Kompak! Titi Kamal & Christian Sugiono Utamakan Pola Hidup Bersih

Titi Kamal & Christian Sugiono terapkan hidup bersih ke kedua anaknya

16 Oktober 2019

Kompak Titi Kamal & Christian Sugiono Utamakan Pola Hidup Bersih
Popmama.com/Fx Dimas

Melihat fenomena semakin kuatnya kuman berevolusi, maka dibutuhkannya peran serta kerjasama orangtua untuk menerapkan perilaku sehat seperti cuci tangan pun perlu dilakukan secara konsisten. Perlu disadari bahwa perilaku sehat cuci tangan pakai sabun sejak dini dimulai dari lingkungan yang rumah, sehingga kebiasaan baik ini dapat diterapkan di mana pun si Kecil berada. 

Pentingnya peran orangtua juga menerapkan gaya hidup sehat pun dilakukan oleh Titi Kamal dan Christian Sugiono.

Arjuna Zayan Sugiono dan Kai Attar Sugiono mendapatkan bimbingan sejak dini untuk menjaga kesehatan diri mereka agar terhindar dari kuman penyakit. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita sekaligus  cara Titi Kamal dan Christian Sugiono dalam menerapkan pola hidup bersih sehat di keluarga, kali ini Popmama.com telah merangkum ceritanya. 

Semoga ini bisa menjadi inspirasi untuk keluarga ya, Ma!

Editors' Picks

1. Titi Kamal ingin kedua anaknya sehat dengan menerapkan gaya hidup bersih

1. Titi Kamal ingin kedua anak sehat menerapkan gaya hidup bersih
Popmama.com/Michael Andrew

Tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang perlu diperhatikan karena rentan memiliki risiko dalam menyebarkan bakteri serta penyakit. Maka dari itu perlu sekali membiasakan cuci tangan dengan bersih bahkan dapat diterapkan kepada anak-anak sedini mungkin. 

Sama seperti orangtua pada umumnya yang selalu menerapkan gaya hidup bersih, Titi Kamal ingin kedua anaknya sehat. 

“Sebagai seorang Mama, tentu saya ingin Juna dan Kai selalu sehat serta terhindar dari penyakit. Untuk itu, saya selalu menjaga asupan makanan mereka dan yang penting lagi adalah membiasakan kebiasaan sehat seperti cuci tangan pakai sabun dan menjaga kebersihan tubuh. Karena saya yakin mereka melakukan kebiasaan yang baik ini tanpa disuruh, saya menjadi merasa aman saat mereka berada di luar lingkungan rumah seperti sekolah. Saya merasa aman saat mengantar dia sekolah karena telah terlindungi dari kuman dan dapat mengikuti jadwal sekolah dengan baik dan secara penuh,” ujar Titi Kamal ketika ditemui di acara perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia 2019 di SDN Menteng, Jakarta Pusat.  

2. Titi Kamal selalu memberikan pelajaran yang seru soal mencuci tangan

2. Titi Kamal selalu memberikan pelajaran seru soal mencuci tangan
Popmama.com/Michael Andrew

Sebagai pasangan yang selalu terlihat harmonis, Titi Kamal dan Christian Sugiono memiliki ritual khusus dalam mementingkan gaya hidup sehat di rumah.

Untuk meningkatkan inisiatif kedua putranya, Titi Kamal berusaha mencari cara-cara yang menyenangkan agar anak tidak malas cuci tangan seperti diberikan pengertian melalui buku, story telling bahkan tayangan edukasi seru mengenai pentingnya mencuci tangan agar terhindar dari penyakit. 

"Kalau saya sedini mungkin menanamkan pada Juna untuk lebih memerhatikan gaya hidup sehat. Sekarang pelan-pelan Juna sudah terbiasa dan kadang dia sudah bisa mengingatkan adik atau temannya untuk selalu mencuci tangan," kata Titi Kamal. 

Titi Kamal pun mengatakan kalau gaya hidup sehat di rumah itu sangat penting sebagai awal pendidikan kebersihan untuk anak.

Dengan menjelaskan bahwa kuman dapat menyebabkan berbagai penyakit, kini Juna mulai sadar akan kesehatan dengan selalu menjaga kebersihan. 

"Kesadaran untuk hidup bersih dan sehat itu sangat penting dilakukan, tetapi nggak perlu sampai membatasi aktivitas anak yang sedang senang bereksplorasi," tambah Titi Kamal. 

3. Christian Sugiono bangga dengan istrinya karena selalu memberikan contoh yang baik di keluarga

3. Christian Sugiono bangga istri karena selalu memberikan contoh baik keluarga
Popmama.com/Fx Dimas

Kebersihan tangan yang kurang dijaga dengan baik untuk memicu risiko penyakit seperti hepatitis, impetigo, flu, diare, batuk, penyakit kulit hingga mata merah.

Apalagi kebiasaan anak yang seringkali memegang benda-benda asing tanpa mencuci tangan sebelum atau setelah makan bisa menyebabkan penyakit tertentu.  

Bagi Christian Sugiono, menanamkan pondasi untuk terbiasa cuci tangan di rumah sangat penting dilakukan dalam mendidik anak hidup bersih. 

“Anak itu tidak akan cepat mengerti hanya diberi pemahaman melalui perkataan, tetapi perlu diberikan contoh. Mengedukasi anak bisa lewat lagu atau media lain yang menyenangkan, bahkan suster di rumah pun diberikan pengarahan dalam menjaga hidup bersih agar kebiasaan tersebut juga menular ke anak-anak. Sekarang, kebiasaan baik menjaga kebersihan sudah dimiliki Juna hingga bisa turut mengingatkan adiknya,” ucap Christian Sugiono. 

“Saya bangga melihat Titi sebagai Mama yang selalu menempatkan kesehatan sebagai salah satu faktor terpenting bagi keluarga kami. Saya juga mengerti betapa pentingnya kerjasama dalam membangun kebiasaan baik dan sehat bagi anak-anak di rumah, sehingga dia akan membawa kebiasaan baik itu ke luar rumah. Lebih baik lagi dia akan menjadi contoh baik bagi teman-temannya. Tentu hal ini akan menambah kebanggaan tersendiri bagi kami,” kata Christian Sugiono. 

Jika Mama juga sedang menerapkan kebiasaan mencuci tangan di keluarga khususnya anak-anak, maka perlu sekali mengetahui beberapa langkah tepat seperti: 

  1. Gosok telapak tangan dengan sabun hingga berbusa. 
  2. Gosok sabun ke telapak punggung tangan di bagian kanan dan kiri agar keduanya bisa terus bersih dari kuman. 
  3. Gosok sabun ke sela-sela jemari untuk memastikan tidak ada kuman yang bersarang. 
  4. Bersihkan punggung jari dengan gerakan jari saling mengunci.
  5. Bersihkan jempol kanan dan kiri menggunakan jempol yang digosok secara memutar. 
  6. Bersihkan terus bagian ujung jari dengan gerakan menguncup. Pastikan untuk membersihkan sela-sela kuku agar terhindar dari kuman penyakit yang menurunkan kesehatan anak.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.