Bacaan Selawat Nabi dan Manfaatnya, Panjatkan sebagai Bukti Cinta

Sebagai salah satu bukti kecintaan kepada nabi Muhammad SAW

27 Maret 2022

Bacaan Selawat Nabi Manfaatnya, Panjatkan sebagai Bukti Cinta
Freepik

Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah yang menjadi nabi terakhir. Sebagai salah satu bukti kecintaan kepada nabi Muhammad SAW, bisa melafalkan berbagai bacaan selawat Nabi. Selain itu, banyak juga manfaat yang didapatkan. 

Sebenarnya banyak sekali bacaan shalawat Nabi Muhammad SAW yang bisa dilafalkan. Namun, pada artikel kali ini hanya 5 yang akan dibahas Popmama.com. Diantaranya shalawat Fatih, shalawat Quthbhl Aqhtab, shalawat Syifa, Nariyah dan Ibrahimjyah.

1. Selawat Fatih

1. Selawat Fatih
Freepik

Selawat Fatih merupakan sholawat dengan harapan untuk pendapatan keselamatan dan berkah dari Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca selawat ini juga berharap mendapatkan limpahan rahmat dari Allah SWT. Adapun berikut ini bacaan-bacaannya. 

allahumma sholli ala sayyidina muhammadinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq dari hil adzim

2. Selawat Quthbul Aqhtob

2. Selawat Quthbul Aqhtob
Pexels/Gabby K

Adapun bacaan selawat Nabi yang selanjutnya yiagu Quthbul Aqhtob. Selawat ini sebagai bukti kecintaan seorang umat kepada nabi Muhammad SAW. Adapun berikut ini bacaan dari selawat quthbul aqthab. 

allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammadin fil awwalina wa shalli ‘alaa sayyidina muhammadin fil akhirin wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin fil nabiyyin wa shalli ‘alaa sayyidina muhammadin fil mursalin, wa shalli ‘alaa sayyidina muhammadin fil malail a’laa ilaa yaumiddiin.

3. Selawat Syifa

3. Selawat Syifa
Unsplash/Visual Karsa

Selawat Syifa biasa disebut dengan shalawat Thibib al-Qulub. Adapun manfaat yang didapatkan jika membaca selawat ini yaitu ketenangan batin akan terasa, dapat menyembuhkan penyakit hati dan lebih tentram. Adapun berikut ini bacaan selawatnya.

Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa’afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshari wa dhiya-iha wa ‘ala alihi washahbihi wa bariik wa sallim.

4. Selawat Nariyah

4. Selawat Nariyah
Pinterest/dreamstime

Selawat nariyah biasanya dikaitkan sebagai Shalawat untuk memanjatkan pengharapan kepada Allah SWT agar selalu mendapatkan kesejahteraan dan terhindar dari kesulitan. Adapun berikut ini bacaannya:

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

5. Selawat Ibrahimiyah

5. Selawat Ibrahimiyah
Popmama.com/Novy Agrina

Sesuai dengan namanya, selawat ibrahimiyah ini dibaca untuk ditujukan kepada nabi Ibrahim dan nabi Muhammad SAW. Biasanya selawat ini akan dibaca saat salat di tahiyyatul akhir. Manfaat yang didapatkan dengan membaca selawat ini yaitu ketentraman. Adapun berikut ini bacaan-bacaannya.

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid

6. Selawat Mukafa’ah

6. Selawat Mukafa’ah
Freepik/niksads

Selawat Mukafa’ah merupakan selawat yang membuktikan kecintaan kepada nabi Muhammad SAW. Hal ini terlihat jelas dari lafalnya yang menjunjung tinggi kemuliaan Nabi Muhammad SAW. Adapun berikut ini bacaannya.

allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi sayyidina muhammad, sholatan maqbulatan tuaddi biha ‘anna haqqo hul ‘adzim

7. Selawat Ma’tsuroh

7. Selawat Ma’tsuroh
Pixabay/mohamed_hassan

Bacaan selawat yang satu ini juga sering dilantunkan. Selawat ini dibacakan dengan tujuan untuk memohin agar diselamatkan segenap keluarganya. Bacaannya juga cukup singkat, tapi banyak manfaatnya. Adapun bacaannya sebagaimana berikut ini. 

allaahumma sholli ‘alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wasallim

Editors' Picks

Manfaat Membaca Selawat Nabi

Manfaat Membaca Selawat Nabi
Pexels/Ali Arapoğlu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang mempunyai syafaat untuk umatnya.

Inilah kenapa selawat Nabi Muhammad tidak berhenti dilantunkan. Selain itu, banyak juga manfaat manfaat yang didapatkan jika melantunkan sholawat Nabi, sebagaimana berikut ini.

