Hati-Hati, Tersedak Akibat Minum Air Putih Bisa Sebabkan Kematian

Jangan dianggap sepele, ya

17 Juni 2021

Hati-Hati, Tersedak Akibat Minum Air Putih Bisa Sebabkan Kematian
Freepik

Tersedak memang bisa saja jadi hal yang fatal. Tak hanya untuk anak-anak, ini juga bisa berbahaya bagi orang dewasa. 

Seringnya, tersedak karena makanan akan bisa jadi bahaya. Padahal, tersedak karena minum air putih bisa juga sangat berbahaya, bahkan bisa berakhir pada kematian. 

Popmama.com merangkumkan sebab dan akibat dari bagaimana tersedak air putih bisa berakhir pada kematian. 

1. Pengertian tersedak

1. Pengertian tersedak
Freepik

Tersedak adalah kejadian di mana tersumbatnya batang tenggorok (trachea) oleh benda asing, muntah atau cairan lain, termasuk air putih. 

Gejalanya antara lain, tidak bisa bicara atau menjerit, wajah jadi membiru karena kekurangan oksigen. Selain itu, penderita tersedak seperti tercekik sesuatu, serta batk dan pernapasan yang dipaksakan terdengar seperti sesuatu hempasan. 

Kenapa bisa tersedak? Ini dikarenakan air atau makanan masuk ke trachea. Padahal, trachea biasanya otomatis tertutup saat makan agar makanan dan minuman yang masuk bisa langsung menuju kerongkongan. 

Editors' Picks

2. Saat seperti inilah tersedak bisa terjadi

2. Saat seperti inilah tersedak bisa terjadi
Freepik/tutatama

Tersedak bisa terjadi karena keadaan tidak sadar akan proses makan atau minum. Selain itu, banyaknya alihan saat makan atau minum juga bisa jadi penyebab. 

Oleh karena itulah, tidak dianjurkan untuk makan dan minum sambil mengobrol atau tertawa karena tubuh bisa bingung dan menyebabkan makanan atau minuman masuk ke jalur yang salah. 

Selain itu, tidak diperbolehkan juga untuk makan atau minum dengan terburu-buru karena bisa berakhir dengan tersedak. 

3. Tersedak sampai menghambat jalur pernapasan bisa berakhir kematian

3. Tersedak sampai menghambat jalur pernapasan bisa berakhir kematian
mandr.shop

Salah satu tanda yang paling sering terlihat saat ada orang tersedak adalah reaksi mereka yang tidak bisa bernapas. Ini dikarenakan saluran pernapasan yang terhalang karena benda yang menyebabkan tersedak. 

Air putih pun bisa membuat halangan tersebut. Jika air masuk ke paru-paru, maka bisa menyebabkan keluhan sesak dan rasa sakit di dada. 

Bahkan jika terlalu banyak air yang menghambat pernapasan, bisa berakhir pada kematian. 

4. Waktu krusialnya adalah 4-6 jam

4. Waktu krusial adalah 4-6 jam
pixabay/F. Muhammad

Saat saluran pernapasan terhalang, otak akan jadi sensitif karena asupan oksigen yang berkurang. Lama-lama otak bisa mati dalam jangka wakt 4 sampai 6 jam. 

Oleh karena itulah, pentingnya melakukan pertolongan utama pada orang tersedak. Jika orang tersebut terlihat kepayahan dengan tersedaknya, bisa langsung berikan pertolongan pertama dengan melakukan teknik heimlich maneuver. 

Caranya, berdiri di belakang orang tersebut dan letakkan tangan di sekitar perut. Buatlah kepalan dengan satu tangan dan ibu jari berlawanan dengan perut. Sementara tangan lainnya menggenggam kepalan. 

Dengan gerakan tajam, tekan tangan ke atas dan ke dalam perut untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari tubuh orang yang tersedak. 

Jika tidak bisa juga, segera larikan ke rumah sakit agar segera dapat pertolongan secepatnya. 

5. Hindari memberikan air putih pada orang tersedak

5. Hindari memberikan air putih orang tersedak
Pexels/Stephan Müller

Tersedak adalah kondisi di mana ada sesuatu yang menghambat jalur pernapasan. Biasanya masuk melalui mulut dan terhenti di katup atau perbatasan antara saluran merah ke paru-paru dengan saluran yang mengarah ke lambung. 

Jika kasusnya tersedak di saluran yang menuju lambung, minum bisa malah membantu melegakan tersedak. Namun jika ternyata benda asing tersebut menuju saluran paru-paru, maka bisa memperparah keadaan. 

Yang terjadi selanjutnya adalah aspirasi atau tak bisa bernapas. Jika tidak langsung ditolong, bisa berakhir fatal bahkan sampai ke kematian. 

Alangkah pentingnya untuk makan dan minum dengan fokus. Tidak ada gangguan seperti sambil nonton, sambil ngobrol, atau sambil jalan. Duduk dengan tenang agar tubuh bisa bekerja dengan maksimal. 

Jika mengalami tersedak, sebaiknya tetap tenang dan meminta bantuan orang yang ada di sekitar untuk menolong dengan teknik di atas. Misal tersedak saat sedang sendiri, kamu bisa menggunakan kursi untuk jadi penyangga agar bisa membantu pertolongan keselamatan nyawa. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.