6 Cara Mempersiapkan Kulit Sehat agar Makeup Flawless dan Natural

Kulit sehat merupakan dasar dari tampilan makeup flawless dan natural

24 November 2021

6 Cara Mempersiapkan Kulit Sehat agar Makeup Flawless Natural
Freepik/lookstudio

Makeup flawless beberapa tahun belakangan ini menjadi sebuah tren di kalangan perempuan. Ini membuat sebagian dari kita berusaha untuk merias wajah, agar terlihat natural dan flawless.

Jika kamu termasuk salah satunya, maka ketahuilah bahwa, kulit sehat merupakan kunci utama mendapatkan makeup flawless dan natural. Kulit yang sehat akan membuat makeup menempel dengan baik dan membuatnya terlihat menyatu dengan sempurna.

Selain itu, kulit yang sehat memiliki permukaan yang bersih dan tekstur yang halus. Sehingga ini akan memudahkan kamu dalam mengaplikasikan makeup.

Khusus untuk kamu, kali ini Popmama.com akan memberikan 6 tips mempersiapkan kulit sehat agar makeup flawless. Apa saja ya kira-kira? Scroll down dulu yuk!

1. Gunakan eye cream di bawah mata untuk menghilangkan lingkaran hitam

1. Gunakan eye cream bawah mata menghilangkan lingkaran hitam
Freepik/senivpetro

Salah satu persiapan agar makeup flawless dan natural yaitu, menggunakan eye cream di bagian bawah mata.

Dilansir dari Healthline, eye cream berfungsi mengencangkan, menghidrasi, menjaga kulit tetap sehat dan kuat, serta mengatasi masalah kulit lainnya. Eye cream juga membantu kamu mengurangi bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata, yang tentu saja bisa mengganggu penampilan kamu.

Eye cream dengan tekstur yang ringan dan halus, akan memberikan sensasi rasa dingin dan mencerahkan kulit di area mata yang terlihat lelah. Jika bagian bawah mata lebih sehat dan cerah, tentu akan lebih mudah juga untuk kamu mengaplikasikan riasan.

Ketika mengoleskan eye cream, pastikan kamu menggunakan jari telunjuk ya. Ini karena, jari telunjuk lebih lembut digunakan dan tidak menyebabkan tekanan berlebih untuk kulit bagian bawah mata.

Selain pakai eye cream, kamu bisa juga nih meletakkan irisan mentimun ke mata selama kurang lebih 10 menit. Mentimun punya sifat antiinflamasi yang baik dan membantu menenangkan kulit.

2. Rutin membersihkan wajah minimal dua kali sehari

2. Rutin membersihkan wajah minimal dua kali sehari
Freepik/jcomp

Rutin membersihkan wajah jadi satu hal cara agar makeup flawless. Tak hanya membantu menghilangkan kotoran yang menempel, membersihkan wajah juga akan menjaga ukuran pori-pori, serta menciptakan kulit yang sehat dan kenyal.

Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, double cleansing akan membantu mencegah produksi minyak berlebih. Jika ini rutin kamu lakukan minimal dua kali sehari, tentu kamu akan lebih mudah untuk mengaplikasikan riasan. Makeup kamu jadi lebih flawless dan terlihat natural deh, karena kulit yang bersih dan sehat.

Editors' Picks

3. Rutin melakukan eksfoliasi agar kulit tampak lebih cerah

3. Rutin melakukan eksfoliasi agar kulit tampak lebih cerah
Freepik/wayhomestudio

Untuk mendapatkan makeup yang flawless, kamu membutuhkan kulit yang sehat. Salah satu cara yang bisa membuat kulit kamu sehat dan cerah yaitu dengan melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi akan membantu kulit terlihat lebih cerah, sehat, dan bisa meningkatkan efektivitas serta penyerapan produk perawatan kulit yang kamu gunakan, seperti dilansir dari American Academy of Dermatology.

Selain itu, eksfoliasi yang dilakukan secara teratur juga akan menghilangkan kulit mati di permukaan wajah, serta membersihkan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori seperti keringat, debu dan bakteri.

Kulit yang bersih dan halus akan mempermudah kamu dalam mengaplikasikan riasan, dan membuat tampilan makeup lebih flawless.

4. Gunakan toner sebelum mengaplikasin pelembap

4. Gunakan toner sebelum mengaplikasin pelembap
Freepik/lookstudio

Toner jadi salah satu langkah yang tidak boleh kamu lewatkan saat menggunakan skincare atau makeup. Toner berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori.

Tak hanya itu, toner juga sangat penting digunakan untuk memberikan hidrasi yang maksimal ke dalam kulit. Kamu sebaiknya menggunkaan toner setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembap ya.

Kulit yang terhidrasi dengan baik, akan menghasilkan permukaan kulit yang halus dan kenyal, sehingga ini akan membuat tampilan makeup kamu lebih natural.

5. Perhatikan juga kesehatan dan kelembapan kulit bibir

5. Perhatikan juga kesehatan kelembapan kulit bibir
Freepik/diana.grytsku

Untuk mendapatkan makeup yang flawless, jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan dan kelembapan bibir ya. Tentunya kamu tidak ingin kan kalau lipstick yang kamu pakai justru terlihat kering dan pecah-pecah saat digunakan. Pastinya ini akan mengganggu penampilan kamu.

Maka dari itu, perhatikan juga kesehatan dan kelembapan kulit bibir ya.

Kamu bisa gunakan scrub bibir untuk menghilangkan kulit kering dan pecah-pecah. Menggunakan scrub bibir juga akan mencegah perubahan warna pada bibir kamu. Sehingga saat memakai lipstick, bibir akan terlihat memiliki warna yang natural.

Pastikan juga kamu menggunakan lip balm agar bibir tetap lembut dan kenyal ya!

6. Gunakan primer yang sesuai dengan jenis kulit, agar makeup tampak flawless dan natural

6. Gunakan primer sesuai jenis kulit, agar makeup tampak flawless natural
Freepik/lookstudio

Secara umum, memang sangat jarang ditemukan kulit yang benar-benar sempurna. Secara alami setiap orang pasti mengalami ketidaksempurnaan terkait kulit, mulai dari jerawat, produksi minyak berlebih, kulit kering dan kemerahan, hingga pori-pori besar.

Oleh karenanya, agar tampilan makeup flawless dan terlihat natural, gunakanlah primer untuk memberikan dasar yang baik bagi riasan. Primer akan mengisi pori-pori pada kulit, menyamaratakan noda hitam, dan memberi efek cerah alami pada kulit.

Sekarang ini telah banyak lho, produk primer yang bisa digunakan untuk segala jenis kulit. Kamu hanya perlu menggunakan yang benar-benar cocok dengan jenis kulit kamu ya!

Nah, itulah tadi 6 tips mempersiapkan kulit sehat agar makeup flawless.

Pada intinya, kulit yang sehat sangatlah dibutuhkan agar kamu memiliki tampilan makeup yang flawless dan natural. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.