Ma, Ini 5 Cara Menghilangkan Goresan pada Kacamata

Bisa menggunakan soda kue atau pasta gigi

14 Maret 2021

Ma, Ini 5 Cara Menghilangkan Goresan Kacamata
Freepik

Kadang, ada saja kejadian yang membuat kacamata tergores. Popmama.com punya cara untuk menghilangkan goresan tanpa mengganti dengan lensa yang baru. 

Lensa kacamata yang ditaruh sembarangan sangat mungkin mengalami goresan-goresan tipis. Meski masih bisa digunakan, kadang goresan ini cukup mengganggu. 

Untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkannya, kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini. 

Apa saja caranya, ya?

1. Menggunakan soda kue

1. Menggunakan soda kue
Freepik/Rudoelena

Baking soda atau soda kue termasuk salah satu yang paling mudah dan efektif untuk memperbaiki goresan di lensa kacamata. 

Kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan air dan 1 sendok makan soda kue. Setelah diaduk rata, usapkan ke area lensa yang terdapat goresan. Setelahnya, bersihkan dengan air dan lap dengan kain microfiber

Untuk lensa plastik, kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 sendok teh cuka. Lakukan cara pembersihan seperti di atas. 

Editors' Picks

2. Cairan pembersih kaca mobil 

2. Cairan pembersih kaca mobil 
Freepik/ArthurHidden

Cairan pembersih kaca mobil tak hanya bisa membuat kaca mobil lebih bersih dan terang, namun bisa juga digunakan untuk kacamata. 

Kelebihannya adalah, cairan ini mampu menjaga kelembapan pada lensa kacamata. Lebih jauh lagi, cairan ini juga bisa membantu menghilangkan goresan tipis di lensa. 

Kamu bisa meneteskan sedikit cairannya ke dalam tisu dan mengusapnya dengan gerakan melingkar. Setelahnya, bilas dan lap dengan kain yang kering dan bersih. 

3. Cairan pembersih layar komputer

3. Cairan pembersih layar komputer
Freepik

Kamu yang punya cairan pembersih layar juga bisa menggunakannya untuk lensa kacamata. Selain mampu mengangkat debu dan noda yang membandel di layar, cairan ini juga mampu menghilangkan goresan tipis. 

Tuangkan sedikit cairan ke kain bersih atau tisu yang lembut. Kemudian usapkan perlahan sampai kira-kira lensa kembali terang dan jernih. 

4. Pasta gigi

4. Pasta gigi
Freepik/tatianakim

Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan goresan di lensa. Namun pastikan pasta giginya yang tidak mengandung abrasif, mint, gel, dan yang memutihkan. 

Kesemuanya itu bisa merusak lensa kacamata kamu. Jadi, pilih pasta gigi yang tepat, ya. Kamu bisa menggunakan pasta gigi anak yang lebih aman. 

Caranya, oleskan pasta gigi pada kapas dan usapkan ke lensa dengan gerakan memutar. Jika perlu, tekan sedikit lensa sambil terus melakukan gerakan memutar. 

Bilas dengan air dingin secara perlahan dan keringkan dengan lap microfiber. 

5. Cairan pencuci piring

5. Cairan pencuci piring
fablabairedale.org

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan cairan pencuci piring. Selain bisa menghilangkan goresan pada kacamata, cairan ini juga bisa menghilangkan noda-noda di lensa. 

Kamu bisa mengoleskan cairan di kapas atau tisu dan mengusapnya secara perlahan. Kemudian bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan lap bersih. 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan goresan kecil di lensa kacamata. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.