Hati-Hati! Makanan dan Minuman Ini Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi

Konsumsi makanan yang sehat agar bebas dari banyak penyakit

5 Juli 2021

Hati-Hati Makanan Minuman Ini Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi
Pexels/Rawpixel.com

Lemak dalam tubuh itu memang dibutuhkan, namun jika berlebihan itu tidak baik, hal ini bisa disebut sebagai kolesterol. Kolesterol adalah lemak berwarna kekuningan dan berbentuk seperti lilin yang diproduksi oleh tubuh manusia, terutama di dalam organ hati. 

Dilansir dari Heart.org, kolesterol berasal dari dua sumber. Hati membuat semua kolesterol yang dibutuhkan dan sisa kolesterol lainnya berasal dari makanan hewani. Misalnya, daging, unggas, dan produk susu semuanya mengandung kolesterol makanan. 

Sehingga, apabila takarannya pas, kolesterol dikatakan lemak baik di dalam tubuh. Namun, jika terlalu banyak kolesterol dalam tubuh dapat menyumbat pembuluh darah dan kemungkinan akan mengalami masalah jantung atau stroke. 

Ketika sudah mengalami kolesterol yang tinggi, sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Apa saja kira-kira ya, Ma?

Berikut Popmama.com telah menyiapkannya untuk Mama. Disimak ya, Ma. 

1. Gorengan punya kadar kolesterol tinggi

1. Gorengan pu kadar kolesterol tinggi
Unsplash/Alexandr Dzyuba

Makanan pertama yang harus dihindari agar bebas kolesterol adalah makanan yang dimasak dengan minyak, seperti gorengan.

Minyak ataupun margarin memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Terlebih lagi jika memasak menggunakan minyak yang sama dipakai berkali-kali, itu harus dihindari ya, Ma. 

Kerap kali juga menemukan orang yang sangat suka dengan kol goreng, kol memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh namun jika dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak, menjadi makanan yang tidak sehat. 

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk memasak yang lebih sehat lagi, tanpa harus digoreng. Misalnya, dikukus, dipanggang, dan direbus. Sehingga, untuk mencegah kolesterol tinggi juga dapat menggantikan teknik memasak ini ya, Ma.

2. Kulit yang crispy memang nikmat, tapi kolesterolnya tinggi banget lho

2. Kulit crispy memang nikmat, tapi kolesterol tinggi banget
Unsplash/Tim Bish

Makanan ini mungkin sering sekali ditemukan, atau bahkan dijadikan hidangan makanan di rumah. Ternyata ini juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi lho, Ma. 

Berbagai jenis kulit seperti kulit ayam, sapi, ataupun kikil juga menganduk lemak jenuh yang tinggi. Dalam 100 gram kulit ayam juga mengandung sekitar 109 miligram kolesterol.

Jika ingin mengongonsumsi ayam, lebih baik hindari kulitnya. Walaupun tergoda dengan kulitnya yang crispy, sebaiknya hindari daripada kolesterol yang akan semakin tinggi. 
 

Editors' Picks

3. Penggemar jeroan? Hati-hati kolesterol ya!

3. Penggemar jeroan Hati-hati kolesterol ya
Unsplash/Pawel Czerwinski

Jeroan seperti hati sapi, hati ayam, usus, otak, ampela, dan organ dalam ayam atau sapi lainnya sebaiknya dihindari.

Jeroan dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk dalam darah dan purin, baiknya mengonsumsi cukup dagingnya yang rendah lemak tidak sampai organ dalamnya.

Biasanya jeroan diolah menjadi hidangan soto, tongseng, gulai, dan sebagainya, itu dapat membuat kadar kolesterol jeroan semakin tinggi dan membahayakan kesehatan tubuh.

Sehingga hindari mengonsumsi ini jika memang kolesterol dalam tubuh sedang tidak baik. 
 

4. Telur berlebihan juga sebabkan kolesterol

4. Telur berlebihan juga sebabkan kolesterol
Unsplash/Anthony Shkraba

Telur ternyata juga menjadi sumber makanan yang memiliki kolesterol tinggi. Dalam sebutir telur dilengkapi dengan kuning telur dan putih telur, untuk kuning telurnya mengandung kolesterol sekitar 242 miligram.

Sehingga, yang memiliki kadar kolesterol tinggi yaitu kuning telur, dan putih telur dapat dikatakan kolesterolnya rendah. 

Namun, tetap harus dihindari bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi karena dianggap membahayakan kesehatan tubuh.

Jika ingin mengonsumsi protein sebaiknya dari sumber protein lain yang masih aman, seperti tahu, tempe, dada ayam, dan masih banyak lagi. 
 

5. Udang ternyata juga punya kadar kolesterol

5. Udang ternyata juga pu kadar kolesterol
Unsplash/Elle Hughes

Udang merupakan salah satu makanan laut yang sehat, namun udang juga memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Di dalam setiap satu porsi 100 gram udang, terdapat 189 miligram kolesterol.

Walaupun berbagai olahan udang yang dijadikan hidangan makanan terlihat sangat lezat, tetap saja ini akan membahayakan bagi orang yang mengalami kolesterol tinggi. Sehingga, sebaiknya dihindarkan saja ya, Ma. 
 

6. Susu sapi baik buat tulang, tapi cek juga lemak jenuhnya ya

6. Susu sapi baik buat tulang, tapi cek juga lemak jenuh ya
Unsplash/Brian Suman

Minum susu setiap hari memang sangat baik untuk tubuh, terlebih lagi kandungan kalsium yang dapat memperkuat tulang. Namun, susu sapi juga memiliki kandungan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. 

Mama dapat juga mengonsumsi susu yang rendah lemak ataupun susu tanpa lemak, selain itu juga dapat mengonsumsi susu kedelai. 

Dilansir dari Verywell Health, susu sapi utuh memiliki lebih banyak kolesterol daripada produk susu lainnya seperti susu rendah lemak.

Susu murni memiliki delapan gram lemak per cangkir dan tiga persen kandungan lemak tinggi dibandingkan dengan satu hingga dua persen lemak yang ditemukan dalam susu rendah lemak.
 

7. Kopi baiknya tidak dikonsumsi setiap hari

7. Kopi baik tidak dikonsumsi setiap hari
Unsplash/Christiana Rivers

Kopi merupakan minuman yang sangat disukai beberapa orang. Namun, kopi juga dapat dikatakan dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh, apalagi jika dikonsumsi setiap hari. 

Kopi diketahui bisa menurunkan asam empedu dan sterol alami. Dengan efeknya ini, kopi bisa membuat kadar lemak jahat (LDL) dan kolesterol pun meningkat.

Dilansir dari Verywell Health, Klinik Cleveland mengatakan bahwa gula dalam minuman kopi seperti frappuccino juga meningkatkan kadar kolesterol. Jika memang tetap ingin mengonsumsi kopi disarankan untuk meminum kopi tanpa tambahan bahan manis lainnya.

Itulah berbagai makanan dan minuman yang harus dihindari ketika mengalami kolesterol tinggi. Jaga kesehatan dan pola makan yang baik ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.