12 Manfaat Buah Durian yang Penting Bagi Kesehatan Tubuh Kamu

hayo Siapa yang Suka Duren?

22 September 2021

12 Manfaat Buah Durian Penting Bagi Kesehatan Tubuh Kamu
Freepik/topntp26

Buah durian merupakan buah yang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang enak, tetapi banyak juga yang tidak menyukai buah durian karena bau yang menyengat. Disamping itu, ternyata buah durian memberikan banyak manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi dalam buah durian

Kandungan nutrisi dalam buah durian
Pexels/Maddog 29

Durian dengan berat sekitar 243 gram memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat, seperti:

  • 357 kkal kalori

  • 13 gram lemak

  • 66 gram karbohidrat

  • 9 gram serat

  • 4 gram protein

Selain kandungan yang telah disebutkan, buah durian mengandung vitamin C dan vitamin B6. Buah durian juga memiliki kandungan zat gizi, seperti niacin, folat, mangan, tiami, kalium, riboflavin, dan magnesium.

Manfaat buah durian

Manfaat buah durian
Freepik/mrsiraphol

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dalam buah durian, manfaat dari buah durian pun cukup banyak. Berikut ini beberapa manfaat buah durian yang penting untuk diketahui oleh Kamu, antara lain:

1. Baik untuk pencernaan

1. Baik pencernaan
Freepik/mrsiraphol

Serat yang terdapat dalam buah durian dapat merangsang gerak peristaltik, sehingga buah durian memberikan manfaat yang baik bagi pencernaan, seperti mencegah terjadinya sembelit dan melancarkan buang air besar. Selain itu, buah durian juga bisa membantu mengobati masalah pencernaan, seperti kram, mulas, dan perut kembung.

2. Menurunkan kadar gula darah

2. Menurunkan kadar gula darah
Prospectmedical.com

Rasa buah durian yang sering kita temukan pasti akan menimbulkan rasa manis, tetapi buah durian memiliki indeks glikemik yang rendah. Dengan begitu, buah durian tidak akan menaikkan kadar gula darah dengan cepat dalam tubuh Kamu.

3. Memperbaiki kualitas tidur

3. Memperbaiki kualitas tidur
Pexels/Ali Pazani

Bagi Kamu yang mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari, Kamu bisa coba memakan durian. Hal ini dikarenakan buah durian mengandung zat melatonin (hormon tidur) yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu Kamu dengan meningkatkan kualitas tidur.

4. Memperbaiki suasana hati

4. Memperbaiki suasana hati
Pexels/Pavel Danilyuk

Buah durian memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh Kamu, salah satunya kandungan triptofan. Triptofan merupakan asam amino yang penting, serta dapat mengantur suasana hati Kamu dan siklus tidur.

Dengan begitu, durian memiliki potensi untuk memperbaiki suasana hati Kamu agar menjadi lebih senang.

Editors' Picks

5. Mencegah penyakit jantung

5. Mencegah penyakit jantung
Freepik/mdjaff

Buah durian memiliki kandungan seperti senyawa organosulfur yang mempunyai peran dalam mengatur enzim inflamasi, sehingga buah durian dinilai bisa membuat jantung semakin sehat.

Selain itu, serat dalam buah durian juga dapat memberikan manfaat untuk menurunkan kolesterol yang terdapat dalam aliran darah, serta menghilangkan kolesterol jahat dari dalam tubuh. Hal ini memberikan manfaat pada tubuh dengan mencegah penyakit jantung.

6. Mencegah diabetes

6. Mencegah diabetes
Unsplash/Jim Teo

Manfaat buah durian selanjutnya yaitu dapat mencegah terjadinya diabetes. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menunjukan bahwa buah durian dapat mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, salah satu pemicu terjadinya diabetes.

7. Mencegah penuaan dini

7. Mencegah penuaan dini
Freepik/Jcomp

Buah durian mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, vitamin C merupakan sumber antioksidan yang memberikan kebaikan bagi tubuh untuk melawan radikal bebas, sehingga tubuh tidak akan terserang penyakit.

Antioksidan memiliki peran untuk mencegah penuaan dini, seperti menyamarkan kerutan dna mengurangi bercak penuaan.

8. Menjaga kesehatan tulang

8. Menjaga kesehatan tulang
Unsplash/ bruce mars

Kandungan dalam buah durian yang berperan penting menjaga kesehatan tulang yaitu kandungan magnesium dan kalium. Hal ini dibuktikan dalam penelitian bahwa asupan kalium yang tinggi meningkatkan kepadatan tulang pada wanita dan laki-laki umur 50 tahun. 

9. Memberikan perawatan pada kulit

9. Memberikan perawatan kulit
Pexels/Andrea Piacquadio

Seperti yang kita ketahui, buah durian mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak, seperti dua biji durian sedang mengandung sekitar 11,6 mg vitamin C. Dengan begitu, buah durian dapat membantu kulit dalam melawan radikal bebas yang diakibatkan oleh paparan asap rokok dan sinar ultraviolet dari matahari.

10. Mengatasi jerawat

10. Mengatasi jerawat
Sshutterstock.com/boyloso
Dok. Jovee

Diketahui bahwa buah durian mengandung antioksidan yang dapat memberikan manfaat untuk melawan bakteri penyabab terjadinya jerawat. Jadi, Kamu bisa mempertimbangkan dalam melakukan perawatan terhadap jerawat dengan bahan dasar buah durian.

11. Mengandung estrogen

11. Mengandung estrogen
Freepik/Jcomp

Durian memiliki kandungan estrogen di dalam dagingnya. Estrogen biasanya diproduksi oleh tubuh seseorang secara alami, tetapi terdapat beberapa wanita yang tidak memiliki hormon estrogen sehingga menyebabkan ketidaksuburan.

Namun, jumlah estrogen dalam buah durian dapat membantu Kamu dalam menyuburkan dan hamil secara alami.

12. Meningkatkan kualitas sperma

12. Meningkatkan kualitas sperma
nextshark.com

Buah durian memiliki manfaat yang bisa membantu pria dalam meningkatkan kualitas sperma mereka. Terdapat beberapa penelitian terkait dengan hal ini, Anda bisa mengonsumsi buah durian agar meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan pergerakan sperma.

Itulah manfaat buah durian yang penting bagi kesehatan tubuh dengan menjauhkan diri Kamu dari berbagai penyakit dan memberikan perawatan tubuh agar selalu stabil. Bagaimana menurut Kamu manfaat buah durian melalui ulasan ini?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.