Tiara Pangestika, Istri Arief Muhammad Sempat Jalani Inseminasi & IVF

Sebagai 0ejuang IVF, Tiara Pangestika berbagi cerita di penghujung tahun 2018

30 Desember 2018

Tiara Pangestika, Istri Arief Muhammad Sempat Jalani Inseminasi & IVF
Instagram.com/tiarapangestika

Jika mendengar nama Tiara Pangestika dan Arief Muhammad tentu tidak asing lagi. Pasangan yang telah menikah pada 16 September 2016 lalu ini seringkali membagikan keseruan hubungan keduanya melalui Instagram atau channel YouTube. 

Di penghujung tahun 2018, Tiara Pangestika atau kerap disapa Tipang sempat membagikan kisah perjalanan kehidupannya di tahun ini. Menurut Tiara Pangestika, tahun ini merupakan salah satu tahun tersulit sepanjang hidupnya terlebih saat mengalami kegagalan sewaktu inseminasi dan program IVF.

Tuhan, di tahun 2018 ini, saya merasa telah ditampar keras-keras untuk dapat belajar ikhlas, mengerti arti bersyukur, untuk bangkit dari keterpurukan dan untuk terus berbaik sangka terhadap rencana baik-Mu. Tahun ini menjadi tamparan keras untuk saya, dalam menjadi pribadi yang lebih baik. Nggak sabar, ada tantangan dan pembelajaran baru apalagi di tahun 2019.

Begitu tulisan Tiara Pangestika di Instagram pribadinya, seolah menjadikan pengalamannya di tahun ini sebagai bentuk pembelajaran hidup yang begitu berarti. 

Untuk yang ingin mengetahui beberapa cerita lengkap dari perjalanan dan pengalaman Tiara Pangestika di tahun ini, berikut beberapa rangkuman dari Popmama.com.  

1. Sempat berusaha menjalani program IVF

1. Sempat berusaha menjalani program IVF
Instagram.com/tiarapangestika

Bangga banget sama diri sendiri di tahun ini.(Narsis sedikit nggak apa, ya.) 2018 was hard for me, and definitely one of the hardest year of my entire life. I almost ruined everything setelah gagal inseminasi dan IVF. Dari akhir tahun 2017 sampai bulan Juli benar-benar menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan tentunya materi. Belum lagi obat-obatan yang bikin mood berantakan, bikin gue kadang ngerasa nggak punya kontrol atas pikiran gue sendiri. Bikin gendutan dan jerawatan parah juga, makanya bikin makin nggak pede dan uring-uringan.

Mungkin sudah banyak yang melihat curahan hati dari Tiara Pangestika di tahun 2018 ini. Diam-diam tanpa diketahui banyak orang ternyata pasangan yang satu ini sempat berjuang untuk memiliki anak dengan menjalani program IVF.

Namun, perjalanan keduanya belum bisa berhasil karena inseminasi dan IVF yang dijalaninya saat itu harus gagal. Kondisi inilah yang membuat perasaan Tiara Pangestika sempat sedih. 

Walaupun program IVF yang dijalani keduanya gagal di tahun 2018. Mari, doakan yang terbaik untuk Tiara Pangestika dan Arief Muhammad.

Baca juga: Kisah Perjuangan Terbaru Tya Ariestya Saat Jalani Program IVF

Baca juga: Kisah Caca Tengker yang Berjuang Soal Program IVF 

2. Tiara Pangestika sempat mempertanyakan kegagalannya dan menyalahkan diri sendiri

2. Tiara Pangestika sempat mempertanyakan kegagalan menyalahkan diri sendiri
Instagram.com/tiarapangestika

Gagal, terus bingung gagalnya kenapa. Gue jadi bingung mau nyalahin apa dan siapa. Ujung-ujunya jadi nyalahin diri sendiri, ngerasa malu, ngerasa nggak berguna. Nggak mau kerja, nggak mau bersosialisasi, nggak mau mikir, nggak mau keluar kamar. Maunya meratapi nasib aja.

Setiap orang tentu pernah merasa gagal. Saat itu juga tentu banyak perasaan negatif yang seolah datang, sehingga memperoleh kesempatan untuk menyalahkan diri sendiri. 

Dukungan dari orang-orang terdekat pun diperlukan ketika fase ini terjadi. Sebagai seorang suami tentu peran Arief Muhammad diperlukan untuk mengatasi segala kesedihan yang dialami istrinya. 

Jika diperhatikan melalui Instagram atau channel YouTube keduanya, Arief Muhammad terus membuat Tiara Pangestika bahagia. Dirinya pun terlihat sangat mendukung beberapa bisnis yang sedang dikerjakan Tiara Pangestika. 

Baca juga: Sebagai Pejuang IVF, Caca Tengker Berhasil Melahirkan Anak Pertama

Baca juga: Peran Suami Dibalik Keberhasilan Caca Tengker Sebagai Pejuang IVF

Editors' Picks

3. Berusaha menyibukkan diri dengan segala sesuatu yang disenangi

3. Berusaha menyibukkan diri segala sesuatu disenangi
Instagram.com/tiarapangestika

Untungnya di bulan September 2018, semuanya membaik. I’m happy and proud of myself because i chose to get up! Gue mulai nge-distract kesedihan dan kekecewaan yang melimpah ruah dengan melakukan sesuatu yang gue suka, something i'm totally obsessed and passionate about! 

