Amlodipine: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dan Harga

Yuk, ketahui obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi

7 Oktober 2021

Amlodipine Manfaat, Dosis, Efek Samping, Harga
Dok. Website Resmi OGB Dexa

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah berada di angka 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini terjadi akibat adanya sebuah tekanan darah terhadap dinding arteri tubuh, yang menyebabkan tekanan darah semakin tinggi.

Selain itu, penyakit hipertensi juga bisa menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan yang bisa mengancam nyawa, seperti penyakit jantung, masalah ginjal, stroke, bahkan kematian.

Untuk mengatasi hal itu, saat ini sudah banyak obat tersedia untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa mengurangi risiko dari berbagai komplikasi kesehatan. Namun, Mama hanya bisa mendapatkannya jika sudah memiliki resep dan anjuran dari dokter saja.

Salah satunya, Amlodipine yang bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan juga mengurangi risiko terkena serangan jantung, masalah ginjal, hingga stroke.

Lebih lengkapnya, berikut Popmama.com rangkum informasinya di bawah ini.

1. Apa itu obat Amlodipine?

1. Apa itu obat Amlodipine
Tokopedia.com

Amlodipine adalah jenis obat yang bisa digunakan untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan dalam pengobatan nyeri dada akibat penyakit jantung koroner (angina pektoris).

Termasuk ke dalam golongan obat calcium-channel blockers (CCBs) atau antagonis kalsium. Obat ini juga bekerja untuk membantu melemaskan otot pembuluh darah. 

Obat ini terbagi menjadi 2 dosis yang berbeda, yaitu 5 mg dan 10 mg yang tentunya memiliki manfaat yang sama, namun berbeda dosis tergantung dari berat penyakit atau kondisi pada pasien.

Editors' Picks

2. Manfaat dari mengonsumsi obat Amlodipine untuk penderita hipertensi

2. Manfaat dari mengonsumsi obat Amlodipine penderita hipertensi
Freepik

Obat ini merupakan obat yang boleh dikonsumsi apabila sudah mendapatkan anjuran atau resep dari dokter saja. Tentu obat ini juga hanya dianjurkan untuk pasien penderita penyakit hipertensi dan tidak bisa sembarangan dikonsumsi oleh orang.

Amlodipine diindikasikan memiliki manfaat yang bisa digunakan sebagai terapi hipertensi dan dapat digunakan sebagai pengontrol tekanan darah dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mencegah timbulnya rasa nyeri pada bagian dada.

Selain itu, obat ini juga bisa menurunkan frekuensi serangan angina yaitu nyeri dada akibat penyakit jantung koroner.

3. Dosis serta aturan pakai dalam mengonsumsi Amlodipine

3. Dosis serta aturan pakai dalam mengonsumsi Amlodipine
Pexels/JESHOOTS.com

Obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan dan harus melalui resep dokter sebelum mengonsumsinya. Selain itu, sebelum mengonsumsi perhatikan kembali dosis yang tertera di dalam kemasan.

Berikut adalah dosis dan aturan pakai obat Amlodipine untuk penderita penyakit hipertensi:

  • Dewasa: 5–10 mg per hari.
  • Untuk anak usia 6-17 tahun: 2,5-5 mg per hari.

Obat ini boleh dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Selain itu, obat ini juga lebih dianjurkan untuk diminum pada pagi hari. Dan perlu diingat, jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Efek samping yang bisa disebabkan dari mengonsumsi obat ini

4. Efek samping bisa disebabkan dari mengonsumsi obat ini
Freepik/wayhomestudio

Tentu setiap obat dengan jenis dan golongan apapun pastinya memiliki efek samping apabila dikonsumsi tidak sesuai dengan anjuran yang tersedia dalam kemasan atau karena memiliki alergi pada obat tertentu, terutama pada obat Amlodipine ini.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah minum obat ini adalah:

  • Sakit kepala
  • Jantung berdebar
  • Edema
  • Lelah
  • Mual
  • Pusing

Efek samping obat ini mungkin berbeda-beda pada setiap pasien, tergantung berat penyakitnya. Jadi, tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Oleh karena itu, obat ini hanya boleh dikonsumsi apabila sudah mendapatkan anjuran atau resep dari dokter saja.

5. Harga dan aturan sebelum membeli obat Amlodipine

5. Harga aturan sebelum membeli obat Amlodipine
Pexels/Pixabay account

Untuk membeli obat ini, Mama hanya bisa membelinya di apotek terdekat atau e-commerce dengan menggunakan resep dari dokter.

Untuk harganya yaitu mulai dari Rp 5.100 - Rp 35.000 per strip sesuai dengan berat dosis yang dipilih antara 5 mg atau 10 mg.

Nah, itulah penjelasan lengkapnya terkait obat Amlodipine. Jangan lupa untuk cek dan konsultasikan dosis dan cara penggunaan yang tepat agar mendapatkan dosis yang dibutuhkan.

Semoga informasi ini membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.