Lebih Simpel dan Sustainable, Ini 7 Prediksi Tren Busana Muslim 2021

Sebentar lagi 2021, siap-siap belanja baju baru!

9 Desember 2020

Lebih Simpel Sustainable, Ini 7 Prediksi Tren Busana Muslim 2021
Dok. Makaila Haifa

Berbicara mengenai fashion memang tidak ada habisnya. Ya, tren fashion di seluruh dunia akan selalu berubah-ubah setelah dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari perbuahan gaya hidup hingga pola pikir.

Maka dari itu, tak heran jika setiap tahunnya prediksi fashion kerap menjadi sorotan publik. Dengan adanya tren fashion, para desainer dan penggiat seni pun dapat menjadikannya pedoman dalam berkarya.

Hal tersebut juga dilakukan oleh salah satu brand modest lokal, Makaila Haifa. Dalam Konferensi Pers Virtual HOPE : A Fashion Presentation, Hida sebagai founder dari Makaila Haifa mengungkapkan bahwa koleksinya juga akan mengikuti tren pasar saat ini, yaitu busana muslim yang lebih simpel.

"Simpel adalah signature style dari koleksi-koleksi saya. Selain itu, warna bold yang klasik juga menjadi ciri khas lainnya. Koleksi saya mencerminkan bahwa perempuan itu kuat, elegan, dan percaya diri," ungkap Haida.

Sejalan dengan hal tersebut, Franka Soeria, seorang Fashion Expert kelas dunia sekaligus Co-Founder Markamarie juga mengungkapkan beberapa prediksi tren busana muslim di tahun 2021 mendatang. 

"Sebelumnya tren fashion dunia kecondongannya lebih ke ready to wear dan realistis. Namun sekarang lebih ke fungsinya dan kualitasnya. Kalau orang beli itu harus worth it, biar bisa jadi investment juga. Kualitas yang bagus juga bisa jadi sustainable fashion," jelas Franka.

Lantas, seperti apa gambaran tren fashion 2021 menurut Haida dan Franka? Berikut Popmama.com telah merangkum ketujuh potretnya sebagai referensimu!

1. Abaya dengan sentuhan modern

1. Abaya sentuhan modern
Dok. Makaila Haifa

Menjadi tren bagi para perempuan Timur Tengah, kini abaya pun mulai merambah ke Asia seperti Indonesia dan Malaysia. Abaya sendiri adalah busana garmen sederhana yang potongannya mirip seperti jubah dan bisanya berwaran hitam, abu-abu, dan putih.

Bertahan dari tahun ke tahun, abaya pun diprediksi masih menjadi tren busana di tahun 2021 mendatang. Namun perbedaannya hanya pada warna yang diaplikasikan.

Agar semakin cantik dan menarik, abaya koleksi Makaila Haifa diberikan sedikit sentuhan emas yang klasik dan elegan pada bagian dadanya. Simpel, namun tetap berkelas!

2. Long outer abaya untuk busana syar'i

2. Long outer abaya busana syar'i
Dok. Makaila Haifa

Selanjutnya adalah long outer. Pada dasarnya cutting pada long outer yang satu ini mirip dengan abaya. Bedanya, long outer ini hanya bisa dijadikan pemanis busana, bukan busana basic yang bisa dikenakan.

Long outer ini cocok dikenakan bagi kamu yang mengenakan busana syar'i. Potongannya yang oversized dan tidak membentuk lekuk tubuh merupakan pilihan yang pas untuk kamu pecinta busana syar'i. 

Editors' Picks

3. Kaftan berbahan bludru satin

3. Kaftan berbahan bludru satin
Dok. Makaila Haifa

Selain abaya, kaftan juga masih menjadi busana muslim favorit kaum hawa. Bagaimana tidak? Potongannya yang besar dan simpel, membuat pemakainnya mudah untuk beraktivitas. Nah, jika biasanya kaftan dibuat dari bahan ceruti, namun kali ini berbeda!

Ya, Makaila Haifa justru membuat kaftan dari bahan bludru satin yang lembut sekaligus terkesan glamour. Cocok untuk kamu kenakan ke pesta atau acara formal lainnya!

4. Busana muslim dengan turtleneck

4. Busana muslim turtleneck
Dok. Makaila Haifa

Akhir-akhir ini, turtleneck memang sedang menjadi tren. Busana yang satu ini awalnya muncul pada tahun 60-an, kemudian hits kembali belakangan ini.

Jika biasanya kita menemukan turtleneck dengan potongan ketat, maka kini dibuatlah turtleneck dengan potongan longgar yang cocok untuk para hijabers. Agar lebih kasual, kamu juga bisa memadupadankannya dengan kulot serta sneakers.

5. Set kaftan dengan celana

5. Set kaftan celana
Dok. Makaila Haifa

Masih dengan kaftan, kali ini kaftan yang ditampilkan sedikit berbeda. Ya, kaftan dari Makaila Haifa bukanlah dress, melainkan set atasan dan bawahan.

Busana yang satu ini memang sedikit unik, karena ada potongan berbentuk U terbalik pada bagian depannya. Sedangkan sisi kiri dan kanannya lebih panjang dan lebar. Untuk melengkapinya, kulot menjadi pilihan yang paling tepat. 

6. Abaya dengan warna pastel

6. Abaya warna pastel
Dok. Makaila Haifa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Abaya kini seolah tak lekang oleh waktu. Dari tahun ke tahun, abaya nyatanya masih menjadi favorit para kaum hawa. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini abaya tak lagi identik dengan warna hitam.

Warna pastel yang manis dan ceria kini juga bisa diaplikasikan pada abaya. Lebih dari itu, kini abaya pun sudah banyak yang bermotif unik seperti ini, lho!

7. Lebih trendi dengan cargo pants

7. Lebih trendi cargo pants
Dok. Makaila Haifa

Terakhir adalah cargo pants. Yap, celana yang satu ini memang sedang hits di kalangan milenial. Tak hanya trendi, celana kargo yang memiliki banyak kantong juga membuat pemakaiannya menjadi lebih mudah saat ingin menyimpan barang di celana.

Untuk kamu yang menyukai gaya boyish, cargo pants sebagai busana muslim adalah pilihan yang tepat. Lengkapi juga tampilanmu dengan kaus dan outer, ya!

Nah, itulah ketujuh prediksi tren busana muslim 2021. Semoga bermanfaat dan semoga dapat menjadi referensi berbelanjamu!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.