1. Malaikat memohonkan ampunan

1. Malaikat memohonkan ampunan
Freepik

Manfaat pertama yang didapatkan jika membaca selawat nabi yaitu malaikat akan memohonkan ampunan kepada siapapun yang membacanya. Mengenai manfaat ini sudah di dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. 

Dalam hadits tersebut dijelaskan jika siapapun yang bershalawat kepada nabi Muhammad SAW satu kali saja, maka para malaikat akan memintakan maaf untuk orang tersebut. Dari hadis ini juga dijelaskan jika tidak ada tuntutan untuk memperbanyak atau menyedikitkan selawat.

2. Mendapat pahala

2. Mendapat pahala
muslimgirl.com

Membaca selawat nabi akan memberikan manfaat bagi orang yang membacanya. Salah satu manfaat yang didapatkan yaitu pahala 10 kali lipat. Mengenai pahala yang didapatkan ini sudah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim.

Pada hadis tersebut dijelaskan jika Abdullah Bin Amr mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda “siapapun yang berselawat kepadaku satu kali saja, maka dia akan mendapatkan Rahmat dari Allah SWT 10 kali.”

3. Mendapatkan pertolongan

3. Mendapatkan pertolongan
Unsplash/Jeremy Yap

Siapa yang tidak ingin mendapatkan pertolongan dari Allah SWT? Setiap orang pasti menginginkan hal tersebut. Namun, untuk mendapatkannya harus membaca selawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh An Nasa’i.

Pada hadis tersebut menjelaskan jika orang-orang yang lemah akan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Selain itu, pertolongan dari Allah SWT juga akan didapatkan jika mereka bersholawat dengan ikhlas.

4. Semua doa akan terkabulkan

4. Semua doa akan terkabulkan
Pexels/Thirdman

Manfaat lain jika seseorang melafalkan bacaan selawat Nabi yaitu semua doa yang dipanjatkan akan terkabulkan. Inilah kenapa banyak orang yang menginginkan sesuatu selalu membaca shalawat nabi dengan jumlah tertentu. 

Mengenai manfaat ini juga sudah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tirmidzi. Pada hadis tersebut dijelaskan jika siapapun yang memohon kepada Allah SWT, jika ingin permohonannya terkabulkan maka harus memperbanyak selawat kepada Nabi Muhammad SAW.

5. Berada di dekat Nabi Muhammad SAW

5. Berada dekat Nabi Muhammad SAW
Unsplash/Lina Trochez

Barangsiapa yang membaca selawat Nabi Muhammad, maka di hari kiamat akan dekat dengan Nabi. Siapa yang tidak menginginkan hal tersebut? Setiap orang pasti menginginkannya agar bisa masuk surga. Mengenai manfaat ini sudah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Baihaqi.

Dalam hadis tersebut dijelaskan jika Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan umatnya untuk membaca shalawat di hari Jumat. Semakin banyak membaca selawat, maka akan semakin dekat dengan nabi di hari kiamat.

6. Mendapat keutamaan

6. Mendapat keutamaan
Pexels/Thirdman

Manfaat lain yang didapatkan jika membaca selawat nabi yaitu mendapatkan keutamaan. Mengenai manfaat tersebut sudah dijelaskan dalam sebuah hadis. Pada hadis tersebut menjelaskan jika seseorang yang membaca selawat akan berada di samping Rasulullah di hari akhir. 

Bahkan, apapun yang diminta akan segera dikabulkan oleh Allah SWT. Inilah kenapa banyak orang yang ketika menginginkan sesuatu akan membaca selawat sebanyak-banyaknya. Apalagi banyak sekali bacaan selawat Nabi yang biasa dilantunkan.

7. Allah SWT membalas 10 kali kebaikan

7. Allah SWT membalas 10 kali kebaikan
Pexels/Thirdman

Allah SWT berjanji kepada mereka yang berselawat, sekali saja melakukan selawat Nabi Muhammad SAW maka 10 kali kebaikan niscaya Allah berselawat kepadanya sepuluh kali. 

Hal ini tertera dalam hadits riwayat Imam Muslim. 

“Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali,” (HR Muslim). 
 

8. Penghancur dosa

8. Penghancur dosa
Pexels/Alena Darmel

Manfaat terakhir yang didapatkan jika membaca selawat nabi yaitu semua dosa-dosanya akan terhapus. Mengenai manfaat ini Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa siapapun yang berselawat kepadanya akan dihapus dosa-dosanya.

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga bersabda bahwa barang siapapun yang membaca selawat setiap hari terutama di hari Jumat maka dosa-dosanya akan dihapus sebanyak 40 kali. Namun, membaca selawat nabi di hari lain juga banyak manfaatnya. 

Itulah bacaan bacaan shalawat Nabi Muhammad SAW dan manfaat-manfaat yang didapatkan. Meskipun begitu, bukan berarti dengan membaca selawat hanya demi mengharapkan pahala. Namun, lebih baik jika membacanya dengan ikhlas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk