5 Kumpulan Doa Ketika Naik Pesawat agar Terhindar dari Ancaman Bahaya

Sebelum melakukan perjalanan udara, berikut doa dalam ajaran Islam saat naik pesawat

10 Januari 2021

5 Kumpulan Doa Ketika Naik Pesawat agar Terhindar dari Ancaman Bahaya
Pexels/Pixabay

Ketika ingin melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum atau pribadi, alangkah baiknya jika berdoa terlebih dahulu. 

Apabila Mama sekeluarga ingin melakukan perjalanan udara dengan pesawat, sempatkan waktu untuk sama-sama berdoa agar terus mendapatkan perlidungan dan terhindar dari berbagai ancaman bahaya. 

Sesuai dengan ajaran agama Islam, ada berbagai doa yang bisa dipanjatkan mulai dari saat keluar rumah dan sebelum naik pesawat. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa doa dalam ajaran agama Islam ketika ingin bepergian naik pesawat, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Doa saat keluar rumah dan ingin bepergian

1. Doa saat keluar rumah ingin bepergian
Pixabay/tayebmezahdia

Dalam ajaran Islam terdapat anjuran untuk membaca doa setiap kali ingin keluar rumah dan bepergian. Doa ini diharapkan agar kita bisa kembali pulang ke rumah dengan selamat. 

Berikut bacaan doa keluar rumah dan ingin melakukan sebuah perjalanan.

“Bismillaahi, tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain Allah”.

Editors' Picks

2. Doa ketika ingin bepergian jauh 

2. Doa ketika ingin bepergian jauh 
Pexels/Tookapic

Ketika ingin bepergian jauh tentunya ada perasaan cemas serta takut saat melakukan sebuah perjalanan, baik itu menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. 

Berikut doa yang bisa dipanjatkan ketika ingin bepergian jauh, yaitu:

“Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl.”

Artinya:

“Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

3. Doa ketika naik pesawat 

3. Doa ketika naik pesawat 
Pexels/fancycrave.com

Sebelum melakukan perjalanan udara menggunakan pesawat, Mama bisa memanjatkan doa untuk menenangkan hati dan pikiran.

Dalam ajaran agama Islam, berikut doa yang bisa dipanjatkan kepada Allah ketika ingin bepergian naik pesawat. 

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli."

Artinya: 

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah-lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridai. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga."

4. Doa untuk menghilangkan kecemasan dan rasa takut

4. Doa menghilangkan kecemasan rasa takut
Freepik/farknot

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa bepergian menggunakan pesawat seringkali merasa cemas dan takut, terutama ketika pesawat sudah berada di udara.

Dalam ajaran agama Islam terdapat doa yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa cemas, sehingga lebih tenang di dalam pesawat.

Berikut doa untuk menghilangkan kecemasan dan rasa khawatir. 

"Allahumma Inni a'udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali."

Artinya: 

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

5. Doa ketika sudah selamat sampai tujuan 

5. Doa ketika sudah selamat sampai tujuan 
Pexels.com/freestockpro.com

Ketika perjalanan sudah ditempuh dan selamat sampai tujuan, maka usahakan untuk tidak lupa berdoa serta mengucap syukur kepada sang Pencipta. 

Berikut doa yang bisa dipanjatkan ketika sudah sampai tujuan, yaitu:

"Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii."

Artinya: 

“Segala puji milik Allah yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Nah, itulah beberapa kumpulan doa menurut ajaran agama Islam yang membantu untuk mengurangi rasa takut dan khawatir saat bepergian menggunakan pesawat. 

Semoga setiap perjalanan Mama sekeluarga selalu aman dan lancar sampai tujuan. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.