Jalani #DiRumahAja, Artika Sari Devi Punya Kebiasaan Sehat dengan Anak

Bisa menjadi salah satu pilihan hidup sehat yang diterapkan di rumah nih, Ma!

16 Maret 2020

Jalani DiRumahAja, Artika Sari Devi Pu Kebiasaan Sehat Anak
Popmama.com/Michael Andrew

Penyebaran wabah virus corona atau COVID-19 yang semakin meluas di Indonesia, apalagi angkanya kian meningkat. Berbagai upaya pun dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. 

"Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," ungkap Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor (15/3/2020).

Hal ini diberlakukan agar masyarakat bisa sama-sama menjaga diri serta memutuskan mata rantai terkait penyebaran virus. 

Tak hanya itu, sebagian masyarakat juga telah memilih untuk mengisolasikan diri selama virus COVID-19 masih menyebar.  

Hashtag #DiRumahAja menjadi ramai di akhir pekan lalu, termasuk beberapa seleb tanah air juga ikut bersuara mengenai kegiatan yang dilakukan oleh mereka saat mengisolasikan diri. 

Bersama hashtag #DiRumahAja, Artika Sari Devi memiliki cara tersendiri bersama kedua anaknya yang bernama Sarah Abiela Ibrahim (Abbey) dan Dayana Zoelie Ibrahim (Zoe) agar tidak bosan selama di rumah. Cerita tersebut sempat dibagikan oleh Artika melalui unggahannya di InstaStory pribadinya.   

Keep calm and do meditation. Hari ke-2 #DiRumahAja setelah sekolah diliburkan. Abbey dan Zoe langsung tanya "terus kita ngapain di rumah aja?" 

Menurut Artika sebagai orangtua, banyaknya informasi mengenai virus Covid-19 secara perlahan membuat anak-anak ikut bereaksi dan penasaran.

"Meskipun nggak terlihat panik, tetapi sebenarnya mereka cemas," tulis Artika dalam salah satu unggahannya. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa pola hidup sehat yang diterapkan oleh Artika kepada kedua putrinya selama menjalani #DiRumahAja, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Editors' Picks

1. Menerapkan kebiasaan meditasi bersama anak-anak

1. Menerapkan kebiasaan meditasi bersama anak-anak
Instagram.com/artikasaridevi

"Mindful breathing. Being mindful means being still, yet sensitive to what is happening in our body and our environment," tulis Artika. 

Artika mengunggah foto ketika Abbey dan Zoe sedang melakukan meditasi di luar rumah. Dengan berdiam diri dengan sikap sempurna selayaknya meditasi, kedua anak Artika diajarkan untuk peka terhadap kondisi tubuh sendiri serta lingkungan sekitarnya. 

Perlu Mama ketahui bahwa cara kerja meditasi dapat membantu tubuh dalam memberikan respons terhadap stres, sehingga mampu melepaskan hormon epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin yang seringkali menyebabkan detak jantung, aliran darah serta tekanan darah meningkat.

Meditasi dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan detak jantung serta tekanan darah kembali normal. 

Tak hanya kesehatan fisik saja, meditasi berperan penting karena bermanfaat untuk kesehatan emosional antara lain:

  • Mengurangi emosi dan berbagai pemikiran negatif. 
  • Melatih diri untuk mengelola stres agar terhindar dari stres bahkan depresi. 
  • Meningkatkan kesadaran diri serta mendukung kemampuan fokus secara umum. 

2. Berjemur bersama anak-anak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

2. Berjemur bersama anak-anak meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Instagram.com/artikasaridevi

Sinar matahari membantu dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh. Pada saat tubuh terpapar sinar matahari, maka tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih. Fungsinya sebagai perlindungan tubuh. 

Sel darah putih memegang peranan penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi. 

Yuk berjemur! Keep calm and sun bathing

Salah satu cara lain yang menyenangkan untuk anak-anak sekaligus membuat Abbey dan Zoe sehat yakni dengan berjemur. Artika membuat momen berkualitas bersama kedua anaknya menjadi seru serta memberikan edukasi bahwa berjemur dapat meningkatkan imunitas tubuh mereka.

Seringkali disepelekan bahwa kesehatan juga bisa didapat dari matahari pagi. Perlu diingat bahwa bukan hanya bayi saja yang mendapatkan manfaat dari paparan sinar matahari pagi, namun semua orang dengan berbagai tingkat usia. 

Saat berada di rumah, Mama bisa mengikuti cara dari Artika untuk mengajak anak-anak berjemur. Di samping dapat meningkatkan produksi vitamin D, ada juga beragam manfaat positif saat tubuh mendapatkan paparan sinar matahari antara lain: 

  • Paparan sinar matahari secara rutin mampu membantu mencegah beragam penyakit bahkan dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta fosfor di usus. Hal ini tentu dapat memperkuat tulang, gigi serta bagian otot.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena sinar matahari dapat menghasilkan sel darah putih yang berfungsi sebagai imunitas. Sel darah putih ini berguna dalam melawan berbagai penyebab infeksi penyakit. 
  • Mampu memperbaiki kualitas tidur karena paparan sinar matahari di pagi hari dapat merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Hormon melatonin berperan dalam mengatur siklus tidur. Jika kadar melatonin di dalam darah rendah, maka siklus tidur dapat terganggu.

Berjemur di pagi hari bisa dilakukan sekaligus untuk berolahraga atau sekadar duduk di teras rumah nih, Ma. 

Ketika rutin serta konsisten berjemur, maka kesehatan Mama dan keluarga bisa terjaga karena imunitas tubuh meningkat. 

3. Menyiram tanaman sebagai aktivitas yang menyenangkan di rumah

3. Menyiram tanaman sebagai aktivitas menyenangkan rumah
Instagram.com/artikasaridevi

"14 hari ke depan self quarantine. Abbey dan Zoe akhirnya paham dan bisa terima kenapa mereka diminta bersabar dulu di rumah. Semua demi memutuskan mata rantai penyebaran virus corona. Semoga secepatnya situasi bisa kondusif ya. Amin YRA," cerita Artika di InstaStory pribadinya. 

Demi memutuskan mata rantai penyebaran virus, Artika perlu melakukan berbagai kegiatan menyenangkan dan tidak membosankan selama berada di rumah saja. 

Perlu diketahui juga bahwa menyiram tanaman menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus positif selama #DiRumahAja. Menghabiskan waktu dengan menyiram tanaman di rumah juga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan terkait mengenai virus COVID-19.

Itulah beberapa hal positif serta menyenangkan yang dilakukan oleh Artika bersama Abbey dan Zoe saat menjalani kegiatan selama #DiRumahAja. 

Semoga kegiatan Artika bersama anak-anaknya ini bisa menjadi inspirasi tersendiri untuk Mama di rumah. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.