Ajarkan Shalawat Sejak Dini, Ternyata Ini Manfaatnya!

Sebagai salah satu pendidikan dasar mencintai Nabi

17 Oktober 2019

Ajarkan Shalawat Sejak Dini, Ternyata Ini Manfaatnya
Muslimommy.com

Shalawat untuk Rasulullah SAW adalah doa kita kepada Allah SWT. Secara harifah berarti kita meminta belas kasih dan keagungan Allah melalui doa-doa yang kita lantunkan.

Selain itu, shalawat merupakan bentuk syukur atau terima kasih kita sebagai ciptaan Allah terhadap Rasulullah SAW sebagai asal penciptaan alam semesta sebagaimana disebutkan dalam hadits 

Shalawat juga bentuk syukur umat manusia terhadap Rasulullah SAW sebagai penghulu segenap manusia sebagaimana sabdanya yang mulia. Allahumma shalli wa sallim 'ala Sayyidina Muhammad wa alihi wa shabihi ajma'in.

Mama tau nggak sih ,bahwa keutamaan shalawat menjadikannya memiliki manfaat untuk seluruh umat muslim.

Oleh karena itu, sebagai orangtua, Mama perlu mengajarkan anak untuk mengamalkannya sejak dini. Sebab bershalawat satu kali pada Rasulullah SAW, maka Allah akan membalas shalawatnya sebanyak 10 kali.

Seperti apa cara mengajarkan dan manfaat shalawat yang perlu diajarkan pada anak sejak dini? Yuk, simak rangkuman berikut ini.

1. Sebagai cara menumbuhkan rasa cinta pada Rasulullah SAW

1. Sebagai cara menumbuhkan rasa cinta Rasulullah SAW
Rawpixel/Chanikarn Thongsupa

Sebagai orangtua tentu Mama menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholeha, bukan? Nah, Mama bisa memulainya membentuknya sejak dini dengan mengajarkan shalawat padanya.

Mengajarkan shalawat kepada anak sejak dini merupakan pendidikan dasar untuk mendekatkan serta menumbuhkan rasa cinta dan rindu anak kepada Rasulullah SAW. 

Rasa cinta dan rindu itu tidak akan hadir begitu saja, Ma. Oleh karena itu, Mama perlu mengajarkan anak bershalawat sejak dari usia dini.

Meskipun anak belum sepenuhnya mengerti, setidaknya ia akan mengenal lantunan yang Mama bacakan padanya. Itu juga akan menyejukkan hatinya lho, Ma.

Dengan begitu, Mama bisa mengajarkan shalawat sejak dini untuk menumbuhkan rasa cinta dan rindunya pada Rasulullah SAW. Wallahu a‘lam. 

Editors' Picks

2. Cara mengamalkan shalawat yang benar

2. Cara mengamalkan shalawat benar
Freepik/Rawpixel.com

Sebagai uat muslim, kita diminta untuk memperbanyak shalawat kepada Rasulullah SAW. Anak kecil mungkin belum sepenuhnya mengerti, namun dengan melantunkan padanya sejak dini, Mama bisa membuatnya mengenal dan mulai terbiasa dengan lantunan shalawat.

Ada banyak bacaan shalawat yang bisa Mama lantunkan pada anak, diantara bentuk shalawat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ialah :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ (فِي رِوَايَةٍ: وَ بَارِكْ) عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

(Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaKa Hamidum Majid. Allahumma barik (dalam satu riwayat, wa barik, tanpa Allahumma) ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaKa Hamiidum Majid).

Untuk mengamlakan shlawat yang benar, Mama bisa memperbanyak membaca shalawat di setiap waktu dan tempat, terlebih-lebih pada hari jum’ah, bacakan shalawat ini didepan si Kecil agar ia menjadi lebih tenang dan mengenal bacaan shlawat sejak dini.

3. Manfaat shalawat yang luar biasa

3. Manfaat shalawat luar biasa
muslimsprouts.com

Ketika shalawat sudah diajarkan pada si Kecil, sekarang saatnya Mama mengetahui apa saja manfaat luar biasa yang bisa dirasakan dari shalawat.

Berikut beberapa manfaat luar biasa dari shalawat:

  1. Lebih diutamakan pada Hari Kiamat.
  2. Mengundang Datangnya Karunia dan Nikmat-Nikmat dari Allah SWT.
  3. Lebih Dekat kepada Allah SWT.
  4. Diangkat Baginya Sepuluh Derajat dan Dihapus Darinya Sepuluh Keburukan.
  5. Dengan shalawat seseorang bisa mencapai kerelaan Tuhan Yang Maha Pengasih.
  6. Dengan shalawat seseorang mendapatkan kebahagiaan dan kepuasan lahir bathin, diampuni dosa-dosanya, serta mampu menapak tangga menuju tingkatan tertinggi.
  7. Shalawat merupakan amal yang paling mudah terkabul, membuat kondisi hati menjadi bersih, dan melalui shalawat barokah-barokah diturunkan dan doa-doa dikabulkan.

Begitu istimewanya kedudukan Rasulullah SAW, siapapun yang membaca dan mengamalkan shalawat padanya maka akan diberikan manfaat yang dapat menuntun umatnya kejalan kebaikan.

Semoga dengan keistimewaan ini, Mama bisa mengajarkan pada si Kecil sejak dini agar ia dapat merasakan manfaat dari bacaan shalawat dan diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih mendekatkan diri kepada Rasulullah SAW, terutama kepada Allah SWT.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!