Makanan Diet Golongan Darah A dan Jenis Olahraga yang Tepat

Ada yang sedang menjalani program diet golongan darah A?

27 Februari 2021

Makanan Diet Golongan Darah A Jenis Olahraga Tepat
Pexels/ Public Domain Pictures

Setiap perempuan yang ingin menurunkan berat badan pasti akan melakukan berbagai cara untuk diet, termasuk menerapkan diet golongan darah. Diet golongan darah ini menjadi salah satu jenis diet yang banyak diterapkan oleh masing-masing golongan darah dengan memiliki anjuran hingga pantangan makanan tertentu. 

Sebelum menerapkan diet golongan darah, kamu perlu mengetahui bahwa penggagas jenis diet ini dilakukan oleh Peter D'Adamo sebagai seorang dokter naturopati.

Sebagai seorang yang paham mengenai naturopati, dirinya meyakini bahwa diet golongan darah dapat memengaruhi sistem pencernaan. 

Namun, sebelum menjalani diet golongan darah ini ada baiknya untuk lebih diwaspadai jika diterapkan oleh penderita penyakit tertentu, seperti penyakit ginjal dan diabetes. 

Bicara mengenai diet golongan darah, kali ini Popmama.com akan membahas mengenai diet golongan darah A. Semoga bisa memberikan informasi baru untuk menurunkan berat badan menjadi lebih ideal ya, Ma! 

Editors' Picks

1. Makanan diet golongan darah A

1. Makanan diet golongan darah A
pixabay.com/jill111

Diet golongan darah A adalah tipe orang yang termasuk vegetarian, sehingga akan berusaha menurunkan berat badan dengan banyak mengonsumsi sayur-sayuran. Sebagai makanan utama, orang dengan golongan darah A yang penuh analisa dan kreatif ini akan lebih dianjurkan untuk mengonsumsi sayur, buah, kacang dan biji-bijian. 

Diet vegetarian yang dilakukan oleh orang dengan golongan darah A, cenderung kepada aturan untuk menghindari konsumsi daging merah, makanan berlemak serta seafood.

Perbanyaklah makanan yang mengandung karbohidrat seperti kentang ataupun nasi, makanlah dengan porsi sedikit namun lebih sering.  

Makanan yang bisa dikonsumsi saat melakukan diet golongan darah A

  • Salmon, mampu memberikan manfaat seperti membantu peredaran darah, sehingga sangat cocok untuk golongan darah A yang memiliki kekentalan darah tinggi. 
  • Brokoli, konsumsi sayuran ini dapat memenuhi kebutuhan kalsium, folat, zat besi hingga vitamin C.
  • Mangga, golongan darah A seringkali mudah terkena flu dan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, buah mangga dapat meningkatkan sistem imun.
  • Semangka, buah yang satu ini membantu agar golongan A tidak kehilangan cairan tubuh dan gula. 
  • Bayam, asupan termasuk sayuran dapat meningkatkan metabolisme golongan darah A. Fitonutrien pada sayuran hijau termasuk bayam mampu memberikan manfaat untuk peredaran darah lebih lancar. 
  • Pisang, buah yang satu ini cukup sering dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut. Tak jarang buah pisang mampu mengurangi pembentukan hormon stres dalam tubuh. 

Itulah beberapa lauk, sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi ketika melakukan diet golongan darah A. 

Larangan keras saat diet golongan darah A

Saat sedang menjalani diet golongan darah A hindari konsumsi beberapa hal berikut ini:

  • Gula,
  • kafein,
  • susu perah,
  • kacang merah,
  • kacang lima, 
  • minuman mengandung alkohol,
  • mayones
  • saus tomat,
  • minyak jagung.

Menghindari ini bertujuan agar mampu menjaga keseimbangan hormon stres. 

Minyak yang paling bagus digunakan untuk memasak saat melakukan diet golongan darah A yaitu minyak zaitun. 

Walau sedang menjalani diet, ketika sedang makan ada baiknya untuk mengonsumsi segala sesuatu secara perlahan-lahan. Kebiasaan ini tentu akan membantu usus dalam mencerna segala makanan yang masuk, apalagi orang dengan golongan darah A memiliki daya cerna yang rendah.

Baca juga: 5 Tips Memilih Asupan Tepat untuk Diet Golongan Darah B

2. Jenis arahan olahraga untuk diet golongan darah A 

2. Jenis arahan olahraga diet golongan darah A 
Freepik

Orang dengan golongan darah A cenderung memiliki permasalahan pada bagian usus, sehingga lebih sulit dalam mencerna protein. Selain itu, orang bergolongan darah A juga mampu mengalami masalah dengan hormon kortisol. Banyak di antara mereka yang cepat merasakan stres dan ketidakstabilan emosi kurang terkontrol. 

Selain memperketat jenis asupan makanan selama melakukan diet golongan darah A. Keseimbangan tubuh dengan berolahraga perlu dilakukan. 

Golongan darah A untuk menjaga kesehatan tubuhnya disarankan memilih olahraga yang lebih menenangkan dibanding olahraga ekstrim, contohnya seperti yoga, golf, senam pernapasan hingga melakukan meditasi. Tetaplah memilih jenis olahraga dengan gerakan-gerakan yang lembut. 

Jenis olahraga yang masih bersifat ringan ini dapat memberikan ketenangan serta menyeimbangkan tubuh agar tidak terlalu memproduksi banyak kortisol yang mampu menyebabkan stres. 

Selama menjalani diet golongan darah A, berolahragalah setidaknya 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30-40 menit agar kondisi tubuh tetap terjaga. 

3. Menghindari tingkat stres berlebihan

3. Menghindari tingkat stres berlebihan
Freepik/katemangostar

Dilansir dari Web MD, Peter D'Adamo kerap membahas mengenai gaya hidup sehat bagi diet golongan darah A mengatakan untuk sebisa mungkin untuk menghindari kondisi stres secara berlebihan. 

Dalam meminimalisir tingkat stres, Mama yang sedang menjalani diet golongan darah A perlu mengatur jadwal harian untuk bisa konsisten dalam mengelola tingkat stres agar tidak memuncak secara berlebihan. 

Selain itu, berusahalah untuk menanamkan sikap positif seperti lebih fokus meningkatkan kreativitas dan imajinasi diri agar bisa menghasilkan sebuah karya baru. Apalagi orang bergolongan darah A pada umumnya cukup sensitif, sehingga untuk membantu emosinya stabil bisa menggunakan jurnal sebagai wadah dalam menuliskan isi hati. 

Bila sering merasa stres saat berada di dalam keramaian, cobalah untuk sesekali mencari tempat yang tenang dan menjalani kegiatan-kegiatan menyenangkan. 

Perlu diingat tidak hanya fisik yang perlu dijaga saat sedang menjalani diet golongan darah A, namun kondisi mental juga memberikan efek tersendiri untuk tubuh. 

Tetap semangat menjalani diet golongan darah A ini ya, Ma!

Baca juga: Bisa Bikin Stres, 5 Tekanan Sosial Ini Sering Terjadi Pasca Persalinan

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.