Ini Dia Manfaat Serabut Putih dan Kulit Buah Jeruk untuk Kesehatan

Kamu pernah buang bagian serabut putih buah jeruk?

22 Desember 2018

Ini Dia Manfaat Serabut Putih Kulit Buah Jeruk Kesehatan
Pexels/Pixabay

Jeruk menjadi salah satu buah paling disukai hampir semua orang karena rasa dan aromanya yang khas. Tak hanya itu, Vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Hanya saja sebagian orang bukan tidak hanya mengupas kulit buahnya, tapi sering kali membuang serabut putih yang menempel pada daging buah jeruknya. 

Padahal bagian serabut putih yang berfungsi sebagai pelindung dalam buah jeruk dan disebut dengan albedo itu juga mempunyai segudang manfaat. 

Bahkan kulit buah berwarna oranye ini pun mengandung lebih banyak fitonutrien dan flavonoid dari daging buah jeruknya lho.

Nah, daripada penasaran mending simak ulasannya. Berikut Popmama.com sajikan manfaat serabut putih dan kulit buah jeruk yang baik untuk tubuh:

1. Serabut putih jeruk sumber vitamin C

1. Serabut putih jeruk sumber vitamin C
Pexels/Pixabay

Tahukah kamu? Kandungan vitamin C pada daging buah sama dengan vitamin C pada serabut putih. Otomatis konsumsi daging buah bersama serabut putihnya akan menambah asupan vitamin C untuk tubuh kamu.

Apabila terpenuhinya vitamin C di dalam tubuhmu, maka akan memberikan banyak manfaat. Di mana vitamin C tersebut membantu menjaga kesehatan kulit dengan melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari maupun polusi.

2. Serabut putih jeruk kaya akan serat

2. Serabut putih jeruk kaya akan serat
Pexels/Pixabay

Serat pada buah jeruk tidak berada pada seluruh bagian buah. Pada bagian serabut putih jeruk ternyata mengandung serat yang tinggi.

Jika kamu mengonsumsi dengan menghilangkan serabut putihnya, serat pun akan berkurang. Saat kamu membuang serabut tersebut yang mana akan mengurangi kandungan serat hingga 30 persen.

Selain itu serabut putih ini sebenarnya mengandung pektin. Pektinlah yang bermanfaat untuk mengobati diare dan mengontrol kadar kolesterol darah dalam tubuh kamu.

Editors' Picks

3. Serabut putih jeruk banyak mengandung antioksidan

3. Serabut putih jeruk banyak mengandung antioksidan
Rawpixel/McKinsey

Yang harus kamu ketahui, bahwa salah satu jenis antioksidan seperti flavonoid jumlahnya berlimpah dalam serabut putih pada jeruk.

Kandungan tersebut memberikan peningkatan sistem imun tubuh, anti inflamasi atau peradangan dan antimikrobial.

Selain itu nih, juga ada 2 jenis flavonoid yang hadir di dalam serabut putih jeruk, yaitu naringen dan hisperidin.

Naringen pun dipercaya sebagai zat yang dapat mengurangi lonjakan gula darah. Dengan memakan buah jeruk lengkap dengan serabut putihnya ternyata sangat baik untuk orang yang mengalami diabetes.

Sedangkan jenis flavonoid hisperidin sebuah zat yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi, membantu perbaikan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

4. Kulit jeruk dapat menurunkan berat badan

4. Kulit jeruk dapat menurunkan berat badan
Pexels/Public Domain Pictures

Dalam proses dietmu, coba deh mulai sekarang kamu beralih memanfaatkan kukit jeruk.

Nah, ubahlah kopi atau soda yang sering kamu konsumsi dengan teh kulit jeruk. Caranya mudah, terlebih dahulu keringkan beberapa kulit jeruk organik, di tempat sejuk serta kering. Masukan 1 sendok makan kulit kering dalam air panas di dalam cangkirmu. Tutup gelas dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu buang kulitnya, lalu masukkan beberapa sendok madu.

Minumlah 2 cangkir teh per hari secara teratur ya. 

5. Kulit jeruk bisa memutihkan gigi

5. Kulit jeruk bisa memutihkan gigi
Pexels/Bruce Mars

Menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan warna kuning pada gigi adalah langkah yang tepat.

Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene bisa membantu mengurangi warna kuning pada gigimu.

Kamu cukup gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi selama 2-3 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan kegiatan ini dengan rutin dua kali sehari, maka gigi kamu akan kembali memutih.

Demikianlah manfaat hebat dari serabit putih dan kulit dari buah jeruk bagi kesehatan tubuh.