5 Tips Tetap Produktif Bekerja Selama WFH alias Bekerja dari Rumah

Ketika sedang WFH tetap harus produktif ya, Ma!

17 Maret 2020

5 Tips Tetap Produktif Bekerja Selama WFH alias Bekerja dari Rumah
Pexels/Bruce Mars

Hashtag #DiRumahAja sudah mulai dilakukan oleh sebagian orang sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. 

Langkah ini diambil ketika World Health Organization (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global.

Demi memutuskan rantai penyebaran Covid-19 membuat beberapa perusahaan mulai menganjurkan untuk membatasi aktivitas yang berhubungan dengan banyak orang, sehingga disarankan untuk bekerja di rumah. Bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home) menjadi strategi untuk tetap produktif serta menyelesaikan pekerjaan yang sempat tertunda. 

Saat bekerja di rumah, bukan berarti terlalu bersantai dan tidak produktif seolah sedang libur.

Demi terhindar dari gangguan selama menjalani WFH, maka perlu sekali mempersiapkan diri agar segala kewajiban bisa diselesaikan dengan baik. 

Jika Mama ingin mengetahui tips aman, nyaman serta produktif selama bekerja di rumah, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Tetap produktif selama WFH yuk!

1. Pilihlah tempat kerja yang nyaman selama berada di dalam rumah

1. Pilihlah tempat kerja nyaman selama berada dalam rumah
Popmama.com/Onic Metheany
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Demi bisa produktif dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan semangat, maka pemilihan tempat kerja juga perlu diperhatikan selama berada di dalam rumah. 

Selama WFH berlangsung, disarankan untuk memilih tempat kerja yang nyaman dengan pencahayaan yang cukup dan temperatur udara yang sejuk. Usahakan untuk tidak bekerja di tempat tidur karena hanya akan membuat produktivitas menurun serta tidak fokus bekerja. 

Hindari juga bekerja di tempat publik untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluaskan. Tetaplah berada di dalam rumah serta pilih tempat yang benar-benar nyaman untuk bekerja.

Demi meningkatkan semangat dan tetap produktif bekerja, maka Mama bisa berpakaian layaknya sedang berada di kantor. Walau terlihat aneh dan lucu, namun cara ini dapat membantu meningkatkan kedisiplinan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. 

Perlu diingat bahwa WFH menjadi solusi untuk bekerja, bukan bersantai seperti yang biasa dilakukan di rumah.

Editors' Picks

2. Komunikasi yang baik menjadi kunci bekerja dari jarak jauh

2. Komunikasi baik menjadi kunci bekerja dari jarak jauh
Freepik

Dilansir dari laman BBC, seorang profesor manajemen dari Northeastern University di Boston bernama Barbara Larson mengatakan bahwa kunci bekerja jarak jauh adalah komunikasi. Setiap orang yang bekerja di rumah pun perlu berkomunikasi sebaik-baiknya dengan atasannya agar mengetahui apa yang harus dilakukan.

Tak hanya itu, Barbara Larson mengatakan bahwa potensi gangguan dalam berkomunikasi saat WFH bisa saja terjadi apalagi untuk mereka yang tidak terbiasa bekerja dari jarak jauh. 

Dalam menjalani WFH, setiap orang memang tidak disarankan untuk berkomunikasi secara langsung dengan membuat janji atau pertemuan di ruang publik. Demi terhindar dari penyebaran Covid-19, maka disarankan untuk menggunakan e-mail atau aplikasi chat yang seringkali digunakan selama bekerja. 

Selama WFH dan masih berada di jam kerja, ada baiknya untuk tetap memberikan respons demi kelancaran dalam hal berkomunikasi. 

Ketika memberikan respons yang cepat, tentu akan lebih baik. Setuju nggak, Ma? 

3. Membuat to-do-list berdasarkan prioritas pekerjaan 

3. Membuat to-do-list berdasarkan prioritas pekerjaan 
Pexel/breakingpic

Membuat to-do-list  justru akan memberikan kemudahan selama sedang menjalani WFH. Terkadang banyaknya gangguan dan keinginan untuk bersantai saat bekerja di rumah membuat beberapa kewajiban justru tidak terselesaikan. 

Demi menghindari beberapa pekerjaan menumpuk karena tidak memiliki manajemen waktu yang baik, maka ada baiknya untuk membuat to-do-list berdasarkan prioritas. 

Mama perlu memahami terlebih dahulu tugas-tugas yang harus diselesaikan. Tugas yang paling mendesak perlu dikerjakan lebih dulu, baru setelahnya menyelesaikan tugas-tugas pendukung lainnya.

Dengan membuat to-do-list, Mama pun akan semakin fokus serta memiliki acuan untuk berkomitmen menjalani semua pekerjaan dengan baik. 

4. Tentukan waktu untuk bekerja, istirahat dan main smartphone

4. Tentukan waktu bekerja, istirahat main smartphone
Pexels/Moose Photos

Bekerja di rumah memang seolah memberikan kebebasan untuk dapat mengerjakan segala pekerjaan sesuai keinginan sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa perlu ada perencanaan sendiri dalam menentukan waktu untuk bekerja, istirahat atau sekadar main smartphone. 

Penetapan waktu untuk bekerja ini termasuk salah satu solusi agar tetap berkomitmen dalam menyelesaikan semua tugas. 

Usahakan untuk tidak bermain smartphone terlalu lama selama sedang bekerja karena ini menjadi salah satu gangguan saat WFH, sehingga produktivitas menurun.

Walau hanya berniat untuk membuka media sosial, namun usahakan durasinya terlalu lama dan membuat pekerjaan tidak selesai. 

Jika memang sudah waktunya jam makan siang, sebaiknya untuk istirahat sejenak dan mengisi energi kembali.

Pastikan untuk tidak terlalu kenyang saat makan siang karena dapat membuatmu merasa ngantuk dan tidak produktif. 

Beberapa hal ini perlu diterapkan dengan baik agar tugas-tugas pekerjaan yang dilakukan selama WFH bisa terselesaikan. 

5. Tetaplah bekerja dengan tanggung jawab dan disiplin

5. Tetaplah bekerja tanggung jawab disiplin
Freepik/Katemangostar

Demi mendorong produktivitas selama menjalani WFH, setiap orang perlu mengerjakan semua pekerjaan dengan sungguh-sungguh. 

Perlu diingat bahwa WFH dapat terlaksana dengan baik apabila setiap orang mampu menjalankannya dengan tingkat disiplin, profesionalisme dan integritas yang tinggi. Bekerja di kantor atau di rumah akan sama saja hasilnya, jika tetap bertanggung jawab dengan setiap pekerjaan. 

Itulah beberapa solusi dari Popmama.com yang bisa diterapkan untuk memenuhi deadline pekerjaan, meskipun harus bekerja dari rumah. 

Tetap semangat dan produktif, walau harus bekerja dari rumah!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.