7 Makanan yang Lebih Tinggi Vitamin C Dibanding Jeruk

Sayur juga kaya vitamin C, Ma!

30 Agustus 2020

7 Makanan Lebih Tinggi Vitamin C Dibanding Jeruk
Pexels/Rawpixel.com

Vitamin C merupakan salah satu asupan penting untuk kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan, mampu menghilangkan racun dalam tubuh, dan mengurangi risiko kanker. 

Selain itu, bisa meningkatkan imunitas tubuh. Sangat penting untuk mencegah anak sakit. Jadi, banyak Mama yang ingin selalu memasukkan menu harian si Kecil dengan menu yang tinggi vitamin C.

Seringnya, jeruk dan sejenisnya jadi acuan jika ingin mencari buah atau sayur yang kaya akan vitamin C. Padahal masih banyak buah dan sayur lain yang tak kalah tinggi vitamin C. 

Bahkan makanan-makanan ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk. Penasaran?

Disusun Popmama.com, inilah 8 makanan yang kandungan vitamin C nya lebih tinggi dibanding jeruk.

1. Brokoli

1. Brokoli
unsplash.com/reinaldokevin

Selain kaya akan kandungan kalsium, sayur favorit anak-anak ini juga kaya akan vitamin C. Dalam 100 gram brokoli, terkandung 89,2 mg vitamin C. Sedangkan dalam 100 gram jeruk, hanya terkandung 49 mg vitamin C.

Banyak cara menyajikan brokoli ke dalam menu sehari-hari si Kecil agar ia menyerap cukup vitamin C. Namun pastikan untuk memasaknya sesuai aturan agar nutrisinya tetap terjaga, Ma. Usahakan untuk memasak brokoli antara 3-5 menit saja. 

2. Kembang kol

2. Kembang kol
Freepik

Memiliki tekstur yang mirip dengan brokoli, kali ini ada kembang kol yang ternyata mengandung vitamin C yang tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C kembang kol lebih tinggi dari brokoli. Setidaknya dalam 100 gram kembang kol, mengandung vitamin C sebanyak 96 mg. 

Kembang kol juga mengandung vitamin A, fosfor, protein, folat, be kompleks, kalium, dan kalsium. Wah, sehat juga ya, Ma!

Editors' Picks

3. Paprika

3. Paprika
Rawpixel

Jika si Kecil belum suka pedas, maka bisa mengganti cabai dengan paprika ya, Ma. Mama bisa memasukkan paprika ke dalam telur orak-arik si Kecil, atau ke dalam sayur harian dan saladnya.

Bayangkan saja, dalam 100 gram paprika mengandung 190 mg vitamin C! Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk sering-sering memasukkan paprika ke dalam menu harian si Kecil ya!

4. Stroberi

4. Stroberi
Freepik/xb100

Selanjutnya ada stroberi. Si merah imut yang memiliki rasa asam dan segar ini ternyata mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibanding jeruk. Dalam 100 gram stroberi, terkandung vitamin C sebesar 56,7 mg. 

5. Kiwi

5. Kiwi
Unsplash/Rawpixel

Untuk variasi buah yang kaya vitamin C, mungkin Mama bisa mulai melirik kiwi. Karena dalam 100 gram kiwi, terkadung 97,2 mg vitamin C. Wah!

Kiwi juga baik untuk jantung dan otot karena mengandung magnesium dan potasium. Selain itu, kiwi juga mengandung folat dan seng sehingga sangat baik bagi penderita anemia atau kurang darah.

Baca juga:

6. Jambu biji

6. Jambu biji
mtv.f

Selanjutnya ada jambu biji yang mengandung 87 mg vitamin C dalam setiap 100 gramya. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk mata.

7. Pepaya

7. Pepaya
Freepik/Mybona

Yang terakhir adalah pepaya. Dengan daging yang empuk dan rasa yang manis, rasanya jarang anak yang bisa menolak jika diberi buah pepaya. 

Lalu siapa sangka kalau buah yang satu ini juga tinggi vitamin C. Dalam 100 gram pepaya, terkandung 78 mg vitamin C.

Begitu banyak pilihan makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Jadi, jangan ragu untuk memeriahkan menu harian si kecil dengan aneka makanan sehat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.