7 Alternatif Tas Pengganti Kantong Plastik untuk Belanja

Tampil kece dan ramah lingkungan tanpa kantong plastik

1 Juli 2020

7 Alternatif Tas Pengganti Kantong Plastik Belanja
Freepik/Jcomp

Pelanggaran untuk penggunaan kantong plastik di Indonesia kini semakin dibatasi, beberapa provinsi seperti Denpasar, Banjarmasin, Bogor, serta Balikpapan sebelumnya telah mengeluarkan peraturan untuk mengurangi sampah plastik.

Awalnya penggunaan kantong plastik diberbagai supermarket atau waralaba dikenakan tambahan sebesar Rp.200. Namun karena masih banyaknya pengguna plastik, wilayah Jakarta kembali diperketat dengan adanya Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019 yang melarang penggunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat.

Di Jakarta, peraturan ini berlaku mulai hari ini, Rabu, 1 Juli 2020, pengawasan oleh pemerintah pun semakin diperketat dengan mengharuskan menyediakan standar tas belanja yang ramah lingkungan.

Setiap waralaba kini menyediakan tas belanja dengan berbagai pilihan dari warna, motif, dan ukuran.

Mungkin kamu akan bingung untuk memilih jenis tas belanja apa yang cocok untuk digunakan, berikut ini Popmama.com akan merekomendasikan 7 alternatif tas pengganti kantong plastik untuk belanja sehari-hari.

1. Tas karung goni

1. Tas karung goni
Issundries.com

Tas yang bahan dasarnya dari karung goni ini menjadi pilihan yang terbaik untuk pengganti kantong plastik. Dikenal dengan istilah jute bag, tas ini terbuat dari serat nabati yang tahan lama serta alami.

Rami juga merupakan sumber daya terbarukan dan tanaman yang dapat menyerap karbon.

Ketika sudah mulai usang atau rusak, letakan tas goni ke tumpukan kompos sehingga akan terurai hingga rusak. Atau maksimalkan penggunaan dengan mendaur ulang tas goni menggunakan tekstil.

2. Tas kanvas

2. Tas kanvas
Ebay.com

Tas kanvas sudah menjadi tidak asing lagi di telinga masyarakat, berbagai macam tas kanvas mudah ditemukan dengan desain dan warna yang beragam.

Selain itu, tas kanvas dapat digunakan ratusan kali, dan mudah dicuci. Tas kanvas juga mudah terurai secara alami, bahkan kamu dapat memotongnya dan menambahkannya ke kompos di rumah.

Saat membeli tas kanvas atau tas katun, pilihlah yang menggunakan kapas organik untuk memastikan produk menjadi lebih tahan lama digunakan

Editors' Picks

3. Paperbag atau kantong kertas

3. Paperbag atau kantong kertas
Alibaba.com

Paperbag saat ini sudah digunakan oleh beberapa pusat perbelanjaan yang diberikan kepada konsumen. Walaupun umumnya hanya dapat bertahan saat beberapa kali penggunaan belanja, paperbag dapat didaur ulang atau dibuat menjadi kompos.

Untuk meminimalkan limbah lingkungan dari kantong kertas, pertimbangkan paperbag dibuat dari bahan yang dapat didaur ulang serta menggunakan pewarna yang ramah lingkungan.

4. Tas 'hijau' polypropylene

4. Tas 'hijau' polypropylene
Indiamart.com

Tas polypropylene ini tidak serapuh yang dikira, terbuat dari bahan polypropylene yaitu produk dari hasil penyulingan minyak, ini adalah tas 'plastik' berbasis bahan bakar fosil dan oleh karena itu dibuat dari sumber daya tidak terbarukan.

Tas hijau ini rata-rata digunakan selama 2 tahun, ketika sudah mulai menunjukan kerusakan, tas ini dapat dibuang dengan sampah lainnya di tempat sampah untuk daur ulang.

5. Tas gantungan kunci

5. Tas gantungan kunci
Tickettothemoon.ie

Ini mungkin terlihat sederhana, tetapi bisa mudah dilupakan dalam beberapa minggu pertama sampai kamu terbiasa menggunakan tas ramah lingkungan. Jika kamu lupa membawa tas belanja, gunakan opsi untuk membeli tas gantungan kunci.

Tas ini memiliki bahan yang tipis sehingga dapat mudah dilipat menjadi gantungan kunci. Kamu dapat menggantungkan tas ini di kunci rumah dan juga kunci kendaraan, sehingga memiliki cadangan jika lupa membawa tas belanja.

6. Tas ransel

6. Tas ransel
Pexels/Porapak Apichodilok

Kamu dapat menggunakan tas ransel jika ingin membeli banyak barang. Tas ransel memiliki banyak tempat dan partisi dimana kamu bisa mengatur semua barang belanja di dalam 1 tas ransel.

Ini juga berguna jika kamu ingin travelling sehingga tidak membawa banyak tas.

7. Tas dari daur ulang kaus

7. Tas dari daur ulang kaus
Funandfoodcafe.com

Memiliki banyak kaus yang sudah tidak digunakan, jangan langsung dibuang ya! Karena kaus yang sudah tidak digunakan dapat dikreasikan sebagai tas belanja yang kece dan juga stylish. Nantinya, kamu juga akan mempunyai beberapa cadangan tas belanja.

Caranya pun cukup mudah, cari kaus yang sudah tidak digunakan. Jika kausnya tanpa lengan, balik bagian dalam kaus dan jahit bagian bawahnya. Balik bagian dalam kaus dan selesai!

Namun jika kaus memiliki lengan, gulung bagian lengan ke bagian dalam terlebih dahulu dan jahit gulungan agar lebih rapi. Kemudian sama seperti kaus tanpa lengan, balik bagian dalam kaus dan jahit bagian bawahnya. Lalu balik bagian dalam kaus. Mudah bukan?

Buatlah catatan "Bawa tas belanja" setiap daftar belanja sebelum pergi sebagai pengingat untuk tidak menggunakan kantong plastik lagi. Kemudian, mulai biasakan untuk mulai mengatakan "tidak perlu pakai plastik, terima kasih" ketika kamu berbelanja di toko.

Baca juga:

Sah! Anies Baswedan Resmi Larang Penggunaan Kantong Plastik di Jakarta

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.