Benarkah Keluarga Milenial Lebih Ribet Soal Kesehatan Anak?

Mama tipe yang memerhatikan kesehatan anak nggak nih?

9 Januari 2019

Benarkah Keluarga Milenial Lebih Ribet Soal Kesehatan Anak
Freepik/Bearfotos

Ma, sadar nggak kalau kini banyak orangtua millennial yang mulai mengadopsi gaya hidup sehat? Ini terlihat dari kesadaran para orangtua terhadap segala bentuk kesehatan dari anak-anaknya. 

Dilansir dari nrchealth, 52 persen dari orangtua millennial yang telah menyatakan bahwa mereka memantau apa yang selalu dikonsumsi anak-anaknya setiap hari. Selain berusaha memberikan asupan sehat, banyak orangtua yang menginginkan rumah sakit atau pelayanan kesehatan berkualitas saat anak-anaknya sedang sakit. 

Untuk masalah rumah sakit atau pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan anak-anaknya, banyak orangtua millennial yang merasa nyaman mencari informasi di internet hingga media sosial.

Banyak sekali pertimbangan yang dibutuhkan, tak jarang dibutuhkan rekomendasi serta berbagai ulasan hanya untuk kebutuhan kesehatan anak.

Selain itu, keluarga milenial diketahui memiliki cukup banyak persyaratan sebelum memilih rumah sakit untuk anak-anaknya. 

Seolah perlu dipertimbangkan dengan matang sebelum benar-benar mengambil keputusan.

Berikut rangkuman dari Popmama.com mengenai tiga hal utama yang kerap menjadi komponen penting bagi orangtua millennial dalam memilih rumah sakit. 

1. Komunikasi 

1. Komunikasi 
pixnio.com

Setiap orang tentu ingin memiliki bentuk komunikasi yang baik, begitu pun dengan orangtua millennial. 

Banyak dari keluarga millennial, komunikasi menjadi salah satu hal terpenting khususnya mengenai masalah kesehatan si Kecil. 

Tak jarang orangtua millennial kerap memilih rumah sakit, puskesmas atau klinik yang memiliki komunikasi baik. Mulai dari dokter, perawat hingga staf di dalamnya perlu menghormati segala kebutuhan pasien termasuk si Kecil saat sedang sakit. 

Tanpa disadari, saat berada di lingkungan positif dengan bentuk komunikasi yang baik membantu anak-anak mendapatkan pembelajaran berharga. Terlebih saat diri mereka sedang sakit dan membutuhkan perawatan kesehatan terbaik. 

Baca juga: Ingat 7 Solusi Berikut Ketika Anak Mama Jatuh Sakit!

Baca juga: Cermati 7 Tanda Kalau Anak Sedang Sakit

Editors' Picks

2. Lingkungan 

2. Lingkungan 
children.bartshealth.nhs.uk

Orangtua yang berada di dalam keluarga millennial terkadang sangat memerhatikan setiap unsur untuk kesehatan anak-anaknya. 

Lingkungan rumah sakit atau puskemas pun menjadi komponen yang perlu diperhatikan saat membawa si Kecil berobat. 

Tak jarang ruang periksa anak atau ruang tunggu menjadi pilihan dari keluarga millennial, seperti permainan, buku, film anak, dinding warna-warni hingga segala bentuk furnitur lainnya.  

Saat mengharuskan si Kecil harus dirawat, setiap orangtua tentu menginginkan tempat yang aman dan nyaman ketika anaknya sedang sakit. Kondisi yang tenang tentu akan membuat anak-anak lebih fokus terhadap kesehatan dan membantunya cepat sembuh. 

Baca juga: Mama, Ini 8 Cara Merawat Anak Sakit di Rumah

Baca juga: Jangan Panik! Ini Dia 7 Tips Mengatasi GTM pada Anak yang Sedang Sakit

3. Kepribadian

3. Kepribadian
Freepik

Kepribadian dokter, perawat hingga staf kesehatan juga menjadi salah satu poin yang diperhatikan oleh keluarga millennial. 

Terkadang orangtua di keluarga milenial mencari wajah yang terkesan lucu, ramah, baik dan bahkan murah senyum saat menangani anak-anaknya. 

Banyak yang menginginkan seseorang yang merawat anaknya ketika sedang sakit penuh dengan empati dan penuh kasih sayang. Sehingga si Kecil selalu memercayai segala tindakan yang dilakukan dokter atau staf kesehatan lainnya. 

Inilah yang diharapkan oleh keluarga millennial terhadap lingkungan kesehatan. Segala pertimbangan yang dilakukan ini berguna agar anak-anak memiliki rasa percaya, terlebih terhadap segala penanganan medis yang dilakukan pihak kesehatan untuk kesembuhan penyakitnya.

Untuk Mama yang sedang mempersiapkan segala dana kesehatan anak-anak dan keluarga, ada baiknya untuk datang ke Indonesia Millennial Summit yang diadakan oleh IDN Media di pertengahan bulan Januari ini.     

Baca juga: Anak Mama Sakit? Segera Bawa ke Dokter jika Muncul 9 Gejala Ini

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!