13 Manfaat Apel Hijau yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat dan Khasiat dari Apel Hijau yang Perlu Mama Ketahui!

19 September 2021

13 Manfaat Apel Hijau Baik Bagi Kesehatan Tubuh Kulit
caraherbalkita

Kamu mungkin lebih sering memakan apel berwarna merah, tetapi apel hijau tidak kalah enaknya serta memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan kulit. Apel hijau mengandung banyak nutrisi serta kaya akan vitamin, seperti vitamin C, A, K, B9, dan asam folat.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat apel hijau yang harus Kamu ketahui, karena baik bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

1. Menjaga Kesehatan Mulut Gigi
Unsplash/JC Gellidon

Manfaat pertama dari apel hijau yaitu dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi Kamu. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa asam yang dapat membantu dalam membersihkan gigi dan gusi Kamu.

2. Menjaga Kesehatan Hati

2. Menjaga Kesehatan Hati
Pexels/Karolina Grabowska

Apel hijau mengandung kadar antioksidan tinggi yang dapat membantu Kamu dalam mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada organ hati. Anda bisa mulai rutin mengonsumsi apel hijau, sehingga manfaat dalam menjaga kesehatan hati akan terasa untuk Kamu.

3. Mencegah Diabetes

3. Mencegah Diabetes
Freepik/xb100

Jika Kamu rajin memakan buah apel hijau setiap hari, maka Kamu mendapatkan manfaat apel hijau tersebut untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan apel hijau memiliki kandungan gula yang rendah dibandingkan jenis apel lainnya, serta memiliki kandungan B1 yang dapat mengontrol kadar gula berlebih di dalam tubuh.

4. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

4. Memiliki Kandungan Antioksidan Tinggi
Pexels/Andrea Piacquadio

Apel hijau memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan apel merah. Kandungan antioksidan phenolic di dalam apel hijau mampu untuk memperlambat terjadinya penuaan, melindungi kulit Kamu, dan mengurangi peradangan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

5. Menjaga Kesehatan Mata
Pexels/Dhyamis Kleber

Bagi Kamu yang sering menatap layar handphone dan laptop, Kamu dapat mengonsumsi apel hijau dengan rutin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Kamu. Hal ini didasari oleh kandungan vitamin A di dalam apel hijau yang dapat menjaga kesehatan mata.

Editors' Picks

6. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

6. Menjaga Kesehatan Paru-Paru
Freepik/rawpixel-com

Apel hijau memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu Kamu dalam menjaga kesehatan paru-paru dengan mengurangi risiko terkena asma dan penyakit paru-paru. Selain itu, apel hijau juga dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker paru-paru bagi wanita.

7. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

7. Mencegah Penuaan Dini Kulit
Pexels/Sora Shimazaki

Bagi wanita dan pria yang ingin menjaga kesehatan kulit dengan mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, Kamu dapat memakan apel hijau secara rutin. Diketahui kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang terdapat dalam apel hijau mampu mencegah penuaan dini pada kulit Kamu.

8.Melindungi Kesehatan Tulang

8.Melindungi Kesehatan Tulang
Pexels/Cottonbro

Jika Kamu ingin melindungi kesehatan tulang, Kamu harus mengonsumsi vitamin K, kalsium, dan potasium. Kamu hanya perlu memakan apel hijau secara rutin agar mendapatkan seluruh kandungan tersebut.

9. Menjaga Organ Jantung

9. Menjaga Organ Jantung
Pexels/Puwadon Sang-ngern

Flavonoid yang ada di dalam apel hijau tidak hanya memberikan kebaikan bagi organ paru-paru saja, tetapi dapat membantu Kamu dalam menjaga organ jantung dengan mengurangi risiko mengalami serangan jantung. Selain itu, apel hijau dapat membantu Kamu dalam menurunkan kadar kolesterol pada darah Kamu.

10. Mencegah Penggumpalan Darah

10. Mencegah Penggumpalan Darah
Pexels/Toni Cuenca
joker with card

Selanjutnya, manfaat apel hijau dapat membantu Kamu dalam mencegah penggumpalan darah, karena terdapat kandungan senyawa kimia yang bernama rutin. Rutin dapat memberikan manfaat dengan mencegah enzim yang membuat terjadinya pergumpalan darah dalam tubuh Kamu.

11. Menjaga Kesehatan Pencernaan

11. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Freepik/Jcomp

Jika Kamu memiliki permasalahan akan gangguan pencernaan, Kamu dapat menambahkan buah apel hijau ke dalam diet Kamu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan pektin dalan apel hijau yang menjadi sumber serat dan berfungsi untuk prebiotik, sehingga tidak akan membiarkan pertumbuhan bakteri sehat di usus Kamu.

Selain itu, pektin dapat memecah makanan dalam perut Kamu menjadi lebih efisiensi. Kandungan serat tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pencernaan Kamu.

12. Memperbaiki Tekstur Kulit

12. Memperbaiki Tekstur Kulit
Pexels/Anete Lusina

Bagi Kamu yang merawat kulit agar tidak timbul berbagai permasalahan, Kamu dapat menggunakan apel hijau sebagai masker untuk wajah Kamu. Manfaat masker wajah yang terbuat dari apel hijau yaitu dapat membantu dalam melembapkan kulit, membantu munculnya kerutan pada wajah Kamu, dan memperbaiki tekstur kulit Kamu.

Manfaat lainnya yang dapat Kamu rasakan pada wajah Kamu yaitu apel hijau yang dijadikan masker akan meningkatkan hidrasi wajah. Jika Kamu tidak ingin menjadikan masker wajah, Kamu dapat membuat apel hijau menjadi jus.

13. Mengontrol Berat Badan

13. Mengontrol Berat Badan
Pexels/Ketut Subiyanto

Kandungan serat yang terdapat pada apel hijau mampu membantu Kamu dalam mengontrol berat badan Kamu. Sebab kandungan serat tersebut akan membuat Kamu merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, serat tersebut memiliki peran untuk mendorong makanan yang belum dikeluarkan bersama feses agar lebih cepat.

Sekian ulasan mengenai manfaat apel hijau bagi tubuh dan kulit Kamu dengan mengonsumsinya secara rutin dan dapat digunakan sebagai masker wajah. Melalui ulasan ini, bagaimana menurut Kamu mengenai manfaat apel hijau?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.