Berusaha untuk tidak terlalu larut dalam kesedihan membuat Tiara Pangestika pelan-pelan bangkit dari rasa sedihnya. 

Di awali dengan membaca buku-buku self help, sehingga membuat Tiara Pangestika sadar untuk bisa lebih belajar dalam menerima diri sendiri dan membuka diri kembali untuk bersosialisasi. 

Tak hanya itu, Tiara Pangestika juga menghabiskan waktunya bersama adik-adik di Yayasan Sayap Ibu daerah Bintaro. Saat di sana, dirinya menjadi lebih sadar dan mulai bersyukur kembali. 

Ngabisin waktu sama adik-adik @yayasansayapibubintaro yang sangat luar biasa dan selalu punya cara untuk bikin gue lebih bersyukur dan sadar, kalau problem gue itu nggak ada apa-apanya dibanding mereka, tetapi mereka nggak sedikitpun pernah ngeluh. 

Bersama dukungan dari sang Suami, Tiara Pangestika juga bisa membuat brand sepatu sendiri dan membuat buku planner. Hal ini dilakukan agar dirinya tidak banyak dipengaruhi energi atau pikiran-pikiran negatif, terutama usai mengalami kegagalan. 

Baca juga: Pantang Menyerah, Tya Ariestya Jalani Program Bayi Tabung Ketiga

Baca juga: Banjir Dukungan, Tya Ariestya Melewati Embrio Transfer dengan Lancar

4. Menerima segala yang terjadi itu butuh proses

4. Menerima segala terjadi itu butuh proses
Instagram.com/tiarapangestika

Sekarang jujur gue jauh bisa lebih accepting, meskipun masih berproses. Lebih bisa sadar, ada beberapa hal di dunia ini yang nggak bisa kita kontrol. Bisa lebih enjoy hidup tanpa pressure. Dan bisa lebih bahagia karena gue sadar, kalau yang sebenernya bikin kita nggak bahagia bukan karena kita nggak memiliki apa yang orang lain miliki. Tetapi karena kita membanding-bandingkan apa yang orang lain miliki dengan yang tidak kita miliki. 

Pengalaman hidup yang sedang dijalani oleh Tiara Pangestika tentu tidak mudah. Jika dirinya sempat terbawa perasaan saat melihat orang lain bahagia, kini istri Arief Muhammad ini sedang berproses untuk menerima segala sesuatu yang telah terjadi. 

Namun, perlu diingat setiap orang memiliki kadar bahagianya masing-masing. Suatu hari nanti pasangan Tiara Pangestika dan Arief Muhammad tentu akan merasakan kebahagiaan yang sama dengan memiliki anggota baru di keluarganya. 

Tetap semangat ya, Tiara Pangestika!

Baca juga: Hamil Anak Kedua, Begini Perjuangan Tya Ariestya

Baca juga: Pakai Kursi Roda Saat Hamil, Tya Ariestya Terkena Komentar Negatif

5. Tiara Pangestika banjir dukungan dan doa 

5. Tiara Pangestika banjir dukungan doa 
Instagram.com/tiarapangestika

Dukungan dari orang-orang terdekat tentu menjadi salah satu hal terpenting saat perasaan sedih sedang melanda. 

Begitu pun dengan Tiara Pangestika, sebab perlu diingat kalau manusia termasuk makhluk sosial. Perasaan sedih tentu tidak bisa hanya disimpan sendiri. 

Tak jarang berbagi kisah atau sekedar curhat mengenai perasaan yang sedang dihadapi sangat diperlukan. Ini berguna karena membuat perasaan menjadi lebih lega daripada terus disimpan sendirian.  

Saat Tiara Pangestika menggunggah foto dan menceritakan pengalamannya yang sempat gagal melakukan IVF, ribuan komentar dengan banyak dukungan langsung membanjiri Instagram pribadinya. 

"You can do it sayang, Tiara Pangestika. Tetap semangat ya, belum berhasil. Siapa tahu malah rezekinya alami." - Tya Ariestya. 

"Semangat Tipang yakini rencana Allah SWT sudah paling baik buat kamu. InsyaAllah yang terbaik juga buat Arief Muhammad. Semua pengalaman ini menguatkan kalian as a team dan semua yang dinanti-nanti akan datang di waktu yang paling tepat. Bahagia dan terus menginspirasiya, Tipang." - Vendryana. 

"Waktu dulu aku keguguran kita lagi sama-sama struggling, kamu masih sempat semangatin aku bilang 'Percaya bakal dikasih yang terbaik di waktu yang sebaik-baiknya.' Aku yakin kamu juga sama, di waktu yang sebaik-baiknya. Semangat Tipang! Percaya terus rencana Allah selalu indah. Amin." - Andriani Toegiono. 

"Semangat ya. Stay positive." - Alice Norin. 

Kegagalan bukan akhir dari segala. Setuju nggak nih, Ma? Perlu diingat kembali kalau ada beberapa artis yang pernah berhasil melakukan IVF seperti Tya Ariestya, Caca Tengker, Andra Alodita hingga Cynthia Lamusu. 

Itu berati, Tiara Pangestika masih ada banyak kesempatan untuk memiliki anak. 

Yuk, doakan pasangan Arief Muhammad dan Tiara Pangestika agar segera memberikan kabar bahagia atau kehamilannya!

Baca juga: 15 Doa agar Cepat Hamil

Topic: