Apakah Air Beras Bisa Dipakai untuk Perawatan Rambut?

Air beras mengandung vitamin, mineral, dan asam amino yang penting untuk rambut

17 September 2021

Apakah Air Beras Bisa Dipakai Perawatan Rambut
globalspaonline.com

Air beras telah digunakan sejak zaman kuno dalam ritual kecantikan perempuan Asia Timur untuk merawat kecantikan rambut. Air beras mengandung vitamin, mineral, dan asam amino yang penting untuk rambut.

Kandungan lain termasuk asam ferulic, antioksidan kuat, dan allantoin pada air beras mengandung sifat anti-inflamasi. Air beras dalam perawatan rambut digunakan sebagai sampo hingga kondisioner.

Mama juga bisa lho, merawat rambut dengan menggunakan air beras. Bahannya pun mudah didapat dan bisa dibuat sendiri di rumah.

Melansir dari Good Housekeeping, Popmama.com telah merangkum informasi mengenai manfaat air beras untuk kecantikan rambut hingga cara menggunakannya untuk merawat rambut.

Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Apa saja manfaat air beras untuk rambut?

1. Apa saja manfaat air beras rambut
Freepik/Yanalya

Brand Ambassador NatureLab Tokyo sekaligus hair stylist sejumlah selebriti dunia, Andrew Fitzsimons, menjelaskan bahwa air beras kaya akan kandungan asam amino, vitamin B, vitamin E, mineral dan antioksidan yang semuanya telah diketahui manfaatnya untuk rambut.

"Dengan penggunaan rutin, Anda bisa mendapatkan rambut yang lebih berkilau, lebih kuat, dan lebih halus," kata Fitzsimons.

Zat-zat yang terkandung dalam air beras mempunyai beberapa manfaat bagi rambut:

  • Pati beras membantu kesehatan rambut secara keseluruhan

"Air beras mengandung pati yang merupakan molekul gula kompleks," kata Deanne Mraz Robinson, presiden dan salah satu pendiri Modern Dermatology.

Ia menjelaskan, vitamin, antioksidan, dan asam amino adalah kunci kesehatan rambut dan terlihat di banyak produk penumbuh rambut.

  • Inositol meningkatkan kekuatan rambut

"Inositol, atau vitamin B9, telah terbukti menembus batang rambut dan memperkuat serta memperbaiki rambut," lanjut Robinson.

Sebuah studi juga menunjukkan, inositol terbukti berfungsi memperkuat rambut dan meningkatkan elastisitas rambut.

  • Vitamin E meningkatkan hidrasi

Robinson menjelaskan, bahwa vitamin E yang terkandung pada air beras dapat membuat rambut lebih berkilau.

  • Antioksidan dan asam amino yang terkandung pada beras sangat baik untuk kesehatan rambut secara keseluruhan. Kedua bahan ini berfungsi untuk mencegah kerusakan di setiap helai rambut.

Editors' Picks

2. Cara membuat air beras untuk perawatan rambut

2. Cara membuat air beras perawatan rambut
hudabeauty.com

Ada tiga cara yang bisa Mama lakukan untuk membuat air beras, yaitu:

  • Merendam air beras

Rendam beras dalam air selama 30 menit. Setelah itu, tekan-tekan beras lalu saring. Terakhir, dinginkan di lemari es.

  • Fermentasi air beras

Rendam beras selama 30 menit, tekan-tekan lalu saring. Setelah itu, langsung masukkan ke dalam toples dan simpan dengan suhu kamar selama satu sampai dua hari.

Jika sudah tercium bau asam atau tidak sedap berarti sudah terfermentasi. Untuk mengurangi bau asam atau tidak sedap, Mama bisa menambahkan beberapa kulit jeruk ke dalam air beras.

Setelah itu, masukkan ke lemari es. Cairkan dengan air biasa sebelum digunakan.

  • Air beras dimasak

Bilas beras hingga bersih, lalu tiriskan. Tambahkan air sekitar empat kali lebih banyak dari beras. Aduk beras dalam air kemudian masak hingga mendidih. Hilangkan hawa panas kemudian tekan-tekan beras dengan sendok baru menyaringnya.

Taruh air beras dalam wadah tertutup, lalu masukkan ke dalam kulkas. Air tersebut dapat disimpan hingga seminggu. Cairkan dengan air biasa sebelum digunakan.

3. Bagaimana cara menggunakan air beras untuk rambut?

3. Bagaimana cara menggunakan air beras rambut
Freepik/yanalya
  • Sebagai bilasan: Salah satu cara mudah menggunakan air beras untuk helai rambut yang lebih kuat adalah menggunakannya sebagai bilasan setelah melakukan keramas tetapi sebelum menggunakan kondisioner. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dan lanjutkan dengan kondisioner.
  • Sebagai perawatan tambahan: Biarkan air beras hingga tiga hari kemudian saring airnya. Air yang disaring bisa digunakan sebagai kondisioner rambut.
  • Sebagai hair mist atau spray rambut yang mengandung vitamin lengkap untuk menutrisi sekaligus melembapkan batang rambut. 

4. Apakah air beras dapat membantu pertumbuhan rambut?

4. Apakah air beras dapat membantu pertumbuhan rambut
Freepik

Ini tidak dapat dikonfirmasi oleh para ahli. Air beras belum terbukti membantu pertumbuhan rambut tetapi air beras dapat membantu rambut terlihat lebih berkilau dan lebih sehat.

Mencuci rambut dengan air beras diyakini membuat rambut lebih cepat panjang. Tentu hal tersebut tidak datang begitu saja.

Kebiasaan mencuci rambut dengan fermentasi air beras (disebut yu-su-ru) dilakukan perempuan tradisional Jepang di era Heian. Beberapa beauty blogger pun menjajalnya.

Sayangnya, tak ada bukti ilmiah akan hal itu. Menurut dermatolog Dennis Gross, tidak ada studi yang membuktikan air beras bisa membantu memepercepat pertumbahan rambut.

Walau tak ada bukti ilmiah, dermatolog Neil Sadick tak melarang untuk keramas dengan air beras. Tidak ada kerugiannya untuk rambut, selain aman juga menutrisi kulit kepala.

"Beras itu ada kandungan protein bisa memperkuat rambut dan mencegah ujung rambut bercabang. Selain itu ada juga karbohidrat, mineral, vitamin yang membantu menjaga folikel rambut tetap sehat.” kata Sadick.

Sadick juga menyarankan untuk menambahkan komponen lain seperti minyak kelapa atau shea butter ke dalam air beras. Lalu, dioleskan ke kulit kepala dan rambut untuk menghasilkan helai rambut yang berkilau dan indah. 

5. Apakah ada efek samping menggunakan air beras untuk perawatan rambut?

5. Apakah ada efek samping menggunakan air beras perawatan rambut
Freepik/valuavitaly

Salah satu penelitian mencatat bahwa mengoleskan air beras langsung ke rambut dapat menyebabkan pengelupasan pada permukaan rambut tetapi penelitian yang sama menemukan bahwa ekstrak air beras sangat efektif membuat rambut lebih berkilau, lebih kuat, dan lebih halus.

Produk yang mengandung ekstrak air beras dapat digunakan setiap hari tetapi jika mencoba membuat atau membilas air beras sendiri, jangan menggunakannya setiap hari, gunakan seminggu sekali.

Itulah informasi mengenai manfaat air beras untuk kecantikan rambut hingga cara menggunakannya untuk merawat rambut. Semoga informasinya berguna ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.