Murah Meriah, Ini 7 Cara Alami Menghilangkan Kerutan di Wajah

Ada beragam bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kerutan di wajah

31 Maret 2020

Murah Meriah, Ini 7 Cara Alami Menghilangkan Kerutan Wajah
freepik/Nensuria

Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit akan berkurang. Efeknya, kerutan dan garis-garis halus di wajah pun mulai muncul. Ini memang bukan masalah yang serius yang harus dikhawatirkan, namun banyak perempuan yang merasa kurang percaya diri dengan munculnya kerutan di wajah.

Kamu termasuk yang sudah mengalaminya? Tenang, jangan panik dulu. Sebab, selain berkunjung ke dokter kecantikan, ada cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan kerutan di wajah.

Dilansir dari Healthline dan Doctor.Ndtv, berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi kerutan di wajah:

1. Putih telur dapat dijadikan masker alami

1. Putih telur dapat dijadikan masker alami
Freepik/Foodiesfeed

Untuk menghilangkan kerutan di wajah, kamu dapat memanfaatkan putih telur sebagai masker. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuat masker putih telur yang terbuat dari campuran satu butir putih telur dengan dua sendok teh perasan jeruk nipis.

Oleskan campuran masker tersebut ke area wajah, terutama dahi, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Dilansir dari Boldsky, masker putih telur ini dapat mengencangkan kulit wajah yang mulai berkerut dan mengendur berkat kandungan zat astrigentnya.

2. Pisang mengandung banyak minyak dan vitamin

2. Pisang mengandung banyak minyak vitamin
Freepik

Tak hanya enak untuk dikonsumsi, pisang juga dapat dijadikan sebagai masker untuk menghilangkan kerutan di wajah. Kamu tahu kenapa? Hal ini karena pisang mengandung minyak dan vitamin alami yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Para ahli pun merekomendasikan uuntuk mengoleskan masker pisang ke kulit untuk mendapatkan manfaatnya.

Caranya juga mudah, kamu hanya perlu menghaluskan seperempat pisang hingga halus, lalu aplikasikan ke kulit wajah secara merata.

Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Yogurt bisa membantu kurangi keriput

3. Yogurt bisa membantu kurangi keriput
Freepik

Untu mengurangi munculnya kerutan di wajah dan untuk meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh, kamu disarankan untuk mengonsumsi yoghurt secara rutin.

Sebab penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt, dapat membantu mengurangi munculnya keriput di wajah. Jadi, daripada mengonsumsi minuman bersoda, lebih baik konsumsi yoghurt deh!

Editors' Picks

4. Minyak zaitun mengatasi kerutan di wajah

4. Minyak zaitun mengatasi kerutan wajah
Freepik

Kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasi kerutan di wajah. Untuk dapat memperoleh manfaat minyak zaitun dan mengurangi kerutan di wajah, kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai masker tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun dapat membantu mengurangi munculnya kerutan di wajah. Ini mungkin karena minyak zaitun mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolagen dalam kulit.

Jika kamu enggan untuk mengonsumsinya secara langsung, jadikan minyak zaitun sebagai masker. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun ke wajah sebelum tidur dan lakukan pijat secara perlahan saat mengolesinya ke wajah.

Nah, begitu bangun tidur, kamu akan merasakan kulit terasa lebih halus dan kenyal.

5. Aplikasikan perasan air lemon untuk wajah

5. Aplikasikan perasan air lemon wajah
Freepik

Di kulkasmu ada buah lemon? Yuk manfaatkan lemon tersebut untuk menghilangkan kerutan di wajah, kamu hanya perlu mengaplikasikan perasan air lemon ke garis-garis halus di kulit secara merata, lalu pijat secara perlahan.

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C sehingga baik untuk mengatasi kerutan di wajah secara alami. Selain itu, sifat asam yang terkadung dalam lemon juga dapat membantu mengurangi kerutan di wajah sekaligus mencerahkan.

Namun, jangan gunakan secara berlebih, karena pada beberapa orang, terutama yang memiliki kulit sensitif, lemon dapat menyebabkan iritasi kulit. Jadi, jangan terlalu banyak dan terlalu sering ya menggunakannya!

6. Lidah buaya tingkatkan elastisitas kulit

6. Lidah buaya tingkatkan elastisitas kulit
Pixabay/Casellesingold

Kandungan asam malat yang terdapat pada lidah buaya dapat meningkatkan elastisitas kulit, yang artinya juga dapat mengurangi munculnya kerutan di wajah.

Kamu dapat menjadikan gel lidah buaya sebagai masker wajah alami untuk menghilangkan kerut di wajah. Caranya mudah, oleskan gel lidah buaya ke wajah, lalu  selama 15 menit sebelum dibilas.

7. Nanas hilangkan sel kulit mati

7. Nanas hilangkan sel kulit mati
Freepik

Buah satu ini tak hanya mampu mengurangi kerutan di wajah, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Dalam nanas terkadung enzim yang mampu meningkatkan elastisitas kulit, melembapkan, dan menghilangkan sel kulit mati.

Nanas juga akan kandungan serat dan antioksidan sehingga mampu meningkatkan kesehatan kulit dengan baik.

Kamu yang ingin merasakan manfaat nanas tersebut, dapat mengonsumsi nanas secara langsung atau menjadikannya sebagai masker wajah.

Caranya cukup hancurkan nanas hingga halus lalu oleskan ke kulit wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.