6 Merek Obat Sakit Gigi yang Ampuh Meredakan dan Harga Jualnya

Rekomendasi merek obat sakit gigi untuk Mama!

12 Oktober 2021

6 Merek Obat Sakit Gigi Ampuh Meredakan Harga Jualnya
Pinterest.com/Shadia Attar

Sakit gigi membuat kondisi badan menjadi tidak nyaman karena tidak bisa digunakan untuk makan. Banyak dari penderitanya mencari merek obat sakit gigi yang ampuh untuk mengatasi hal ini.

Obat sakit gigi pun tersedia di berbagai apotik dan obat antibiotik yang bisa kalian dapatkan melalui dokter. Namun, memilih obat sakit gigi juga harus tepat agar cocok ketika diminum.

Merek Obat Sakit Gigi yang Ampuh di Apotik

Obat sakit gigi yang bisa didapatkan dengan mudah di apotik biasanya tidak membutuhkan resep dokter. Berikut Popmama.com berikan rekomendasi obat sakit gigi yang ampuh untuk menyembuhkan:

1. Hidrogen peroksida 3%

1. Hidrogen peroksida 3%
shopee.co.id

Salah satu obat sakit gigi dengan cairan antiseptik berbentuk cair yang digunakan untuk berkumur sehingga membunuh berbagai kuman dan bakteri.

Keberadaan beragam kuman tersebut mengakibatkan permasalahan pada gigi dan gusi seperti radang gusi atau bahkan sariawan.

Cara menggunakannya hanya dengan melarutkan hidrogen peroksida bersama air lalu digunakan untuk berkumur. Obat Hidrogen Peroksida 3 % bisa dibeli dengan harga jual di apotik sekitar 9.500 hingga 19.500.

Editors' Picks

2. Paracetamol

2. Paracetamol
chemistryworld.com

Merek obat sakit gigi yang masuk pada golongan NSAID atau obat antiinflamasi nonsteroid untuk meredakan sakit dan rasa nyeri yang terjadi ketika pencabutan gigi. Peracetamol ini bekerja untuk menghambat produksi prostaglandin pada otak sehingga dapat menghentikan rasa sakit yang ditimbulkan.

Paracetamol juga bisa digunakan untuk menurunkan demam serta meredakan sakit kepala yang kerap kali muncul ketika sakit gigi datang. Berikut inilah dosis paracetamol sebagai pengobatan untuk sakit gigi:

  • Orang dewasa 1000 mg setiap 6 hingga 8 jam atupun 500 mg tiap 4 hingga 6 jam
  • Anak usia di atas 12 tahun 325 hingga 650 mg setiap 4 sampai 6 jam ataupun bisa 1000 mg  3 sampai 6 jam setiap harinya. Dosis maksimalnya harian sebanyak 4000 mg per hari

  • Anak usia 6 bulan hingga 12 tahun mengkonsumsi 10 sampai 15 mg per kg setiap 4-6 jam ketika dibutuhkan saja. Sehingga lebih dari 5 dosis yang dianjurkan.

Apabila mempunyai masalah pada organ hati maka tidak disarankan untuk konsumsi paracetamol, obat ini bisa kalian dapatkan dengan harga 2.500 sampai 3.500 tergantung merek dan ukurannya.

3. Ibuprofen

3. Ibuprofen
blibli.com

Sebagai obat yang masuk pada golongan NSAID, jangan sesekali mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Karena Ibuprofen sebagai obat yang bersifat anti inflamasi nonsteroid, sehingga baik digunakan untuk mengatasi permasalahan gigi akibat peradangan.

Ibuprofen adalah salah satu jenis obat yang mempunyai beragam merek obat sakit gigi diantaranya Brufen, Proris, Advil, Arfen dan lain sebagainya. Inilah dosis ibuprofen guna mengatasi permasalahan sakit gigi:

  • Orang remaja dan dewasa sekitar 200 sampai 400 mg tiap 4-6 jam, namun hal itu tergantung pada kebutuhan. Batas maksimal paling tingginya yaitu 3200 mg setiap harinya ketika dengan resep.
  • Anak usia 6 bulan ke atas dosis menyesuaikan dengan berat badannya yang telah ditentukan oleh dokter. Namun, pada umumnya sebanyak 10 mg per kg tiap 6-8 jam ataupun 40 mg per kg dengan pemberian di bawah pengawasannya dokter.

Obat Ibuprofen mempunyai efek samping cukup ringan, harga obatnya 1.000 hingga 8.00p per tabletnya di apotik sekitar.

4. Naproxen

4. Naproxen
heb.com

Salah satu obat untuk meredakan nyeri yang kerapkali digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Obat Naproxen tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 220 mg seperti pada merk Xenifar.

Dosis obat sakit gigi dari Naproxen, yaitu:

  • Orang dewasa 550 mg naproxen sodium yang diminum 1 kali setiap 12 jam ataupun 275 mg tiap 6-8 jam sesuai dengan kebutuhannya.
  • Anak usia 2 tahun ke atas dapat mengkonsumsi 2,5 hingga 10 mg per kg per dosis. Namun, dosis hariannya mempunyai batasan sekitar 10 mg per kg yang diberikan tiap 8 hingga 12 jam.

5. Benzocaine

5. Benzocaine
shopee.co.id

Obat yang termasuk anestesi lokal dengan cara kerja melakukan pemblokiran pada sinyal saraf di tubuh kalian. Terdapat pula benzocaine bermanfaat untuk meredakan sakit dan ketidaknyamanan yang membuat kulit dan permukaan mulut menjadi mati rasa.

  • Efek samping jika mengkonsumsi benzocaine yakni:
  • Urine menjadi berwarna gelap
  • Susah untuk bernafas
  • Pusing
  • Demam tinggi
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Kulit tampak pucat
  • Bibir, telapak tangan dan kuku menjadi warna kebiruan
  • Detak jantung cepat 

Obat benzocaine dapat dibeli dengan harga 125 ribu per kemasan pada apotik, namun sebelum menggunakan sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

6. Dekongestan

6. Dekongestan
https://umma.id/channel/for-you/post/dekongestan-36467470499906

Obat sakit gigi dengan bentuk semprot, tetes ataupun tablet ini dapat mengurangi rasa sakit akibat kerusakan. Dekongestan sebenarnya untuk meredakan hidung tersumbat yang mana kerjanya bisa merasuk pada sinus.

Namun, apabila sinus sudah sembuh dan sakit gigi belum membaik maka sebaiknya segera diperiksakan pada dokter. Obat ini dapat kalian temukan di apotik dengan kisaran harga sekitar 53 ribu hingga 55 ribu.

Demikianlah beberapa merk obat sakit gigi yang menjadi rekomendasi penyembuhan dengan aturan dosisnya. Dengan begitu rasa sakit akibat kerusakan gigi dan peradangan gusi bisa membaik dengan lebih cepat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.