Dapatkan 5 Manfaat Berendam di Kolam Jacuzzi yang Baik untuk Tubuh

Kamu lagi stres? Berendam di kolam jacuzzi bisa jadi solusi tepat lho

3 Januari 2019

Dapatkan 5 Manfaat Berendam Kolam Jacuzzi Baik Tubuh
Nikitabuida / Freepik

Berendam dalam jacuzzi memang sangatlah menyenangkan bukan? Ya, kolam jacuzzi adalah sebuah kolam berukuran kecil dengan aliran air hangat dan air rattor pada dasar kolam jacuzzi memberikan sensasi pijatan telapak kaki.

Air panas yang berputar-putar di dalam kolam spa modern itu membuat tubuh kamu jadi lebih ringan dan tentunya selain itu membuat kamu merasa lebih tenang.

Bahkan kolam mini tersebut juga membuat semua rasa pegal dan lelah pada diri kamu akan hilang.

Hmm, berbicara mengenai air kolam hangat pastinya sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan dalam sejarahnya berendam menggunakan air hangat memang sudah dimanfaatkan sejak dahulu lho.

Nah, simak yuk ulasan lengkapnya. Berikut Popmama.com sebutkan 5 manfaat kesehatan dari berendam di jacuzzi.

1. Melemaskan otot

1. Melemaskan otot
Pexels/Bruce Mars

Setelah beraktivitas seharian, pastinya badanmu terasa tegang telah terkuras tenaganya. Nah, dengan solusi berendam di kolam jacuzzi dapat melemaskan otot-otot dan merelaksasi tubuh, fungsi dari air panasnya dapat menembus jauh ke dalam otot-ototmu.

Selain itu kecepatan air dengan tekanan hidrostatik di kolam spa modern memberikan semacam pelatihan resistensi, sehingga memperkuat otot-ototmu.

Sedangkan air panas jacuzzi bekerja melemaskan otot, sementara mineral yang terkandung di dalamnya juga berkontribusi dalam penyembuhan psikologis.

2. Mengurangi radang sendi

2. Mengurangi radang sendi
Pexels/Buenosia Carol

Tahukah kamu? Sesi yang diberikan dari berendam di kolam spa modern ini akan memberikan kehangatan, pijatan, dan daya apung alami air memiliki sebanyak 90 persen dari berat badanmu yang bisa mengurangi tekanan pada sendi.

Sebagian orang yang menderita arthritis karena usia, maka berendam dalam jacuzzi dapat mengurangi rasa sakit radang sendi. Jadi metode penyembuhan dengan cara berendam di kolam jacuzzi terbilang cukup efektif bukan? 

Editors' Picks

3. Meningkatkan aliran darah

3. Meningkatkan aliran darah
Freepik

Ketika tubuh kamu menyerap panas, itu artinya mengalami beberapa perubahan fisiologis seperti mulai pemanasan dan peningkatan aliran darah.

Saat kamu berendam dalam aliran air hangat jacuzzi, sirkulasi darahmu akan menjadi lebih lancar karena pembuluh darah jadi sedikit melebar.

Aliran darah yang baik itulah membuat suplai oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh menjadi lebih cepat, sehingga membuat tubuhmu menjadi tercukupi terhadap kebutuhan bahan bakar.

4. Mengontrol diabetes

4. Mengontrol diabetes
Freepik

Kamu memiliki diabetes mellitus tipe 2 dan selalu membutuhkan suntik insulin untuk menurunkan kadar gula darah? Tenang, solusi yang tepat adalah berendam di jacuzzi kurang lebih 30 menit sehari dan selama enam kali seminggu.

Hal yang harus kamu ketahui yaitu faktor apung oleh air kolam jacuzzi-lah berperan mengontrol diabetes dan menurunkan berat badan pada seseorang.

Jadi kamu yang juga sedang menjalankan program diet, berat badanmu bisa berkurang jika terbiasa berendam dalam air hangat di kolam spa modern tersebut.

5. Membuat tidur lebih berkualitas

5. Membuat tidur lebih berkualitas
Rawpixel

Jika kamu yang merasa sulit tidur, jangan sedih. Dengan kamu berendam dalam air panas di kolam jacuzzi minimal selama 15 menit sebelum tidur, maka itu jawabannya.

Di mana thermostat internal dapat menurunkan suhu tubuhmu dan ketika saat mandi selesai suhu tubuh akan mendingin. Proses pendinginan inilah yang bisa membantu tubuh lebih rileks dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Selain itu juga tidurmu akan lebih berkualitas jika kamu sering berendam dalam kolam mini tersebut. Semua masalah tidur yang kamu derita akan teratasi deh.

Itulah 5 manfaat  berendam di kolam jacuzzi. Apakah kamu tertarik untuk berendam dalam jacuzzi yang hangat dan super rileks?