13 Bacaan Doa agar Dimudahkan segala Urusan, Amalkan Yuk!

Doa merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk memohon kepada Sang Pencipta

27 Maret 2022

13 Bacaan Doa agar Dimudahkan segala Urusan, Amalkan Yuk
Pexels/Thirdman

Doa merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk memohon kepada Sang Pencipta. Kebanyakan doa yang dipanjatkan langsung begitu saja berdasarkan keluh kesah. Padahal sebenarnya ada doa dimudahkan segala urusan.

Baca Doa Ini Agar Segala Urusan Dimudahkan

Baca Doa Ini Agar Segala Urusan Dimudahkan
Pixabay/bahrilspd

Sebenarnya berdoa dapat dilakukan dengan berbagai bahasa, karena Allah SWT akan memahami apapun yang diinginkan setiap hamba.

Namun, tidak ada salahnya juga jika anda membaca doa berbahasa Arab yang sudah lama diajarkan Nabi Muhammad SAW. Adapun berikut ini doa agar dimudahkan urusan yang telah Popmama.com rangkum.

1. Q.S Al Baqarah Ayat 286

1. Q.S Al Baqarah Ayat 286
Unsplash/Hasan Almasi

Ayat Al-Qur’an ini merupakan doa yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yang sejak dulu. Pada ayat ini menjelaskan permintaan seorang hamba kepada Tuhannya agar tidak diberikan beban yang berat dan sulit untuk dipikul.

Pada ayat tersebut juga dijelaskan hamba kepada Tuhannya untuk selalu mendapatkan ampunan dan rahmat, karena percaya hanya Allah SWT Tuhan satu-satunya. Adapun doa ini terdapat pada Q.S Al- Baqarah ayat 286, berikut ini bacaannya. 

“Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin.”

2. Q.S Al Baqarah ayat 255

2. Q.S Al Baqarah ayat 255
Unsplash/Visual Karsa

Doa yang selalu dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW selanjutnya yaitu terdapat pada Q.S Al-Baqarah ayat 255. Pada ayat tersebut menjelaskan jika Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan hang wajib disembah dan maha mengetahui segalanya serta berkehendak atas apapun. 

Ayat ini juga menjelaskan keterbatasan yang dimiliki seorang hamba dalam menyikapi apapun yang terjadi. Dari keterbatasan yang dimiliki Inilah seorang hamba memohon pertolongan kepada Allah SWT untuk dipermudahkan segalanya. Adapun berikut ini bacaannya. 

“Allahulaa ilaa ha illa huwa al hayyu al qayyum. Laa ta’khudzuhu sinatun walaa anuum. Lahuu maa fii as samaawaatii wa maa fi al ardh. Man dza al ladzi yasyfa’u ‘indahuu illa biidznih. Ya’lamu maa baina aidihim wa maa kholfahum. Wa laa yuhiithuuna bisyaiin min ‘ilmihi illa bimaa syaa, Wa si’a kursi yuhu as samaawaati wa al ardh, Wa laa yauuduhuu hifdzuhumaa wa hu wa al ‘aliyyu al adzhiim.”

3. Q.S Al Kahfi ayat 10

3. Q.S Al Kahfi ayat 10
Pinterest/dreamstime

Q.S Al Kahfi ayat 10 juga merupakan bagian doa yang di panjatkan kepada Allah SWT untuk mempermudah segala urusan. Dari ayat tersebut dijelaskan jika permintaan seorang hamba untuk selalu mendapatkan petunjuk di jalan yang benar.

Doa ini juga dipanjatkan dengan harapan mendapatkan rahmat dari Allah SWT dan mendapatkan petunjuk untuk semua urusan yang ada. Menyadari juga jika seorang hamba tidak mempunyai kehendak apapun. Surat Al Kahfi ayat 10, berikut ini bacaannya. 

“Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa.”

4. Q.S Al A’raf ayat 89

4. Q.S Al A’raf ayat 89
Popmama.com/Novy Agrina

Q.S Al A’raf ayat 89 menjelaskan mengenai permintaan seorang hamba kepada Allah SWT untuk mendapatkan keputusan adil. Pada ayat ini juga menjelaskan jika kepercayaan hamba kepada Tuhannya yang mampu memberikan keputusan sebaik-baiknya.

Dikaitkan sebagai doa untuk memudahkan segala urusan, ayat ini seringkali dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Tentunya jika apa yang diinginkan ingin segera tercapai, tentunya harus membaca doa lebih sering. Adapun berikut ini bacaannya. 

”Robbanaftah bainanaa wa baina qauminaa bi al haqqi wa anta khairu al faatihiin.”

Editors' Picks

5. Q.S Thaha ayat 25-28

5. Q.S Thaha ayat 25-28
Pexels/Gabby K

Adapun bacaan doa agar dimudahkan segala urusan yang selanjutnya yaitu terdapat pada Q.S Thaha ayat 25-28. Ayat ini menjelaskan mengenai permintaan seorang hamba untuk selalu mendapatkan kelapangan dada dan memohon untuk semua urusannya dapat berjalan dengan mudah.

Ayat ini juga menjelaskan permintaan seorang hamba untuk bisa lebih mudah dalam menyampaikan sesuatu dan dapat dimengerti banyak orang. Bacaan ayat ini cukup singkat, jadi bisa dibaca kapanpun dan dimanapun. Adapun berikut ini bacaannya. 

“Robbisy rohlii shodrii, Wa yassirlii amrii, Wahlul ‘uqdatan min lisaani, Yafqohuu qoulii”

6. Q.S Al Insyirah ayat 5-6

6. Q.S Al Insyirah ayat 5-6
Freepik/free picture

Doa selanjutnya yang bisa di panjatkan kepada Allah SWT untuk meminta dimudahkan segala urusan yaitu terdapat pada Q.S Al Insyirah ayat 5-6. Pada ayat ini menjelaskan permintaan seorang hamba untuk meminta dimudahkan segala sesuatu.

Di sisi lain, doa ini juga membuktikan kepercayaan seorang hamba jika setiap ada kesulitan pasti akan ada kemudahan setelahnya. Tentunya untuk mendapatkan apa yang diinginkan tersebut, doa harus dipanjatkan sesering mungkin. Adapun berikut ini bacaannya. 

“Fainnama’a al ‘usriyusroo. Inna ma’a al ‘usriyusraa.”

7. Q.S Al Anbiya ayat 87

7. Q.S Al Anbiya ayat 87
Pexels/Hebert Santos

Q.S Al Anbiya ayat 87 merupakan salah satu doa yang sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT agar segala urusannya dapat dipermudah. Pada ayat ini juga menjelaskan mengenai kesadaran seorang hamba bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT.

Memang tidak berhubungan langsung dengan permintaan untuk dipermudah segala urusan, tapi dengan memuji Allah SWT sama halnya dengan meminta keselamatan dan pertolongan. Adapun berikut ini bacaannya. 

“Laa ha illa anta subhaanaka innii kuntu min adzhalimiin.”

8. Q.S At Tahrim ayat 8

8. Q.S At Tahrim ayat 8
Popmama.com/Onic Metheany
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Bacaan doa selanjutnya dengan tujuan untuk mau minta dimudahkan dalam segala urusan terdapat pada Q.S At Tahrim ayat 8. Pada doa ini menjelaskan mengenai permintaan seorang hamba agar mendapatkan pengampunan dari segala dosa-dosa yang dimiliki.

Selain membaca doa yang terdapat pada ayat tersebut, perlu juga untuk membaca sholawat dan istighfar sebanyak-banyaknya agar Apa yang diharapkan dapat tercapai. Adapun berikut ini bacaan doa pada Q.S At Tahrim ayat 8.

“Robbanaa atmim lanaa nuuronaa waghfirlanaa innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir.”

9. Doa diajarkan Nabi Muhammad SAW

9. Doa diajarkan Nabi Muhammad SAW
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Selain terdapat dalam Al-Qur’an, ada juga beberapa doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk meminta kemudahan dalam segala urusan. Tentu saja dalam memanjatkan doa ini ini harus diimbangi dengan usaha yang keras.

Agar semua urusan dilancarkan oleh Allah SWT, Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa ini kepada umatnya: 

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahla

    11. Minta pada anak untuk panjatkan doa ini ketika ia sedang ujian

    11. Minta anak panjatkan doa ini ketika ia sedang ujian
    Pexels/Thirdman

    اللّهُمَّ ا ا ا لَّمْتُ لِي لَيَّ اجَتِي لَيْهِ لَى لِّ ا اللهُ الوَكِيل

    Allahumma inni astaudi’uka ma qara’tu wa ma hafiztu wa ma ta’allamtu, fardudhu li ilayya ‘inda haajati, innaka ‘ala kulli syai-in qadir, wa hasbunallahu wa ni’mal wakil.

    “Ya Allah! Saya mempercayakan kepada-Mu apa yang telah saya baca dan apa yang telah saya hafal dan telah saya pelajari. Bawa kembali padaku saat aku membutuhkannya. Sesungguhnya kamu memiliki kuasa atas segala sesuatu. Cukuplah bagi kami Allah dan (Dialah) sebaik-baik Pemelihara urusan.”

    12. Doa yang bisa dipanjatkan ketika memulai sebuah rencana baik

    12. Doa bisa dipanjatkan ketika memulai sebuah rencana baik
    Pinterest/dreamstime

    اللهُمَّ اجْعَل لِي اتِمَهُ الْ امِي لْقَاكَ

    Allahumma-ja'alna khaira 'umri akhirahu wa khaira 'amali khawatimahu waj-'al ayyami yawma alqaka

    “Ya Allah, jadikanlah bagian terbaik dari hidupku, bagian terakhir, amalan terbaik, amal terakhirku, dan hari terbaikku, adalah hari aku bertemu dengan-Mu”

    (Sunan An-Nasai’)

    13. Awali dengan doa ini ketika kamu hendak melakukan perbuatan baik

    13. Awali doa ini ketika kamu hendak melakukan perbuatan baik
    Freepik/niksads

    اللَّهُمَّ لُكَ اتِ ائمَ السَّلامَةَ لِّ الغَنِيمَةَ لِّ الفَوْزَ الجَنَّةِ، النَّجاةَ النَّارِ

    Allahumma inni as-aluka mujbati rahmatik, wa-'aza-ima maghfiratik, wassalamata min kulli ithm, wal-ghanimata min kulli birr, wal-fauza bil-jannati, wan-najati minannar

    “Ya Allah. Aku mohon kepada-Mu apa yang memicu rahmat-Mu dan sarana pengampunan-Mu, keselamatan dari setiap dosa, manfaat dari setiap perbuatan baik, kesuksesan dalam mencapai Jannah, dan pembebasan dari Neraka.”

    (Mustadrak Al-Hakim)

    Meskipun banyak doa dimudahkan segala urusan, tentu saja juga harus diimbangi dengan kerja keras. Mengingat hanya berdoa tanpa adanya usaha, sama halnya dengan nol. Selain itu, perbanyak juga dengan membaca sholawat dan istighfar.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk