hanco

7 Manfaat Jagung Muda untuk Tubuh Ini Tak Bisa Disepelekan

Sudah tahu belum nih, Ma?

17 Juli 2019

7 Manfaat Jagung Muda Tubuh Ini Tak Bisa Disepelekan
jesmondfruitbarn.com.au

Jagung muda tentu sudah tidak asing lagi sebagai salah satu bahan makanan yang seringkali digunakan untuk memasak di dapur ya, Ma. Penyebutan nama jagung muda ini dikarenakan jagung dipanen lebih awal, sehingga kandungan gula di dalamnya tidak sebanyak jagung yang telah matang. 

Pemilihan jagung muda sebagai salah satu olahan bahan makanan dirasa tepat karena memiliki kadar lemak yang rendah. Selain itu, jagung mudah juga mengandung protein, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, vitamin B5, serat dan berbagai kandungan nutrisi lainnya. 

Banyak kandungan nutrisi di dalam jagung muda tentu membuatnya memiliki beragam manfaat. Jika Mama penasaran dengan manfaat jagung muda untuk kesehatan tubuh, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa informasi mengenai jagung muda. 

Penasaran apa saja? Simak informasi kali ini yuk, Ma!

1. Mampu menurunkan berat badan karena rendah lemak

1. Mampu menurunkan berat badan karena rendah lemak
mirror.co.uk

Berat badan yang kurang ideal seringkali menjadi masalah tersendiri untuk sebagian orang termasuk perempuan. Untuk menghindari program diet yang terlalu ekstrim, Mama dapat mengonsumsi jagung muda sebagai salah satu makanan yang baik untuk menurunkan berat badan. 

Jagung muda memiliki kandungan lemak yang rendah, namun cukup kaya akan asam folic dan potassium. Selain itu, jagung muda ini memiliki indeks glycemic yang jauh lebih baik dibandingkan jagung biasa yang sudah matang.

Beberapa kandungan tersebut dapat membantu Mama ketika melakukan diet sehat, sehingga penurunan berat badannya semakin optimal.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Menghilangkan Lemak di Perut

2. Meningkatkan kulit wajah menjadi lebih cerah

2. Meningkatkan kulit wajah menjadi lebih cerah
Freepik

Kulit wajah yang cerah, bersih dan sehat tentu menjadi dambaan semua perempuan, sehingga tak jarang semua orang berusaha menjaga kesehatan kulit melalui berbagai cara. Perlu Mama ketahui bahwa jagung muda mengandung banyak vitamin C, sehingga memberikan manfaat berupa antioksidan dalam menangkal segala radikal bebas. 

Paparan radikal bebas yang terlalu sering dalam kulit wajah hanya akan memicu flek hitam. Apalagi jika kulit wajah tidak diperhatikan kesehatan selama ini dari paparan debu di jalan. 

Salah satu cara alami dalam meningkatkan kulit wajah menjadi lebih cerah yaitu dengan menggunakan jagung muda. Mama juga bisa mengaplikasikannya sebagai masker wajah yang ketika dipakai secara rutin dapat membantu regenerasi sel-sel mati di wajah. 

Jagung muda yang Mama olah sebagai bahan makanan juga dapat membantu serta menghilangkan noda-noda hitam di wajah.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi dan Merawat Wajah dengan Cuka Apel?

3. Memberikan sumber energi dalam meningkatkan kekebalan tubuh 

3. Memberikan sumber energi dalam meningkatkan kekebalan tubuh 
Freepik/ollyy

Imun atau kekebalan tubuh seseorang tentu berbeda-beda kekuatannya. Jika seseorang dapat bertahan dan terus sehat di antara keluarga yang sedang sakit berarti kekebalan tubuhnya sangat baik. 

Demi meningkatkan kekebalan tubuh, maka diperlukan asupan makanan yang baik setiap harinya seperti jagung muda. Perlu diketahui bahwa jagung muda menjadi salah satu makanan yang kaya akan gizi. Bahkan tingginya protein di dalam tubuh dapat memperbaharui sel-sel yang telah mengalami kerusakan dan menjadi sumber energi untuk tubuh. 

Selain itu, kekebalan tubuh dapat menjadi lebih optimal dengan adanya kandungan vitamin A, vitamin C serta zat besi. Mengonsumsi jagung muda secara rutin dapat menjaga imun tubuh menjadi lebih stabil.

Baca juga: Demi Nutrisi Ibu Hamil, 5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

Editors' Picks

4. Meminimalisir penyakit alzheimer di usia muda

4. Meminimalisir penyakit alzheimer usia muda
Pixabay/TheDigitalArtist

Alzheimer termasuk salah satu penyebab paling umum dari demensia, sehingga menyebabkan masalah dengan ingatan, pemikiran hingga perilaku. Dilansir dari alz.org penyakit alzheimer ini menyumbang hingga 60-80 persen kasus demensia, sehingga penderita dapat mudah kehilangan ingatan dan mengganggu kemampuan kognitifnya. 

Untuk mengurangi risiko alzheimer sebaiknya membiasakan tidur sehat, tidak merokok, minimalisir stres serta tetap aktif. Selain itu, konsumsi jagung muda dapat mengurangi penyakit yang memicu Mama mengalami pikun lebih cepat dari usia seharusnya. 

Jagung muda mengandung tinggi akan folat, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit alzeimer apalagi kandungan tersebut berfungsi untuk menutrisi otak. 

Baca juga: 7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

5. Mencegah potensi bayi terlahir cacat

5. Mencegah potensi bayi terlahir cacat
Pexels/Rawpixel

Setiap orangtua tentu ingin memiliki bayi yang sehat, tanpa ada kekurangan sedikitpun. Untuk itu, banyak ibu hamil berusaha fokus menjaga janin di dalam kandungannya agar tetap sehat serta berkembang secara optimal. 

Jagung muda termasuk salah satu makanan yang bisa dikonsumsi selama masa-masa kehamilan melalui berbabagai jenis olahan. Kandungan asam folat yang cukup tinggi dapat membantu pertumbuhan bayi di dalam kandungan lebih sehat. 

Jika rutin dikonsumsi dari trimester awal hingga akhir, tentu dapat menghindari potensi bayi terlahir cacat.

Baca juga: Waspada! Bayi Indonesia Sering Mengalami 5 Cacat Bawaan Ini 

6. Melancarkan proses pencernaan dan peredarah darah 

6. Melancarkan proses pencernaan peredarah darah 
Freepik

Vitamin B yang terdapat di dalam jagung muda memiliki khasiat tersendiri untuk tubuh karea dapat membantu mencegah terjadinya sembelit. Asupan jagung muda yang cukup tentu mempermudah proses pencernaan lebih lancar dan melancarkan metabolisme tubuh. 

Selain proses pencernaan menjadi lebih lancar, jagung muda dapat membantu peredarah darah. Adanya kandungan potassium yang mencapai 17 mg termasuk mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga jagung muda baik dikonsumsi secara rutin. 

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi pada Ibu Hamil

7. Meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam tubuh menjadi lebih lancar

7. Meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi lebih lancar
Pixabay/Gulcinglr

Jagung yang belum matang sempurna juga mengandung zat besi, sehingga mampu bermanfaat dalam memperlancar aliran oksigen di dalam tubuh. Kebutuhan oksigen sangat diperlukan karena bila kekurangan, maka dapat berakibat fatal dan memicu kerusakan pada bagian otak. 

Bila tidak ingin meningkatkan risiko penyakit akibat sirkulasi oksigen yang kurang lancar, ada baiknya untuk selalu mengonsumsi jagung muda.

Nah, begitulah rangkuman dari manfaat saat rutin mengolah jagung muda menjadi sebuah makanan favorit. Semoga pengetahuan ini dapat membuat hidup Mama sekeluarga menjadi lebih sehat ya! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!