TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Cara Menjaga Kesehatan Dalam Menghadapi Perubahan Iklim

Cuaca tak menentu membuat kondisi tubuh rentan sakit

24 Juni 2022

6 Cara Menjaga Kesehatan Dalam Menghadapi Perubahan Iklim
Pexels/Gustavo Fring

Selain ancaman penularan Covid-19 yang belakangan ini kembali melonjak, kita juga dihadapkan dengan perubahan iklim yang mengakibatkan terjadinya cuaca yang tak menentu. Jika biasanya di bulan Juni pulau Jawa berada dalam musim kemarau, namun saat ini justru terkadang dihadapkan dengan hujan badai.

Perubahan iklim yang menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem tentu memberi dampak pada kondisi kesehatan. Anggota keluarga yang rentan terutama anak-anak akan mudah mengalami pilek, batuk, alergi, dan keluhan penyakit lainnya.

Meskipun begitu, penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah lho. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan yang Popmama.com rangkum dari berbagai sumber. Simak yuk!

1. Konsumsi buah dan sayuran agar tubuh tetap sehat

1. Konsumsi buah sayuran agar tubuh tetap sehat
Pexels/Jane D.

Jagalah pola makan dengan memperhatikan asupan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar agar Mama dan anggota keluarga tetap bugar dalam menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Untuk memenuhi kebutuhan protein disarankan konsumsi daging tanpa lemak, ikan, telur dan dan kacang-kacangan agar tubuh tetap kuat.

Hindari konsumsi junkfood dan olahan makanan kaleng yang dapat memicu alergi serta masalah kesehatan lainnya.

2. Penuhi kebutuhan tubuh akan cairan agar tubuh tetap terhidrasi

2. Penuhi kebutuhan tubuh akan cairan agar tubuh tetap terhidrasi
unsplash.com

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting dalam setiap musim. Tidak peduli seperti apa cuacanya, hujan atau pun dalam musim kemarau. Untuk itu minum banyak air untuk memenuhi kebutuhan cairan. Minum air selain menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, juga membantu sistem organ tubuh membuang racun dan tubuh tetap sehat.

Kandungan mineral dalam air juga dapat meningkatkan energi pada otot-otot serta metabolisme tubuh. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh akan memiliki sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang sakit. Mama juga bisa menambahkan madu pada air minum untuk melegakan tenggorokan dan tentu juga membantu dalam menyerap nutrisi.

Selain menjaga asupan cairan dengan rajin minum air, kebutuhan cairan juga dapat diperoleh melalui konsumsi air kelapa, jus buah segar, minuman teh dan sup.

Editors' Picks

3. Olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari untuk menjaga kebugaran tubuh

3. Olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari menjaga kebugaran tubuh
Freepik/ivandan

Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan membantu menjaga kesehatan sendi sehingga mengurangi kemungkinan masalah persendian dengan adanya perubah iklim. Cobalah olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya dengan teratur dan hirup udara segar setiap paginya.

Jika tidak memungkinkan olahraga di luar ruangan dan kondisi udara di lingkungan sedang buruk, dapat melakukannya di dalam ruangan. Mama dan keluarga bisa melakukan jalan santai atau berenang dan melakukan gym sederhana.

Olahraga juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi stress lho sehingga kita tidak gampang terkena penyakit dalam cuaca yang tak menentu ini.

4. Hindari tidur terlalu malam dan jaga kualitas tidur dengan baik

4. Hindari tidur terlalu malam jaga kualitas tidur baik
Freepik/jcomp

Tidur yang cukup memungkinkan tubuh dan pikiran akan rileks sehingga dapat membantu melawan penyakit. Perubahan iklim dapat menyebabkan stres yang menyebabkan kelelahan sehingga rentan mengalami sakit.

Tidurlah dan istirahat dengan cukup sesuai kebutuhan dapat membantu dalam mengatasi masalah kesehatan selama perubahan cuaca yang tidak stabil ini.

Tidur yang cukup meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat merasa segar dan berenergi dalam setiap aktivitas.

Untuk itu hindari bergadang atau tidur terlalu larut malam. Tidur selama 7-8 jam setiap harinya agar siap menjalankan aktivitas esok harinya dengan tubuh yang segar dan sehat.

5. Menjaga kebersihan badan dan berpakaian dengan benar

5. Menjaga kebersihan badan berpakaian benar
Pexels/Sarah Chai

Jaga kebersihan badan agar tidak membawa kuman dan virus bagi anggota keluarga lainnya. Untuk itu mandi ketika pulang beraktivitas di luar rumah agar terhindar dari berbagai penyakit. Selain mandi, jangan lupa cuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan.  

Selain menjaga kebersihan diri, perhatikan cara berpakaian yang benar sesuai dengan cuaca. Saat cuaca tidak stabil seperti saat ini, metabolisme regulasi tubuh tanpa sadar juga berubah sehingga rentan terjadi penyakit. Untuk itu perlu menjaga kebersihan dalam berpakaian dan gunakan pakaian yang nyaman.

6. Menerapkan protokol kesehatan dalam setiap beraktivitas

6. Menerapkan protokol kesehatan dalam setiap beraktivitas
Freepik/prostooleh

Kita belum sepenuhnya terbebas dari penularan Covid-19, apalagi belakangan ini terjadi lonjakan kasus. Meskipun sudah ada pelonggaran prokes bukan berarti Mama dan keluarga abai untuk tidak lagi menggunakan masker.

Tetap gunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan, juga ketika mengalami flu dan batuk, jaga jarak dan rajin cuci tangan. Selain memperhatikan risiko terhindar dari penularan penyakit, juga perlu menghindar risiko menularkan diri kepada orang lain jika sedang mengalami sakit seperti flu dan batuk.

Itulah beberapa referensi yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan keluarga dalam kondisi perubahan iklim saat ini. Hal tersebut dapat mencegah risiko terkena berbagai penyakit. Jaga kesehatan dengan baik, ya Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk