Bikin Kue Lebaran, Ini 5 Bahan Pengganti Mentega yang Lebih Sehat

Kue lebaran jadi sedikit berkurang nih kalorinya, asal makannya nggak satu toples ya

30 April 2021

Bikin Kue Lebaran, Ini 5 Bahan Pengganti Mentega Lebih Sehat
Unsplash/Sorin Gheorghita

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Salah satunya dengan mengganti bahan makanan ke pilihan yang lebih sehat. 

Meski terasa enak dan nikmat, namun kamu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kue Lebaran. Ini karena, banyak kandungan gula dan lemak di dalamnya.

Jika berencana membuatnya sendiri dengan versi yang lebih sehat, Mama bisa mengganti beberapa bahannya. Salah satunya adalah mengganti mentega dengan bahan yang lebih sehat. 

Dirangkum Popmama.com, inilah bahan pengganti mentega yang lebih sehat. 

1. Greek yoghurt untuk roti dan kue

1. Greek yoghurt roti kue
Freepik/Racool_studio

Ada banyak jenis yoghurt yang bisa dipilih dan untuk membuat kue, pilihan jatuh pada greek yoghurt. Ini adalah bahan berbasis susu yang baik untuk ditambahkan ke resep kue sebagai pengganti mentega. 

Dalam 8 ons greek yoghurt, terdapat 20 gr protein, 190 kalori, dan 9 gr lemak. Sedangkan angka tersebut akan lebih tinggi jika menggunakan mentega. 

Kamu bisa mendapatkan kelembutan dan struktur yang baik di roti dan kue saat menggunakan greek yoghurt sebagai pengganti mentega. Rasionya adalah 1/2 cangkir greek yoghurt setara dengan 1 cangkir mentega.

Editors' Picks

2. Minyak kelapa untuk kandungan lemak baik

2. Minyak kelapa kandungan lemak baik
nutrition.org.uk

Minyak kelapa juga bisa menjadi pengganti mentega, namun pilih minyak kelapa yang murni, ya. 

Untuk rasio penggunaannya, 1 gr minyak kelapa sama dengan 1 gr mentega. Meski sama-sama memiliki lemak, namun kandungan lemak minyak kelapa lebih baik dibanding lemak mentega. 

3. Minyak zaitun untuk kue kacang dan buah

3. Minyak zaitun kue kacang buah
Freepik/racool_studio

Minyak zaitun memiliki kandungan yang jauh lebih baik dari mentega. Bahan ini bisa mengurangi kandungan lemak jahat, kolesterol, dan natrium yang ada di mentega. 

Sedangkan peruntukannya, minyak zaitun akan cocok untuk kue yang mengandung buah atau kacang, dan kue yang memiliki rasa gurih. 

Rasionya, untuk menggantikan 1 cangkir mentega, kamu perlu 3/4 cangkir minyak zaitun. 

4. Alpukat bisa juga untuk menambah warna 

4. Alpukat bisa juga menambah warna 
Freepik/dashu83

Kandungan nutrisi yang menyehatkan seperti vitamin K, kalium, dan lemak sehat yang ada di alpukat membuat buah ini menjadi pengganti mentega yang sempurna. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa memilih alpukat yang sudah benar-benar matang sehingga tidak ada rasa getir di dalamnya. Untuk 1 gr alpukat setara dengan 1 gr mentega. 

Selain itu, warna alami hijau di alpukat bisa menambah warna di dalam kue buatanmu. 

5. Saus apel sekaligus menambah rasa manis

5. Saus apel sekaligus menambah rasa manis
Freepik
apple sauce

Kamu ingin mengganti mentega dan gula sekaligus? Gunakan saus apel. Caranya, haluskan apel dan kemudian masak sampai matang. Saus apel pun siap menjadi bahan pengganti mentega. 

1 Gr mentega setara dengan 1 gr saus apel. Selain itu, saus apel juga bisa menambahkan rasa manis dalam kue kamu. Jadi, bisa kurangi gula dan cukup menggunakan saus apel. 

Meski sudah dimasak, saus apel tetap mengandung serat sehingga secara tak langsung, kue kamu lebih sehat. Wah, keren banget!

Itu dia beberapa bahan makanan yang bisa dipilih sebagai pengganti mentega di sesi pembuatan kue Lebaran kali ini. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.