5 Manfaat Menggunakan Makeup Natural, Bantu Cegah Iritasi Kulit

Aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya

24 November 2021

5 Manfaat Menggunakan Makeup Natural, Bantu Cegah Iritasi Kulit
Pexels/Adrienn

Riasan menggunakan makeup natural beberapa tahun belakangan ini sangatlah populer. Ini karena, banyak orang sudah lebih menyadari dan peduli terhadap produk-produk yang mereka gunakan, khususnya untuk wajah dan tubuh.

Makeup natural dipilih karena biasanya terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam, serta mengandung lebih sedikit bahan kimia berbahaya. Sehingga ini dianggap lebih aman untuk kulit dan juga ramah lingkungan.

Meskipun pada kenyataanya, ada beberapa kekurangan dari makeup natural. Diantaranya, tidak bisa disimpan dalam waktu lama, pigmentasi yang kurang maksimal, pilihan warna yang sedikit, dan harganya yang cenderung lebih mahal.

Tapi jika mengetahui beberapa manfaatnya, mungkin kamu ingin segera beralih menggunakan makeup natural. Yuk, simak ulasan lengkap dari Popmama.com berikut ini mengenai 5 manfaat menggunakan makeup natural, dilansir dari Healthline

1. Menggunakan makeup natural bantu mengurangi paparan bahan kimia berbahaya

1. Menggunakan makeup natural bantu mengurangi paparan bahan kimia berbahaya
Pexels/George Milton

Selain membuat tampilan lebih apa adanya, makeup natural juga banyak disukai karena lebih sedikit mengandung bahan kimia yang berpotensi membahayakan kulit.

Salah satu contoh bahan kimia berbahaya yaitu paraben, pengawet sintetis yang sering ditemukan dalam produk makeup. Kulit akan menyerap paraben dan mengeluarkannya dalam urin.

Faktanya menurut penelitian, paraben bisa menganggu hormon perempuan selama kehamilan dan berdampak buruk terhadap proses melahirkan nantinya.

Selain paraben, ada beberapa bahan kimia berbahaya yang harus kamu hindari dari produk makeup diantaranya formaldehyde, phthalates, fragrance, dan toluene. Dengan menggunakan makeup natural, kamu bisa meminimalisir paparan bahan berbahaya tersebut.

Editors' Picks

2. Makeup natural bantu mengurangi risiko iritasi kulit

2. Makeup natural bantu mengurangi risiko iritasi kulit
Freepik/wayhomestudio

Makeup yang kita gunakan umumnya mengandung pengawet, pewarna, dan pewangi. Dimana ketiga hal tersebut bisa menyebabkan dermatitis kontak atau peradangan akibat paparan suatu zat. Biasanya ini menimbulkan ruam, kemerahan, dan gatal sebagai reaksi alergi.

Menurut penelitian di tahun 2018, penyebab paling umum dermatitis kontak adalah parfum atau pewangi pada produk makeup. Ini karena, makeup umumnya lebih banyak digunakan dalam jangka waktu lama, daripada produk berpewangi lainnya seperti sabun dan sampo.

Dengan menggunakan makeup natural, kamu bisa menghindari risiko iritasi kulit. Alasannya, karena makeup natural umumnya lebih sedikit menggunakan bahan pengawet, pewarna dan pewangi.

3. Makeup natural aman untuk kulit sensitif

3. Makeup natural aman kulit sensitif
Freepik/pch.vector

Kesalahan dalam pemilihan makeup, bisa menyebabkan masalah pada kulit lho. Bahkan sebagian produk makeup yang digunakan bisa menimbulkan iritasi parah di kulit wajah, misalnya pada penderita eksim.

Orang yang memiliki kulit sensitif harus lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan makeup. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menggunakan produk yang berbahan alami ya.

Bahan alami yang terkandung dalam makeup natural, umumnya bisa ditoleransi dengan baik oleh orang-orang dengan kulit sensitif.

4. Mengurangi sakit kepala akibat bau bahan kimia pada produk makeup

4. Mengurangi sakit kepala akibat bau bahan kimia produk makeup
Freepik/8photo

Beberapa produk makeup biasanya menggunakan parfum atau pewangi untuk mengharumkan riasan. Biasanya ini dilakukan untuk menutupi bahan lain yang aromanya menyengat, atau guna meningkatkan nilai jual suatu produk.

Faktanya, beberapa orang tidak bisa menolerasinya dan memicu munculnya rasa sakit kepala. Biasanya orang-orang dengan penyakit migrain lebih rentan mengalaminya.

Nah, bagi kamu yang sering menggunakan makeup natural, hal ini tentu bisa kamu hindari. Karena makeup natural biasanya tidak mengandung parfum, dan aman untuk kamu yang sensitif terhadap bau yang menyengat.

5.Makeup natural mengandung bahan-bahan yang menyehatkan kulit

5.Makeup natural mengandung bahan-bahan menyehatkan kulit
Freepik

Makeup natural dipercaya menyehatkan kulit kamu. Ini karena, produk-produk yang digunakan untuk menghasilkan makeup natural, biasanya mengandung bahan-bahan alami yang terbuat dari tumbuhan, seperti:

  • Shea butter atau lemak yang terbuat dari pohon shea.
  • Avocado oil atau minyak yang berasal dari buah alpukat.
  • Rosehip oil atau minyak essensial yang terbuat dari ekstrak daun dan bunga mawar.
  • Jojoba oil atau minyak yang diekstrak dari biji tanaman jojoba.

Minyak-minyak tersebut memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan dan berperan dalam memperbaiki kulit yang bermasalah, demikian seperti dilansir dari International Journal of Molecular Sciences.

Tentunya kandungan tersebut sangat dibutuhkan karena bermanfaat untuk kesehatan kulit kita.

Itulah tadi informasi mengenai 5 manfaat menggunakan makeup natural. Setelah mengetahuinya, apakah sekarang kamu jadi lebih yakin menggunakan makeup natural sehari-hari?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.