8 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Efektif

Jangan sembarangan pakai obat agar kulit tak semakin iritasi!

11 April 2019

8 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Efektif
Freepik/Senivpetro

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang paling mengganggu. Meski terasa sepele dan tidak berbahaya, jerawat juga bisa menurunkan kepercayaan diri dan membuat Mama merasa tidak nyaman.

Terlebih jika jerawat sudah meradang hingga iritasi, kemerahan dan kering, hal ini tentu mengganggu aktivitas harian Mama, ya.

Jangan terburu-buru menggunakan obat terlebih tanpa resep dokter, Ma. Jika tidak cocok, hal ini justru bisa membuat jerawat menjadi semakin radang dan iritasi.

Sebelum jerawat menjadi semakin parah, yuk coba beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dan efektif dengan bahan-bahan rumahan berikut ini, seperti dirangkum oleh Popmama.com:

1. Sari cuka apel

1. Sari cuka apel
Pexels/Rawpixel.com

Sari cuka apel dikenal melawan banyak jenis bakteri dan virus. Sari cuka apel atau apple cider vinegar juga mengandung beberapa asam organik yang terbukti bisa membunuh kuman pemicu jerawat.

Secara khusus, asam suksinat di dalam sari cuka apel pun telah terbukti menekan peradangan yang disebabkan oleh P. acnes, sehingga membantu mencegah terbentuknya jaringan parut.

Asam laktat di dalam sari cuka apel juga mampu mengatasi bekas jerawat, serta membantu mengeringkan minyak berlebih penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan 1 sendok teh sari cuka apel dengan segelas air (bisa gunakan air lebih banyak untuk kulit sensitif). Setelah wajah dibersihkan, oleskan campuran sari cuka apel ke kulit wajah dengan kapas, diamkan selama 5-20 detik. Kemudian bilas dengan air dan keringkan.

Baca juga:  7 Manfaat Cuka Apel dan Cara Memakainya untuk Menjaga Kesehatan

2. Madu dan kayu manis

2. Madu kayu manis
Pexels/Mareefe

Bahan alami ini tak cuma enak dijadikan sebagai pemanis alami lho, Ma. Madu dan kayu manis juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Ini karena madu dan kayu manis diketahui adalah sumber antioksidan yang sangat baik.

Studi telah menemukan bahwa paparan antioksidan pada kulit lebih efektif dalam mengurangi jerawat daripada benzoil peroksida dan retinoid. Keduanya merupakan komponen obat jerawat yang memiliki sifat antibakteri.

Madu dan kayu manis juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan, karena bersifat anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri.

Cara membuatnya yakni campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bubuk membentuk pasta. Setelah wajah dibersihkan, oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas masker hingga bersih dan keringkan secara perlahan.

3. Tea tree oil

3. Tea tree oil
Pexels/Mareefe

Tea tree oil atau minyak pohon teh juga dikenal mampu mengatasi jerawat. Ini adalah jenis minyak esensial yang diekstrak dari daun Melaleuca alternifolia, pohon kecil asli Australia.

Komponen alami dalam tea tree oil memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan tea tree oil ke kulit dapat secara efektif mengurangi jerawat.

Campurkan tea tree oil dan air bersih dengan perbandingan 1:9. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut, kemudian oleskan ke bagian wajah yang berjerawat.

Baca juga: 5 Aroma Essential Oils untuk Merelaksasi Tubuh Ibu Hamil Muda

4. Teh hijau

4. Teh hijau
Pexels/Tranmautritam

Selain enak diminum, teh hijau juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan sangat baik bagi kesehatan. Diketahui bahwa kandungan flavonoid dan tanin dalam teh hijau dapat membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan penyebab utama jerawat.

Antioksidan utama dalam teh hijau, yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG), terbukti mengurangi produksi sebum, melawan peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri pemicu jerawat.

Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit, kemudian diamkan sampai dingin. Celupkan kapas dan oleskan teh hijau ke kulit wajah yang berjerawat. Biarkan mengering dan bilas dengan air bersih.

Editors' Picks

5. Lidah buaya

5. Lidah buaya
Freepik

Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Gel ini biasanya sering digunakan sebagai obat alami mengatasi lecet, ruam, luka bakar dan masalah kulit lainnya.

Selain itu, lidah buaya juga asam salisilat dan belerang, yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, oleskan secara langsung gel bening dari tanaman lidah buaya menggunakan sendok ke kulit yang berjerawat sebagai pelembap. Ulangi 1-2 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

6. Lemon

6. Lemon
Pexels/Rawpixel.com

Selain segar, buah lemon juga mengandung asam askorbat-L yang diketahui dapat membantu mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah berjerawat. Selain itu, komponen alami dalam lemon juga membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat.

Tak cuma bisa membuat kulit wajah menjadi tampak lebih cerah, lemon juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, potong buah lemon menjadi dua bagian lalu peras airnya. Oleskan air perasan lemon pada wajah, diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

7. Mentimun

7. Mentimun
Freepik

Selain lemon, mentimun juga bisa Mama manfaatkan untuk mengatasi jerawat yang meradang. Ini karena mentimun memiliki kandungan air yang tinggi serta memiliki vitamin A, B, dan C.

Kandungan mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silia juga dapat memberikan efek segar dan pembersih alami bagi wajah. Termasuk bagi kulit wajah Mama yang berjerawat.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah, Ma. Iris tipis mentimun lalu letakkan pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih. Selain itu, Mama juga bisa membuat mentimun menjadi jus lalu dioleskan pada wajah, diamkan dan bilas hingga bersih.

8. Es batu

8. Es batu
Pexels/Pixabay

Siapa bilang es batu tidak bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat? Prinsipnya hampir sama seperti pada luka lebam, Ma. Paparan suhu dingin dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Lancarnya peredaran darah dapat membuat jerawat lebih mudah kempis.

Ambil es batu kemudian bungkus dengan kain bersih, letakkan pada kulit wajah yang berjerawat selama beberapa detik. Lakukan secara rutin dan sesuai kebutuhan sampai jerawat terlihat mengempis.

Yuk dicoba Ma beberapa cara alami ini demi kulit wajah yang bebas dari jerawat!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;