Tunaikan Nazar, Arief Muhammad dan Istri akan Sedekah Bayi Tabung

Arief Muhammad memberikan hadiah untuk pasangan yang sedang menantikan kehadiran anak

9 Juni 2020

Tunaikan Nazar, Arief Muhammad Istri akan Sedekah Bayi Tabung
Instagram.com/tiarapangestika

Kelahiran Ibrahim Wishaka El Emran pada Jumat (5/6/2020) seolah semakin melengkapi perjalanan cinta dari Arief Muhammad dan Tiara Pangestika sebagai pasangan. 

Ketika melahirkan anak pertamanya, Tipang mengatakan bahwa dirinya pun ikut terlahir sebagai sosok yang baru. Dengan segala perjuangan dan penantian panjang, Tipang kini sudah berperan sebagai seorang Mama.  

Kelahiran Ibrahim yang sehat dan sempurna tanpa kekurangan apapun membuat Arief dan Tipang harus menunaikan nazar mereka yaitu melakukan sedekah bayi tabung. 

Teman-teman mungkin kalau pada mengikuti perjuangan kita, lumayan panjang ya untuk mendapatkan Ibrahim. Sempat beberapa kali gagal inseminasi dan IVF, akhirnya dikasih rezekinya di tahun ke-4 pernikahan. 

Di awal kehamilan Ibrahim kemarin, kita sempat kepikiran kalau kasian juga teman-teman yang udah lama menikah dan belum dikaruniai anak. Sementara ekonominya belum menyanggupi karena untuk inseminasi apalagi IVF, biayanya tidak sedikit dan bisa sampai ratusan juta. 

Dari situ akhirnya kami bernazar kalau kehamilan ini sukses serta lancar sampai lahiran, kami mau bersedekah dengan membiayai satu pasangan untuk program bayi tabung. 

Alhamdulillah tanggal 5 kemarin Ibrahim lahir dengan sempurna, tanpa kekurangan apapun. Berarti sekarang saatnya kami menunaikan nazar. 

Secara harfiah, nazar adalah janji dari seseorang untuk melaksanakan sesuatu jika tujuan atau keinginannya sudah tercapai.

Jika orang yang sudah bernazar tidak melaksanakan nazarnya, baik sengaja ataupun tidak disengaja karena tidak mampu melaksanakannya perlu membayar kafarat (denda). Terkait dengan jumlah denda harus diketahui bahwa denda nazar sama dengan karafat melanggar sumpah.

Arief dan Tipang pelan-pelan mulai mencari pasangan yang cocok untuk mendapatkan hadiah dari mereka karena ingin dibantu serta dibiayai dalam menjalani program bayi tabung. 

Jika Mama ingin mengetahui lebih banyak informasi terkait sedekah program bayi tabung dari Arief dan Tipang, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Editors' Picks

1. Kegagalan inseminasi dan IVF di masa lalu membuat Tipang belajar banyak hal

1. Kegagalan inseminasi IVF masa lalu membuat Tipang belajar banyak hal
Instagram.com/tiarapangestika

Bangga banget sama diri sendiri di tahun ini.(Narsis sedikit nggak apa, ya.) 2018 was hard for me, and definitely one of the hardest year of my entire life. I almost ruined everything setelah gagal inseminasi dan IVF. Dari akhir tahun 2017 sampai bulan Juli benar-benar menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan tentunya materi. Belum lagi obat-obatan yang bikin mood berantakan, bikin gue kadang ngerasa nggak punya kontrol atas pikiran gue sendiri. Bikin gendutan dan jerawatan parah juga, makanya bikin makin nggak pede dan uring-uringan.

Gagal, terus bingung gagalnya kenapa. Gue jadi bingung mau nyalahin apa dan siapa. Ujung-ujunya jadi nyalahin diri sendiri, ngerasa malu, ngerasa nggak berguna. Nggak mau kerja, nggak mau bersosialisasi, nggak mau mikir, nggak mau keluar kamar. Maunya meratapi nasib aja.

Untungnya di bulan September 2018, semuanya membaik. I’m happy and proud of myself because i chose to get up! Gue mulai nge-distract kesedihan dan kekecewaan yang melimpah ruah dengan melakukan sesuatu yang gue suka, something i'm totally obsessed and passionate about

Begitulah sepenggal cerita yang sempat dibagikan oleh Tipang di akhir tahun 2018 lalu. Seperti yang sudah diketahui bahwa kesabaran Tipang serta Arief harus diuji ketika mereka mengalami kegagalan sewaktu inseminasi dan program IVF.

