4 Gerakan Olahraga Yang Efektif Mengecilkan Perut

Selamat tinggal perut buncit!

30 Agustus 2018

4 Gerakan Olahraga Efektif Mengecilkan Perut
pixabay.com/Deedee86

Perut buncit seringkali menjadi masalah bagi para wanita dalam berpenampilan. Selain sulit memilih pakaian, perut buncit rupanya juga beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Perut yang membuncit diakibatkan oleh tumpukan lemak yang berasal dari karbohidrat, kolesterol serta lemak jenuh yang kita konsumsi sehari-hari.

Pola makan serta gaya hidup yang buruk membuat tumpukan lemak tersebut semakin membesar di beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah perut. Sehingga tubuh terlihat gendut dan tentu saja merusak penampilan Mama.

Diet saja tidak cukup untuk mengecilkan perut. Mama harus mengimbanginya dengan berolahraga untuk membakar tumpukan lemak tersebut.

Berikut ini adalah Popmama.com sebutkan beberapa gerakan olahraga mengecilkan perut buncit dalam waktu singkat. Gerakannya mudah dan dapat dilakukan dimana saja tanpa memerlukan alat khusus, termasuk saat Mama sedang santai di rumah.

1. Sit up

1. Sit up
blackbeltrx.com

Mama tentu sudah familiar dengan gerakan olahraga yang satu ini. Ya, sit up merupakan gerakan yang mampu mengecilkan serta mengencangkan otot perut, terutama perut bagian atas.

Ikuti cara berikut:

  • Mulailah dengan berbaring telentang dengan posisi tangan dilipat di depan dada dan lutut ditekuk.
  • Kemudian angkat badan mendekati lutut, lalu kembali ke posisi semula atau tahan badan beberapa centi sebelum menyentuh lantai sebelum kembali mengangkat badan. Lakukan gerakan ini selama 30 kali dalam satu sesi dan ulangi gerakan ini minimal satu hari sekali.

Editors' Picks

2. Corkscrew

2. Corkscrew
verywellfit.com

Mama yang baru saja melahirkan bisa melakukan gerakan corkscrew. Gerakan ini mampu mengencangkan otot perut yang kendur pasca melahirkan.

Ikuti cara berikut:

  • Baringkan badan dengan posisi kaki terangkat, kemudian tekuk lutut sedikit. Posisikan kedua tangan disamping badan.
  • Gunakan otot perut bawah untuk mengangkat pinggul sambil memutarnya ke sisi kanan. Tahan 3 detik kemudian kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali dalam satu sesi.

3. Crunches

3. Crunches
fitday.com

Crunches merupakan salah satu gerakan yang paling efektif membakar lemak perut.

Ikuti cara berikut:

  • Berbaringlah dengan keadaan kaki ditekuk membentuk sudut 90 derajat serta letakkan tangan di belakang kepala.
  • Kemudian angkat kepala dan bagian atas tubuh. Namun ingat, jangan menekuk leher dan kepala. Gunakan otot perut untuk menarik dan otot punggung untuk mendorong tubuh.
  • Atur nafas saat melakukan gerakan ini. Lakukan crunches selama 8 hingga 10 kali dalam satu sesi.

4. Side plank

4. Side plank
popsugar.com

Gerakan side plank berguna untuk melatih otot perut bagian samping, paha dan pinggul.

Ikuti cara berikut:

  • Berbaringlah pada sisi kiri tubuh dengan posisi tangan kiri menahan beban tubuh.
  • Letakkan tangan kanan di pinggang, lalu angkat pinggul ke atas. Tahan gerakan ini hingga 30-45 detik. Ulangi gerakan 10-15 kali dalam satu sesi.

Gerakannya mudah bukan, Ma? Sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk menolak olahraga. Mama bisa melakukannya kapan pun dan dimana pun tanpa memerlukan perlengkapan olahraga khusus.

Gerakan-gerakan olahraga mengecilkan perut tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin, minimal seminggu tiga kali demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk