5 Cara Mengatasi Sakit Perut saat Mens Hari Pertama

Kompres dengan air hangat atau memijat dengan minyak esensial

16 Oktober 2021

5 Cara Mengatasi Sakit Perut saat Mens Hari Pertama
Freepik/diana.grytsku

Kram perut atau sakit perut saat mens hari pertama adalah sebuah keadaan yang dialami banyak perempuan. Namun tenang, Popmama.com punya cara mengatasinya.

Meski ada saja perempuan yang tidak merasakan nyeri perut saat hari pertama mens, namun kebanyakan malah merasakan hal tersebut. Ini dikarenakan kontraksi otot rahim yang dipicu oleh peningkatan hormon prostaglandin. 

Rasa sakitnya pun bervariasi. Ada yang biasa saja cenderung ringan, namun ada juga yang parah. Jika begitu parah, bisa sampai muntah atau malah pingsan. 

Untuk itu, inilah cara mengatasi dan mengurangi rasa sakit perut atau kram perut saat mens hari pertama.

1. Mengompres perut dengan air hangat

1. Mengompres perut air hangat
Freepik/Rawpixel.com

Salah satu cara termudah dan ternyaman untuk mengurangi rasa sakit perut pada mens hari pertama adalah mengompres perut dengan air hangat. 

Kamu bisa mencari wadah seperti botol yang diisi dengan air panas. Setelahnya, tempelkan di area perut dan sakit perut pun perlahan menghilang. 

Panas itu bisa mengendurkan otot dan meredakan kram perut. Selain itu, panas dari botol tersebut bisa membantu otot rahim dan organ di sekitarnya jadi lebih rileks. 

Editors' Picks

2. Berolahraga ringan

2. Berolahraga ringan
freepik.com/boonsom

Meski rasanya tubuh sedang enggan bergerak, ternyata melakukan beberapa gerakan sederhana bisa membantu mengurangi rasa sakit perut. 

Mengajak tubuh bergerak bisa membantu meringankan rasa sakit. Melalui olahraga, tubuh kamu akan melepaskan endorfin yang mampu mengurangi rasa sakit yang sedang dialami. 

Beberapa contoh olahraganya adalah berjalan santai, pemanasan sederhana, atau melakukan yoga. 

3. Memijat area perut dan panggul 

3. Memijat area perut panggul 
Freepik

Selain mengusap-usap perut dan pinggul dengan lembut, kamu juga bisa memijatnya agar rasa sakitnya berkurang. Kamu bisa menggunakan minyak pijat, body lotion, atau minyak kelapa ke kulit agar proses pemijatan bisa lebih mudah. 

Caranya cukup pijat lembut area di atas perut dan panggul. Ini bisa membuat otot-otot di sekitarnya terasa lebih rileks. Dengan begitu rasa sakit perut pun bisa berkurang jauh. 

4. Melakukan terapi akupunktur

4. Melakukan terapi akupunktur
doctoroz.com

Menurut penelitian dari PLOS One, disebutkan bahwa akupunktur mampu meredakan kram perut saat menstruasi. Saat melakukan akupunktur, hormon endorfin terlepas dan secara alami mengurangi rasa sakit perut yang tengah dirasakan. 

Selain itu, terapi akupunktur juga bisa membantu mengurangi peradangan dan membantu kamu merasa lebih rileks. 

5. Menggunakan minyak esensial

5. Menggunakan minyak esensial
Freepik

Saat ini, sudah banyak Mama yang kenal dengan minyak esensial. Tak hanya untuk pewangi, namun juga berguna untuk lainnya. 

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information, kelompok perempuan yang dipijat dengan minyak esensial merasa lebih lega dan tidak merasakan kram perut saat mens hari pertama. 

Beberapa minyak esensial yang bisa dipilih adalah kayu manis, cengkeh, lavender, dan mawar. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit perut saat mens hari pertama. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.