TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Konsumsi Makanan Tinggi Protein Cegah Mabuk Perjalanan Saat Liburan

Makanan tinggi protein mudah dicerna oleh tubuh sehingga mencegah mual

1 Desember 2019

Konsumsi Makanan Tinggi Protein Cegah Mabuk Perjalanan Saat Liburan
Freepik

Banyak cara untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Sebagian keluarga biasanya menikmati libur panjang akhir tahun dengan pergi ke luar kota, baik itu mengunjungi Oma dan Opa atau ke tempat wisata yang sedang tren di beberapa daerah di Indonesia. Bahkan ada juga yang berlibur ke luar negeri. 

Tapi perjalanan yang seharusnya menyenangkan ini kadang menyebalkan bagi sebagian orang, baik dewasa maupun anak-anak yang sering mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness.

Mabuk perjalanan bukan hanya saat berkendara dengan mobil, bisa juga mabuk laut, atau pusing saat di kereta dan pesawat.

Ini terjadi karena karena terganggunya sistem keseimbangan tubuh seperti mata, telinga bagian dalam, otak, dan permukaan kulit dalam menerima gerakan yang ditimbulkan kendaraan, saat tubuh kita diam. Sehingga ada reaksi penolakan tubuh yang ditandai dengan pusing, mual, hingga muntah dan berkeringat.

Kondisi ini bisa diantisipasi hanya dengan memperhatikan konsumsi makanan sebelum kita melakukan perjalanan.

Perlu diingat Ma makanan apa saja yang perlu dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan jauh dengan transportasi tertentu berikut ini:

1. Saat bepergian menggunakan mobil

1. Saat bepergian menggunakan mobil
livestrong.com

Berlibur ke beberapa daerah memang paling efektif dan efisien menggunakan mobil. Selain bisa membawa muatan yang banyak, kita juga bebas menentukan lokasi-lokasi yang akan disinggahi. 

Menurut ahli motion sickness Robert M, Stern, Ph.D., untuk menghindari mabuk perjalanan saat dimobil cukup dengan mengonsumsi minuman protein bubuk (whey protein).

Siapkan botol shaker untuk berjaga-jaga saat merasa mual, Mama langsung bisa membuat smoothie yoghurt dengan tambahan bubuk protein dalam perjalanan. Siapkan juga beberapa makanan ringan untuk perjalanan dengan waktu tempuh yang panjang.

Tips: Buat kamu yang mabuk perjalanan, duduklah di kursi depan yang minim goncangan. Bukalan kaca jendela, hiruplah udara segar sesekali dan fokuskan pandangan pada objek yang diam jadi kamu nggak merasa pusing.

Editors' Picks

2. Saat bepergian menggunakan pesawat terbang

2. Saat bepergian menggunakan pesawat terbang
mirror.co.uk

Mengatasi mabuk perjalanan saat naik pesawat Mama bisa mencegahnya dengan menghindari minum kopi dan koktail yang mudah membuat haus. Sebab dehidrasi adalah pemicu utama mabuk perjalanan.

Sebelum take off konsumsi makanan kaya protein seperti salad dengan potongan ayam panggang, ikan, atau telur rebus. Hindari makanan asin seperti kentang goreng dan juga kacang tanah saat naik pesawat.

Sebuah studi membuktikan bahwa penumpang pesawat yang mengonsumsi makanan berprotein sebelum terbang rasa mualnya berkurang sekitar 26 persen dibandingkan yang mengonsumsi makanan kaya karbohidrat maupun yang tidak makan sama sekali.

Tips: Pilihlah kursi yang tepat berada disamping jendela dan sayap pesawat sehingga bisa melihat pemandangan di luar. Cara ini ampuh menjaga kamu dari pusing dan mual saat di pesawat. Biarkan udara segar dari air conditioner mengenai muka.

3. Saat bepergian menggunakan kapal laut

3. Saat bepergian menggunakan kapal laut
cruisedirect.co.uk

Mabuk perjalanan saat naik kapal laut lebih dikenal dengan mabuk laut. Guncangan kapal naik turun yang disebabkan ombak tentu membuat perut mual. Untuk mencegahnya, jangan pernah biarkan perut kosong saat naik kapal laut.

Sering-seringlah makan camilan berprotein seperti yoghurt dan kacang-kacangan setiap beberapa jam sekali. Sediakan permen jahe atau jahe kering untuk mengatasi mual.

Tips: Pilihlah dek bagian tengah kapal karena bagian ini memiliki potensi guncangan yang lebih sedikit. Lihatlah pemandangan luas di luar kapal atau daratan di sekitar perairan. Saat perut muali sakit, Stern menyarankan tarik napas dalam-dalam.

4. Saat bepergian menggunakan kereta api

4. Saat bepergian menggunakan kereta api
goodtoknow.com

Laju kereta dengan kecepatannya yang tinggi sangat berpotensi membuat kita mual saat melihat keluar jendela. Kalau sudah begini, liburan bersama keluarga bisa terasa kurang nyaman. Untuk mengantisipasinya, konsumsilah makanan kaya protein dan rendah lemak.

Camilan seperti roti kering dan pretzel bisa jadi alternatif mencegah mual karena membantu menyerap asam lambung.

Tips: Jangan duduk pada posisi berlawanan dengan arah laju kereta karena bisa membuat kepala pusing. Duduklah di samping jendela dan hindari makanan berminyak karena akan membuat perut gampang mual.

Saat melakukan perjalanan jarak jauh, apapun transportasi yang digunakan, manfaatkan waktu untuk beristirahat. 

Tidur adalah cara paling mudah untuk menghindari mabuk dalam perjalanan. Konsumsi obat anti mabuk sebelum berangkat, sebab obat ini menyebabkan rasa kantuk yang dalam dan membuat kita tidur saat perjalanan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk