5 Tips Hindari Berat Badan Naik saat Lebaran

Tahan minum manis dan olahraga dari sekarang

12 Mei 2021

5 Tips Hindari Berat Badan Naik saat Lebaran
Pexels/mentatdgt

Lebaran sebentar lagi dan hal yang ditakutkan bagi sebagian orang kembali datang. Aneka makanan yang lezat selama Lebaran jadi pemicu berat badan yang naik dan itu jadi mimpi buruk.

Memang tak bisa disalahkan, ada beberapa makanan yang hanya muncul saat Lebaran saja. Namun bukan berarti kamu bisa kalap dan menyesal di esok harinya. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu tidak mengalami kenaikan berat badan terlalu drastis saat Lebaran. 

Seperti apa? Berikut Popmama.com rangkum caranya.

1. Rutin berolahraga dari sebelum Lebaran

1. Rutin berolahraga dari sebelum Lebaran
Freepik/Racool_studio

Masih ada beberapa hari lagi, kamu bisa rutinkan berolahraga setiap hari. Tak perlu yang berlebihan, yang biasa saja pun tak masalah. 

Hal ini diperlukan untuk menjaga lemak tubuh. Malah, mengurangi lemak tubuh dan kalori berlebih sebelum menambahkannya saat Lebaran nanti. 

Namun, bukan berarti kamu boleh berhenti olahraga setelah Lebaran. Tetap aktif bergerak meski setelah Lebaran, ya!

Editors' Picks

2. Perbanyak minum air putih

2. Perbanyak minum air putih
Pexels/daria

Air putih bisa menyerap lemak dan garam dan membawanya keluar melalui sekresi. Kamu yang ingin makan beraneka menu Lebaran harus minum air putih secara berkala dan dengan jumlah yang cukup. 

Boleh saja minum manis atau yang berperisa, namun akan lebih baik lagi jika kamu memilih air putih. Karena minuman manis mengandung banyak gula dan itu menambah kalori di tubuh. 

3. Selingi dengan buah dan sayur

3. Selingi buah sayur
Freepik/Azerbaijan-stockers

Meski makanan Lebaran nikmat, namun pastikan untuk menyelingi dengan buah dan sayur. Biasanya, ada buah yang disajikan juga di meja makan. 

Jangan ragu untuk mengambilnya dan mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup. Jika ada buah yang sudah dijadikan menu seperti salad buah atau puding buah, itu juga bisa jadi pilihan. 

Namun akan lebih baik lagi jika mengonsumsi buah segar tanpa tambahan pemanis dan perasa lainnya sehingga tidak ada kalori tambahan yang masuk ke tubuh. 

4. Fokus ke menu utama

4. Fokus ke menu utama
Nona.my

Ada banyak sekali menu yang tersedia di meja makan saat Lebaran. Jika memang ingin sekali menjaga berat badan, maka lebih baik kamu memilih menu utama. 

Pilihlah menu yang jadi favorit kamu. Atau, pilih juga menu yang mungkin hanya muncul setahun sekali. 

Dengan begitu, kamu bisa mendapat kepuasan dengan menikmati makanan dan tidak merasa bersalah karena memang sudah menimbah menu yang akan dinikmati. 

Hindari mengambil kue terlalu banyak karena 3 nastar saja kalorinya setara dengan 1 piring nasi. Jadi, cerdas dalam memilah milih makanan, ya!

5. Makan seimbang setelah Lebaran

5. Makan seimbang setelah Lebaran
Freepik/freepic.diller

Banyak yang memutuskan untuk diet ketat setelah Lebaran. Padahal ini salah besar. Kamu perlu tetap makan seimbang meski telah makan banyak saat Hari Raya. 

Kamu bisa mengimbangi berat badan dengan melakukan olahraga yang lebih intens. Jangan lupa makan seimbang sehingga tubuh tidak kebingungan dan tetap mendapat nutrisi tepat setiap harinya. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan jika kamu ingin menjaga berat badan saat Lebaran. Tetap disiplin namun bisa menikmati menu khas Hari Raya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.