7 Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual saat Haid yang Alami

Jangan langsung minum obat, atasi dulu dengan cara alami

5 Maret 2021

7 Cara Mengatasi Perut Kembung Mual saat Haid Alami
Freepik

Pernahkah Mama mengalami perut kembung dan rasa mual mendadak muncul saat sedang haid? Jika pernah, maka Mama perlu tahu apa saja cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ya, perut kembung saat haid tak selalu perlu disembuhkan dengan obat.

Menurut pakar kebidanan dan kandungan Diana Bitner, MD, kembung saat haid merupakan salah satu hal yang wajar terjadi.

Hal ini karena adanya fluktuasi kadar estrogen dan progesteron pada momen tersebut. Ditambahkan oleh Meggie Smith, MD, fluktuasi hormon estrogen dan progesteron membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat bekerja.

Gejala seperti rasa kembung dan mual pun menjadi reaksi Mama menghadapi perubahan kadar hormon tersebut.

Nah, Popmama.com ungkap beberapa cara alami yang bisa Mama lakukan untuk meredakan atau mencegah terjadinya perut kembung dan mual saat haid:

1. Makan makanan kaya protein

1. Makan makanan kaya protein
Pixabay/zapaceh6350

Atur menu makanan Mama selama menjelang dan saat haid. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung tinggi protein serta potasium seperti pisang, blewah, tomat, dan asparagus.

Disampaikan oleh pakar diet Isabel Smith, RD, makanan-makanan ini membantu menjaga keseimbangan cairan yang baik dalam tubuh.

Hal yang sama juga berlaku untuk lemak sehat seperti chia, kacang, dan ikan salmon. Tak lupa juga pilihlah protein seperti daging ayam, ikan dan tahu.

Pilihan lainnya yakni cobalah makanan yang bersifat diretik alami seperti seledri, mentimun, semangka, jus lemon, bawang putih, dan jahe. Asupan ini dapat membantu meredakan rasa kembung dan mual, Ma.

2. Batasi makanan pemicu kembung

2. Batasi makanan pemicu kembung
Pexels/Buenosia Carol

Saat makan, hindari berlebihan mengonsumsi makanan yang diketahui dapat memicu terjadinya kembung dan mual. Beberapa di antaranya seperti brokoli dan kubis.

Baik brokoli maupun kubis mengandung gula kompleks yang disebut raffinose. Saat kondisi hormon dan enzim di tubuh Mama sedang berfluktasi akibat haid, proses pemecahan gula tersebut pun menjadi sulit.

Efeknya, Mama menjadi mudah mengalami perut kembung dan mual. Selain brokoli dan kubis, batasi dulu juga konsumsi kembang kol dan selada ya, Ma.

Editors' Picks

3. Tetap olahraga

3. Tetap olahraga
Pexels/Tirachard Kumtanom

Tetap berolahraga saat haid memang terasa menyulitkan, namun cara ini justru ampuh untuk membantu mengurangi kembung dan mua.

Ya, banyak bergerak dan meningkatkan denyut jantung diyakini sebagai salah satu cara ampuh untuk meringankan gejala perut kembung dan mual saat haid.

Tak perlu lantas melakukan olahraga berat atau yang terlalu melelahkan, Ma. Mama bisa memilih latihan fisik tingkat ringan atau sedang, misalnya dengan yoga atau jalan santai.

4. Batasi konsumsi kafein dan alkohol

4. Batasi konsumsi kafein alkohol
Pexels/Antas Singh

Jika Mama terbiasa minum minuman berkafein atau beralkohol, maka kali ini sebaiknya jauhi dulu demi perut nyaman selama haid.

Menjelang dan saat haid, konsumsi alkohol dapat memicu kembung. Sementara itu, minuman berkafein juga diyakini dapat merangsang saluran pencernaan dan mengiritasi usus.

Akibatnya, masalah di sistem pencernaan Mama pun bisa semakin bertambah.

5. Hindari minuman bersoda

5. Hindari minuman bersoda
Pexels/Breakingpic

Hobi minum minuman bersoda? Demi kesehatan dan kenyamanan pada tubuh Mama saat haid, setop dulu konsumsi minuman ini ya, Ma.

Meski rasanya enak dan menyegarkan, konsumsi minuman soda dapat membuat kembung dan mual Mama saat haid menjadi semakin parah.

Ya, menurut Smith, minuman dengan pemanis buatan yang cukup tinggi dapat membuat Mama berisiko menjadi mudah mual dan kembung. Jadi sebaiknya, hindari dulu, ya.

6. Cukup istirahat

6. Cukup istirahat
Pexels/Pixabay

Tahukah Mama bahwa tidur merupakan salah satu cara ampuh meredakan nyeri dan kembung saat haid?

Disampaikan oleh pakar kebidanan dan kandungan Kelly Roy, MD, saat Mama istirahat dan tidur nyenyak, kelebihan cairan dan gas di perut Mama akan semakin mudah dihilangkan secara alami.

Oleh sebab itu, sediakan waktu yang cukup untuk tidur saat sedang haid, Ma. Cukupi jam tidur malam setidaknya 7 hingga 8 jam.

7. Masak di rumah

7. Masak rumah
Pexels/Kaboompics.com

Jika memungkinkan, cobalah untuk lebih sering memasak sendiri makanan di rumah dibandingkan makan di restoran. Mengapa?

Menurut Lauren Streicher, MD, dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, memasak dapat menurunkan efek kembung dan mual saat haid.

Ini karena dengan memasak, Mama bisa mengatur sendiri penggunaan garam pada makanan yang akan dikonsumsi.

Studi dari Australia beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa konsumsi garam terlalu banyak dapat memicu kembung. Selain itu, konsumsi natrium berlebihan juga menyebabkan tekanan darah jadi mudah naik.

Jadi, sebisa mungkin jaga pola hidup tetap sehat selama haid ya, Ma. Ini supaya kesehatan tubuh Mama tetap terjaga dan tetap bisa melewati periode haid dengan nyaman.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.