Ajaib! Ini 7 Manfaat Masker Spirulina untuk Kulit Wajah

Sudah coba jenis masker yang sedang hits ini?

4 November 2020

Ajaib Ini 7 Manfaat Masker Spirulina Kulit Wajah
Freepik/pressfoto

Dikenal sebagai super food, yaitu sesuatu yang dapat dikonsumsi untuk menambah gizi karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi, spirulina ternyata juga diolah sebagai masker wajah yang kaya akan manfaat.

Ya, masker spirulina adalah masker yang terbuat dari Cyanobacteria atau yang biasa dikenal ganggang biru hijau yang berhabitat di dalam air laut maupun air tawar.

Karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bahkan kecantikan, tumbuhan ganggang biru hijau pun diolah menjadi masker bubuk. Masker bubuk spirulina nantinya akan diberi sedikit air agar mudah diaplikasikan dan membuat wajah menjadi lebih sehat.

Nah, penasaran apa saja manfaat dari masker spirulina untuk kulit wajah? Berikut Popmama.com telah merangkum ketujuh daftar lengkapnya.

1. Mengatasi jerawat

1. Mengatasi jerawat
Freepik/diana.grytsku

Kandungan berbagai senyawa pada spirulina memiliki sifat antibakteri. Hal ini bisa membantu untuk mengatasi jerawat, karena jerawat merupakan masalah medis pada permukaan kulit yang disebabkan infeksi akibat bakteri.

Adanya zat antibakteri pada spirulina tersebut akan menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab jerawat. Apabila ingin mendapatkan hasil optimal, maka kamu bisa mencampur madu dan spirulina untuk membuat masker yang ampuh untuk mengatasi jerawat.

2. Membersihkan kulit mati di wajah

2. Membersihkan kulit mati wajah
Freepik/jcomp

Jika kulit terlihat kusam dan kering, maka bisa jadi itu akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Kondisi tersebut pasti membuat penampilanmu menjadi sangat terganggu, bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri.

Dengan menggunakan masker spirulina yang diaplikasikan pada kulit, maka kulit kusam pun akan pergi. Hal ini dikarenakan oleh kandungan klorofil pada masker spirulina yang akan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam serta kasar.

Editors' Picks

3. Sebagai anti-aging

3. Sebagai anti-aging
Freepik/cookie_studio

Sudah sewajarnya jika semua orang tidak ingin terlihat lebih tua. Maka dari itu, gunakanlah masker spirulina pada kulit wajahmu untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Hal ini tidak lain karena kandungan antioksidan, vitamin E, serta beberapa zat lainnya di spirulina yang dapat bekerja untuk memperbaiki tanda-tanda penuaan seperti keriput, noda hitam, hingga kerutan halus.

Bahkan, masker spirulina juga bermanfaat untuk mengencangkan sel pada kulit.

4. Merawat kulit yang berminyak

4. Merawat kulit berminyak
Freepik/Katemangostar

Meski kulit wajah dalam kondisi berminyak, bukan berarti tidak perlu dijaga kelembapannya. Sebab, kulit wajah berminyak juga bisa mengalami dehidrasi apabila tidak dirawat dengan tepat.

Untuk itu, aplikasikanlah masker spirulina pada kulit wajahmu. Agar hasilnya lebih optimal, maka kamu bisa mencampur masker spirulina dengan madu. Penggunaan madu juga akan meningkatkan hasil optimal yang berdampak baik pada kulit wajah.

5. Mencerahkan kulit wajah

5. Mencerahkan kulit wajah
Freepik/torwaiphoto

Manfaat masker spirulina selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit wajah. Dengan kandungan antioksidannya, masker spirulina diketahui mampu meningkatkan kecerahan kulit dan akan membuat kulit menjadi tampak lebih bercahaya.

Nah, bagi kamu yang ingin wajahnya glowing, masker spirulina wajib kamu coba!

6. Mengatasi pigmentasi kulit

6. Mengatasi pigmentasi kulit
Freepik/master1305

Salah satu jenis masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang adalah pigmentasi kulit. Masker spirulina bermanfaat untuk mengatasi pigmentasi kulit yang ditandai oleh berbagai gejala, seperti munculnya bintik hitam.

Namun efektif atau tidaknya hasil yang didapatkan bisa berbeda-beda bagi tiap orang.

7. Melembapkan kulit wajah

7. Melembapkan kulit wajah
Freepik/lifeforstock

Agar mencegah timbulnya kulit kering hingga bersisik, maka kulit perlu dijaga kelembapannya. Salah satu cara untuk membuat wajah tetap lembap adalah dengan mengaplikasikan masker spirulina.

Selain melembapkan, masker spirulina juga akan meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan oleh kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada masker spirulina. Kandungan tersebut akan membuat kulit tetap terasa lembut dan kenyal.

Nah, itulah ketujuh manfaat masker spirulina pada kulit wajah. Selain aman dan minim efek samping, banyak juga yang sudah membuktikan keampuhan dari masker yang satu ini.

Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.