Salah Satunya Mudah Emosi, Ini 5 Tanda Imun Tubuh Kamu Sedang Lemah

Salah satunya adalah mudah lelah

7 April 2021

Salah Satu Mudah Emosi, Ini 5 Tanda Imun Tubuh Kamu Sedang Lemah
Freepik/tirachardz

Imunitas tubuh adalah salah satu hal yang penting di waktu seperti ini.

Jika imun tubuh kuat, maka penyakit dan virus akan sulit mengambil alih tubuh. Sedangkan jika lemah, maka akan mudah sekali kamu terjangkit penyakit. 

Sebelum jatuh sakit, kamu bisa lho mencari tahu seperti apa tanda tubuh jika imun sedang lemah. 

Agar tidak kecolongan, Popmama.com akan memberikan tanda kalau imun kamu sedang lemah. 

1. Mudah terpicu emosi

1. Mudah terpicu emosi
Pexels/karlyukav

Menurut laporan dari American Psychological Association, stres dalam jangka panjang bisa berujung sakit dan melemahkan respon sistem kekebalan tubuh. 

Kamu yang mudah stres dan terpicu emosi dengan hal-hal kecil bisa lebih memerhatikan hal ini. Semakin lama kamu mengalami stres, maka semakin lama imun tubuh menjadi turun. 

Kenapa stress bisa berujung pada imun tubuh yang rendah? Ini karena stres bisa menurunkan limfosit tubuh, sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

Semakin rendah tingkat limfosit, maka semakin tinggi kamu berisiko terkena paparan penyakit dan virus. 

Editors' Picks

2. Sering terkena flu

2. Sering terkena flu
Freepik/prostooleh

Seseorang terserang flu adalah hal yang wajar. Dengan konsumsi makanan yang bergizi dan vitamin yang cukup, flu bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 sampai 10 hari. 

Namun jika setiap kali flu kamu perlu obat agar bisa sembuh, maka ini perlu diwaspadai. Berarti kamu tak punya imun tubuh cukup kuat untuk melawan virus flu. 

Apalagi jika flu seperti langganan untukmu. Terlalu sering terkena batuk dan flu merupakan tanda kamu punya imun tubuh yang lemah. 

3. Mengalami masalah pencernaan

3. Mengalami masalah pencernaan
Freepik/wayhomestudio

Sebuah fakta bahwa hampir 70% sistem imun ada di saluran pencernaan. Di dalam saluran pencernaan, ada bakteri dan mikroorganisme baik yang melindungi usus dari bakteri dan mampu mendukung sistem imun. 

Jika bakteri baik dalam usus berkurang, maka kamu bisa lebih mudah terkena peradangan kronis dan rentan terhadap virus. 

Jadi saat perut sering bermasalah seperti mengalami diare, kembung, atau sembelit, berarti tanda bahwa imun kamu sedang turun. Konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk mengembalikan tameng tubuh. 

4. Sering sariawan dan lama sembuh

4. Sering sariawan lama sembuh
Freepik/cookie_studio

Salah satu tanda bahwa imun tubuh sedang turun adalah jika kamu mengalami sariawan. Ini dikarenakan jamur candida albicans dan kuman di area rongga mulut bisa tumbuh lebih cepat saat imun sedang lemah. 

Terlebih lagi jika sariawan lama sembuhnya, maka ini bisa jadi tanda lainnya. Di mana tubuh bekerja untuk melindungi luka dengan menyalurkan darah yang kaya nutrisi ke luka untuk regenerasi kulit baru. 

Semakin lemah imun tubuh, maka semakin lama luka akan sembuh, termasuk di sariawan. 

5. Mudah merasa lelah

5. Mudah merasa lelah
Freepik/jcomp

Tak peduli berapa lama waktu kamu tidur dan beristirahat, namun kamu sering sekali merasa lelah. Bahkan, bangun tidur pagi pun sudah merasa kelelahan. 

Saat imun tubuh lemah, maka tingkat energi juga menurun. Ini disebabkan karena tubuh sedang menghemat energi agar bisa fokus menjaga imun tubuh. 

Jika mengalami beberapa gejala di atas, segera istirahat dengan cukup, makan makanan bergizi dan konsumsi vitamin dan suplemen jika diperlukan. Imun tubuh yang kuat menjadi tameng utama tubuh dari segala macam penyakit. 

Tetap sehat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.