Bukan hanya beban mental saja, namun secara finansial pun diakui oleh Tipang terasa berat karena banyak sekali pengeluaran. 

Meskipun begitu, Tipang pada akhirnya perlahan-lahan dapat menyikapi masalah tersebut dengan bijak. Proses penerimaan dan hidup bahagia tanpa tekanan pun dijalaninya saat itu karena ada beberapa hal di dunia yang memang tidak bisa dikontrol manusia. 

"Kalau yang sebenernya bikin kita nggak bahagia bukan karena kita nggak memiliki apa yang orang lain miliki. Tetapi karena kita membanding-bandingkan apa yang orang lain miliki dengan yang tidak kita miliki," tulis Tipang di salah satu unggahannya. 

Salut dengan perjuangan Tipang!

2. Arief Muhammad dan Tiara Pangestika yakin bahwa tidak ada usaha yang sia-sia

2. Arief Muhammad Tiara Pangestika yakin bahwa tidak ada usaha sia-sia
Instagram.com/tiarapangestika

Kegagalan yang sempat terjadi justru membuat Arief Muhammad dan Tiara Pangestika semakin berusaha untuk mendapatkan hasil terbaik. 

"Kayak kebanyakan orang yang lagi berusaha mendapatkan buah hati. Rasanya hampir semua cara udah kita coba, mulai dari pijat-pijat, herbal, medikal sampai mitos-mitos yang rasanya nggak masuk akal," tulis Tipang di salah satu unggahannya. 

Setelah melakukan segala hal untuk mendapatkan anak, usaha Arief dan Tipang membuahkan hasil pada bulan September 2019. 

"Bersyukur usaha kami di September 2019 membuahkan hasil, proses IVF kami berhasil. Lalu 5 Juni ini, anak pertama kami lahir dengan sehat dan selamat," tulisnya. 

Walau sempat mengalami kegagalan, pasangan ini memperlihatkan bahwa segala usaha diiringi dengan doa pasti akan memberikan hasil yang indah. 

3. Banyak reaksi positif yang diperlihatkan oleh warganet terkait sedekah bayi tabung

3. Banyak reaksi positif diperlihatkan oleh warganet terkait sedekah bayi tabung
Instagram.com/ariefmuhammad

Dalam sebuah pesan yang dituliskan oleh Arief Muhammad mengenai sedekah bayi tabung, dirinya belum memikirkan teknis yang cocok untuk hal ini. 

"Mungkin sementara dengan komen dulu saja di Instagram gue atau Tipang, ceritakan perjuangan kamu untuk mendapatkan keturunan," tulis Arief. 

Arief pun mengatakan bahwa sedekah program bayi tabung ini belum ada tenggat waktunya. Apalagi Arief dan sang Istri ingin mencari pasangan yang benar-benar pantas untuk dibiayai. 

"Tapi harus diperhatikan juga kemampuan pasangan yang dibantu untuk bisa membesarkan anaknya nanti. Dari yang udah-udah banyak banget orang yang bisa bikin anak dengan layak, ujung-ujungnya mengandalkan dermawan-dermawan buat dimintain terus. Semoga orang yang kelak dibantu bisa benar-benar menghargai pemberian ini dengan mengurus anaknya dengan cukup." - Ajeng Ayuningtias. 

Menjawab komentar dari Ajeng ini, Arief menjelaskan bahwa memang proses untuk memberikan sedekah bayi tabung ini harus pelan-pelan serta detail. Ia pun ingin bertemu kriteria yang cocok dari segala sisi, bukan berarti hanya mencari yang ekonominya paling susah saja. 

Arief dan Tipang meminta bantuan warganet untuk berbagi berita ini dengan orang-orang yang memang membutuhkan. 

"Terus bantu untuk saling doain, ya. Supaya para pejuang 2 garis yang lagi pada menanti buah hati, disegerakan sama Yang Maha Memberi," kata Tipang menanggapi mengenai sedekah bayi tabung yang dilakukan pasangan ini. 

Itulah beberapa cerita menarik terkait sedekah bayi tabung yang dilakukan oleh Arief Muhammad dan Tiara Pangestika dalam menunaikan nazar mereka. 

Terus sehat untuk Arief Muhammad sekeluarga!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.