yang mengandung bezoyl peroxide jika memiliki jerawat di punggung.

Hal ini karena kandungan benzoyl peroxide mampu mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan membuka pori-pori kulit yang tertutup.

Nah, selain benzoyl peroxide, kamu juga bisa menggunakan sabun yang mengandung asam salisilat untuk mengatasi jerawat di punggung.

3. Lakukan scrubbing secara rutin

3. Lakukan scrubbing secara rutin
Freepik

Meski area punggung sulit untuk dijangkau, kamu tetap harus melakukan scrubbing secara rutin.

Hal ini bermanfaat dalam membantu menghilangkan kotoran dan minyak di kulit sehingga mampu meminimalisir pori-pori tersumbat yang mungkin menyebabkan jerawat.

Adapun scrubbing disarankan untuk dilakukan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu.

4. Ganti sprei secara rutin

4. Ganti sprei secara rutin
Freepik/Bearfotos

Tak hanya merawat kebersihan tubuh saja, kamu juga perlu untuk menjaga kebersihan tempat tidur, terutama sprei.

Hal ini karena saat kamu tidur, tubuh juga berkeringat, sehingga kemungkinan keringat terserap oleh sprei bisa saja terjadi.

Jadi, jikka kamu tidak rutin mengganti sprei, jangan heran deh jika jerawat di punggung akhirnya menjadi "teman baikmu”.

5. Gunakan pakaian longgar

5. Gunakan pakaian longgar
Pexels/Daria Shevtsova

Cara mengatasi jerawat di punggung berikutnya adalah dengan membiasakan diri untuk menggunakan pakaian yang longgar. Dengan menggunakan pakaian longgar, kotoran dan keringat tidak terjebak sehingga kulit bisa bernapas.

Selain itu, ada baiknya pula untuk menggunakan pakaian berbahan katun. Pakaian yang berbahan katun mampu memudahkan kulit bernapas dan menyerap keringat sehingga dapat membantu mencegah jerawat di punggung muncul.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.