7 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Banyak cara menghilangkan bekas luka di wajah, mulai dari pakai plester gel sampai bedah plastik

13 Maret 2019

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Wajah
drklinedermatology.com

Bagi perempuan penampilan adalah hal penting untuk diperhatikan, khususnya area wajah dan rambut.

Nah, tidak jarang perempuan merasa risih kalau salah satu di antaranya terlihat kurang sehat. Terutama pada bagian wajah.

Jika ada bekas luka yang terlihat di wajah ini sangat mengaggu.
Penyebab bekas luka di wajah pada umumnya bisa terjadi karena beberapa hal berikut:

  • Bekas luka cacar air,
  • jerawat,
  • infeksi,
  • peradangan,
  • bekas luka bakar,
  • luka kecelakaan,
  • efek pascaoperasi.

Bekas luka berupa jaringan parut adalah hasil dari proses alami tubuh dalam menyembuhkan luka.

Jadi kalau kamu melihat bekas luka pada wajah mulai mengering dan sedikit berkerut, sabar saja dulu karena ini pertanda lukamu akan segera membaik.

Biasanya bekas luka akan memudar dengan sendirinya dari waktu ke waktu, namun ada juga yang dirasa sangat mengganggu penampilan karena proses pemulihannya sangat lama.

Maka itu sebagian orang mengambil keputusan untuk jalani prosedur medis demi bisa menghilangkan atau menyamarkannya bekas luka di wajahnya.

Ada berbagai cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa kamu coba. Yuk simak rangkuman Popmama.com tentang cara menghilangkan bekas luka di wajah berikut ini:

1. Menggunakan krim atau gel silikon

1. Menggunakan krim atau gel silikon
makingcosmetics.com

Untuk menangani bekas luka yang disebabkan oleh goresan benda tajam maka krim, salep atau gel penghilang bekas luka dapat menjadi pilihan. 

Periksa kembali pada kemasannya karena biasanya krim yang dijual bebas mengandung campuran steroid, vitamin E, dan silikon. 

Selain kandungan steroid, dokter juga bisa meresepkan obat dengan kandungan antihistamin pada bekas luka yang gatal. Fungsinya adalah meredam rasa gatal sehingga mengurangi risiko garukan pada bekas luka di wajah.

Bagi pengguna gel silikon, perlu mengetahui anjuran pemakaiannya.

Menurut dr. Teddy OH Prasetyono, SpBD, menjelaskan, "Kita dapat menyamarkan kondisi kulit dengan menggunakan silikon gel selama tiga sampai empat pekan, bahkan bisa sekitar dua bulan sampai dua tahun."

Untuk menghilangkan bekas luka akibat jerawat, sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dulu.

Pada umumnya dokter kulit akan mendeteksi jenis kulit kamu kering atau berminyak. Ia juga akan observasi penyebab kamu berjerawat baru kemudian meresepkan kamu untuk memakai krim penghilang luka ini.

2. Suntik kolagen

2. Suntik kolagen
mirror.co.uk

Suntik kolagen untuk menghilangkan bekas luka di wajah juga bisa dilakukan sebagai solusi. Kolagen langsung masuk ke dalam tubuh. Prosedur ini biasanya bersifat sementara, sehingga perlu dilakukan berulang kali untuk mempertahankan efeknya.

Hanya saja orang tidak semua memilih cara ini karena harganya yang berbeda-beda, tergantung kamu berkonsultasi di mana. 

Tapi sangat dianjurian untuk menemui dokter kulit atau dokter estetika yang sudah dikenal secara pasti.

3. Memakai plester gel silikon

3. Memakai plester gel silikon
bukalapak.com

Plester silikon gel adalah gel silikon yang mengandung vitamin C yang dibutuhkan kulit dalam fase pemulihan setelah luka dan dijual dalam bentuk plester satu strip. Ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek konvesional dan tersedia di apotek online.

Menurut dr. Tedy, "Parut bekas luka dapat dirawat, untuk mendekati kondisi yang tersamarkan. Asal mendapatkan terapi yang tepat."

Bekas luka yang menonjol, seperti keloid dan jaringan parut hipertropik juga bisa dibantu dengan plester gel silikon.

Plester gel silikon mampu  mencerahkan dan memperkecil ukuran bekas luka.

Kamu disarankan untuk memakai plester gel silikon selama 4 jam setiap hari dalam kurun waktu 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Editors' Picks

4. Suntik kortikosteroid

4. Suntik kortikosteroid
newbeauty.com

Cara menghilangkan bekas luka di wajah akibat keloid atau hipertropik bisa dilakukan dengan suntikan kortikosteroid. Beberapa kali suntikan  diberikan pada luka bertujuan untuk meratakan bekas luka dan mengurangi terjadinya peradangan. 

Meski prosedur ini biasanya tidak bisa menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, namun bisa memperkecil ukurannya secara signifikan.

Keloid di wajah atau bahkan di area pipi dan kantung mata sangatlah mengganggu. Cara ini bisa dipilih untuk menghilangkan bekas luka di wajah.

5. Bedah plastik

5. Bedah plastik
drbentkover.com

Jika luka di wajah disebabkan oleh keloid, maka cara menghilangkannya adalah melalui pembedahan.

Biasanya akan dikombinasikan dengan penyuntikan steroid. Sementara untuk jaringan parut hipertrofik, operasi ini bisa dilakukan tanpa digabung prosedur lainnya. 

Bedah plastik dianggap sebagai cara efektif dalam menghilangkan bekas luka yang lama, namun kadang juga bisa menimbulkan bekas luka baru.

6. Menggunakan teknologi laser

6. Menggunakan teknologi laser
zwivel.com

Menggunakan teknologi  laser sekarang ini sudah menjadi cara mengurangi bekas luka di wajah yang kini umum dilakukan.

Prosedur ini bisa menghilangkan atau bahkan mengurangi bekas luka di wajah secara signifikan, tergantung tingkat keparahan luka yang dialami pasien.

7. Teknik microneedling

7. Teknik microneedling
healthline.com

Microneedling adalah prosedur perawatan wajah untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti menghilangkan bekas luka, jerawat, stretch mark, flek hitam, pori-pori besar, dan kerutan pada kulit.

Pada awalnya prosedur ini diperkenalkan untuk peremajaan kulit. Namun, seiring perkembangannya, microneedling juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit lain yang lebih serius.

Teknik microneedling dilakukan dengan cara menggunakan alat yang memiliki ratusan jarum kecil. Sebagian alatnya vekerja dengan cara rolling di permukaan kulit wajah.

Hanya saja hal ini harus dilakukan berulang kali agar hasilnya maksimal dan hasilnya bervariasi tergantung kepada tiap masing-masing orang. 

Itulah 7 cara menghilangkan bekas luka yang efektif dan biasa dilakukan saat ini. Teknologi yang canggih saat ini juga memudahkan perempuan untuk tampil lebih maksimal dan ini tentunya bisa menunjang rasa percaya diri.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!