5 Jenis Skincare untuk Musim Hujan yang Bikin Kulit Makin Sehat

Sudah mencoba kelima step skincare berikut ini?

23 Januari 2021

5 Jenis Skincare Musim Hujan Bikin Kulit Makin Sehat
Pexels/Andrea Piacquadio

Memasuki tahun 2021, kian hari curah hujan semakin tinggi. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada kondisi kulit wajahmu. Beberapa permasalahan kulit wajah yang timbul saat musim hujan tiba adalah kulit kering.

Sedangkan untuk yang memiliki kulit berminyak, musim hujan justru membuat kulit lebih muda berjerawat karena kondisi kulit yang semakin berminyak.

Jadi, apa yang harus dilakukan agar kulit tetap mulus, bebas kerutan, dan kencang meski didera cuaca dingin?

Untuk menjawab itu semua, berikut Popmama.com telah merangkum 5 daftar skincarenya.

1. Rutin mengaplikasikan moisturizer yang kaya vitamin E

1. Rutin mengaplikasikan moisturizer kaya vitamin E
Unsplash/Nika Akin

Dibandingkan musim kemarau, sebenarnya kulit lebih rentan mengalami dehidrasi saat musim hujan.

Bukan tanpa alasan, kondisi udara yang lebih dingin tentunya akan membuat kamu membatasi konsumsi cairan, dengan begitu kulit wajah pun akan menjadi lebih kering.

Selain itu, kondisi tubuh yang seakan tidak mengeluarkan banyak keringat juga membuatmu tidak cepat merasa haus. Akibatnya, kulit pun dehidrasi karena kekurangan cairan.

Meski permukaan kulit sepertinya mulus, tapi lapisan di dalamnya berkerut dan kering. Oleh karena itu, jangan lupa gunakan pelembap yang kaya vitamin E agar kulit tetap terhidrasi dan lebih lembap hingga 24 jam.

Editors' Picks

2. Jangan skip penggunaan sunscreen meski musim hujan

2. Jangan skip penggunaan sunscreen meski musim hujan
Freepik/jcomp

Meski kondisi cuaca sedang mendung dan hujan, namun sebenarnya kamu tidak akan pernah lepas dari terpaan sinar UV. Ya, sinar UV akan tetap dapat menembus kabut dan lapisan awan tebal hingga menerpa kulit.

Biasanya karena cuaca yang lebih sejuk, kamu sering tidak menyadari jika sengatan sinar matahari pun berisiko menyebabkan sunburn. Oleh karena itu, gunakanlah sunscreen sebelum melakukan kegiatan di luar rumah agar kulit tidak mengalami hiperpigmentasi dan cepat keriput.

Kamu bisa memilih sunscreen dengan kandungan minyak bunga matahari atau teh hijau untuk melindungi kulit dari sinar UV sekaligus menjaga kelembapannya.

3. Cegah jerawat dengan face oil yang mengandung rosehip seed

3. Cegah jerawat face oil mengandung rosehip seed
Freepik/jcomp

Saat musim hujan, kondisi cuaca akan menjadi lebih lembap. Saat kondisi lembap, kulit sebenarnya lebih berkeringat meski tidak disadari. Keringat akan bercampur dengan sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori sehingga rentan menimbulkan jerawat.

Oleh karena itu, gunakanlah face oil, terutama di malam hari untuk menyingkirkan sel kulit mati. Asam lemak baik pada rosehip oil akan merangsang proses regenerasi kulit serta membantu kulit untuk memperbaiki lapisannya.

Sehingga, tekstur kulit yang kasar, berjerawat, atau terkelupas dan tergantikan dengan kulit baru yang lebih halus. Asam lemak ini juga meningkatkan kekebalan kulit agar tidak mudah berjerawat.

4. Aplikasikan hydrating toner untuk mengangkat sisa makeup dan debu

4. Aplikasikan hydrating toner mengangkat sisa makeup debu
Freepik/ 3008571

Meski merasa kulit tidak banyak mengeluarkan keringat, bukan berarti kamu bisa memilih mencuci muka hanya dengan sabun. Faktanya, mencuci muka yang terlalu simpel diketahui kurang efektif untuk mengangkat sisa makeup dan debu.

Bahkan, sebum berlebih masih menempel di permukaan kulitmu. Nah, agar wajah tidak jadi kusam dan lebih rileks, gunakanlah toner yang mampu mengangkat kotoran hingga ke pori wajah.

Kulit pun jadi lebih rileks dan cerah. Untuk itu, pilihlah hydrating toner yang memberikan efek cooling di wajah.

5. Cegah kantung mata dan kerutan halus dengan eye cream

5. Cegah kantung mata kerutan halus eye cream
www.vineveramiami.com
gunakan krim mata untuk atasi mata panda

Kondisi udara yang kering saat musim hujan membuat kelembapan kulit cepat menguap. Salah satu bagian wajah yang paling terkena dampaknya adalah kulit di bawah mata.

Bukan tanpa alasan, kulit bagia bawah mata memang minim pelembap alami dan lapisan kulitnya pun sangat tipis. Agar kulit area mata tidak cepat keriput dan berkantung akibat struktur kulit yang kering, gunakanlah eye cream.

Pilihlah eye cream yang mengandung mineral, ekstrak timun atau lidah buaya yang mampu melembapkan kulit di sekitar mata. 

Nah, itulah kelima jenis skincare yang cocok untuk musim hujan dan mampu membuat kulit wajah semakin sehat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktikan secara rutin, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.