6 Ciri Payudara yang Dapat Mencerminkan Kesehatan Perempuan

Ada yang mengindikasikan penyakit tertentu lho

6 April 2020

6 Ciri Payudara Dapat Mencerminkan Kesehatan Perempuan
Freepik

Sebagian besar perempuan menganggap menjaga payudara merupakan hal yang penting, karena payudara merupakan aset tubuh yang dapat menunjang penampilan. Mulai dari memperhatikan bentuk hingga ukurannya, setiap perempuan pasti menginginkan bentuk payudara yang ideal.

Namun ternyata payudara juga dapat mencerminkan kesehatan perempuan. Sehingga seharusnya setiap perempuan tidak hanya memperhatikan penampilan payudaranya saja, tapi juga pada kesehatannya, karena ada beberapa kondisi yang berbahaya bagi tubuh.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan informasi seputar kesehatan perempuan yang dapat dilihat dari penampilan payudara:

1. Ukuran payudara yang membesar bisa disebabkan karena peningkatan berat badan

1. Ukuran payudara membesar bisa disebabkan karena peningkatan berat badan
Freepik/drobotdean

Komponen payudara sebagian besar berisi sel-sel lemak, sehingga peningkatan berat badan dapat membuat ukuran payudara ikut membesar. Peningkatan berat badan bisa disebabkan karena berbagai faktor, seperti makan berlebihan, kurang olahraga, stress, sedang hamil, hingga penggunaan obat-obat tertentu.

Perubahan ukuran payudara yang disebabkan oleh meningkatnya berat badan merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan, jika masih dalam batas wajar. Namun, menurut The National Cancer Institute, peningkatan lemak pada tubuh yang berlebihan dapat risiko perempuan terkena kanker.

2. Penurunan berat badan atau kadar estrogen dapat menyebabkan penyusutan ukuran payudara

2. Penurunan berat badan atau kadar estrogen dapat menyebabkan penyusutan ukuran payudara
Freepik

Selain dapat membesar, penyusutan juga dapat terjadi pada payudara. Penyusutan ukuran payudara dapat terjadi karena seorang perempuan mengalami penurunan berat badan atau kadar estrogen, yang mungkin dapat terjadi karena menopause.

Namun, jika penyusutan payudara ini juga disertai dengan gejala lainnya seperti kerontokan rambut, muncul jerawat, serta tumbuh rambut di wajah dan bagian tubuh lainnya, maka disarankan untuk melakukan uji PCOS atau Polysystic Ovary Syndrome, yang ditandai dengan tingginya kadar hormon testosreron dan DHEA.

Kemungkinan lainnya yang menebabkan penyusutan ukuran payudara adalah, terlalu sering minum kopi. Sebuah penelitian di British Journal of Cancer, menemukan bahwa minum tiga cangkir kopi dalam sehari dapat menyebabkan payudara menyusut pada sejumlah perempuan. Mulai sekarang, cobalah untuk menghentikan atau mengurangi kebiasaan minum kopi ya!

Editors' Picks

3. Ukuran payudara yang tidak simetris atau tidak sama besar antara kanan dan kiri

3. Ukuran payudara tidak simetris atau tidak sama besar antara kanan kiri
Freepik/Katemangostar

Mungkin kamu terkadang suka merasa ukuran payudaramu berbeda antara kanan dan kiri, namun kamu tidak perlu khawatir karena sebagian besar perempuan memiliki payudara yang ukurannya tidak sama besar antara kanan dan kiri.

Normalnya, payudara akan selalu lebih tampil seperti ‘saudara’ daripada ‘kembar’, karena salah satu bagiannya berukuran lebih besar daripada yang lain. Jika perbedaan ukuran payudara tidak terlalu mencolok, maka kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kondisi ini normal bagi semua perempuan.

4. Beberapa faktor yang menyebabkan iritasi atau kemerahan yang muncul di bawah bagian payudara

4. Beberapa faktor menyebabkan iritasi atau kemerahan muncul bawah bagian payudara
Freepik/Spukkato

Terjadinya iritasi atau kemerahan yang muncul di bawah bagian payudara bisa disebabkan karena alergi dengan kawat bra yang terbuat dari nikel, lalu adanya sisa-sisa sabun yang menempel, bahan pakaian yang kurang nyaman, atau menggunakan bra yang sudah kotor.

Selain itu kondisi ini bisa terjadi karena kamu memiliki intertrigo inframammary atau sebuah kondisi yang terjadi karena lipatan antara bagian bawah payudara dan kulit di bawahnya bergesekan dan menyebabkan peradangan, hal ini umum terjadi pada saat cuaca panas.

Iritasi ini umumnya dapat diatasi dengan penggunaan bra dengan ukuran yang pas serta bahan yang nyaman. Kamu juga dapat memberikan salep untuk mengatasi jamur dan iritasi.

5. Muncul stretch mark pada payudara yang disebabkan perubahan berat badan secara signifikan

5. Muncul stretch mark payudara disebabkan perubahan berat badan secara signifikan
Freepik/Ollyy

Timbulnya stretch mark pada payudara dapat diakibatkan karena berat badan yang bertambah atau turun secara signifikan. Ini dapat terjadi saat berat tubuh meningkat, payudara juga menjadi kian membesar dan berkontraksi, sehingga memunculkan stretch mark.

Kondisi selanjutnya yang menyebabkan stretch mark pada payudara ini adalah ketika perempuan sedang hamil, melahirkan, atau sedang menjalani diet yo-yo. Walaupun terkadang dapat dianggap mengganggu penampilan perempuan, namun sebenarnya hal ini bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan.

6. Benjolan pada payudara yang mengindikasikan penyakit tertentu sehingga wajib diperiksakan

6. Benjolan payudara mengindikasikan penyakit tertentu sehingga wajib diperiksakan
Freepik/ Psodaz

Jika kamu menemukan benjolan pada payudara, sebaiknya kamu perlu segera memeriksakan kondisi ini pada dokter. Karena benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh fluktuasi hormon sebelum menstruasi, atau juga bisa menjadi gejala adanya kanker.

Jika pada payudara ada perubahan yang mendadak seperti ukuran, bentuk payudara, perubahan kuit pada payudara atau bagian areola, atau keluarnya cairan dari puting susu, maka wajib untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter.

Nah tadi merupakan kondisi kesehatan yang dapat dilihat dari penampilan payudara. Jika kamu ingin memastikan kesehatan payudara, kamu dapat melakukan pengecekan mandiri dengan metode SADARI (periksa payudara sendiri), lalu melakukan pengecekan ke dokter apabila kamu merasa ada gejala yang muncul pada payudara.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.