Obat Covid-19 dari Jepang Dipercaya Ampuh Bersihkan Virus

Obat ini disebut mampu bersihkan virus yang menyebabkan Covid-19 lho, Ma

25 April 2022

Obat Covid-19 dari Jepang Dipercaya Ampuh Bersihkan Virus
Freepik

Pandemi Covid-19 hingga kini masih menyerang seluruh negara di dunia. Beragam upaya pun telah dilakukan agar bisa mengendalikan virus ini, mulai dari penemuan vaksin hingga obat. 

Kabar terbaru, di Jepang ada perusahaan yang membuat sebuah obat untuk mengobati Covid-19. Obat ini disebut oleh mereka mampu bersihkan virus yang menyebabkan Covid-19, lho. Obat yang bernama Pil S-217622 diproduksi oleh perusahaan Shionogi & Co. Ltd.

Untuk lebih jelasnya, simak rangkuman fakta-fakta yang sudah Popmama.com kumpulkan dari berbagai sumber secara lebih detail.

Editors' Picks

1. Obat yang diberi nama pil S-217622 menunjukkan pembersihan cepat

1. Obat diberi nama pil S-217622 menunjukkan pembersihan cepat
Pexels/Karolina Grabowska

Sebuah obat yang dapat membersihkan virus yang menyebabkan Covid-19 dengan cepat kabarnya telah ditemukan di negeri Sakura, Jepang.

Dilansir dari Reuters, Shionogi mengungkapkan bahwa Pil S-217622 ini menunjukkan pembersihan cepat dari virus yang menular.

"(Pil S-217622) menunjukkan pembersihan cepat dari virus SARS-CoV-2 yang menular," kata Shionogi dalam sebuah pernyataan.

Saat ini, pil tersebut sedang dievaluasi oleh para regulator Jepang. Pihak dari perusahaan tersebut berharap agar pil antiviral ini bisa segera mendunia.

2. Menunjukkan peningkatan dari lima gejala pernapasan dan demam

2. Menunjukkan peningkatan dari lima gejala pernapasan demam
Pexels/cottonbro

Pihak Shionogi mengatakan, pada temuan yang dirilis pada hari Minggu (24/4/2022) kemarin menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang siginifikan di antara kelompok pengobatan. 

Meski demikian, obat tersebut dikatakan mampu menunjukkan peningkatan dari lima gejala pernapasan dan demam.

"Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam skor total 12 gejala Covid-19 di antara kelompok pengobatan, meskipun obat tersebut menunjukkan peningkatan dalam skor gabungan dari lima gelaja pernapasan dan demam," kata Shionogi yang dilansir dari laman Reuters.

3. Akan luncurkan uji coba tahap III di seluruh dunia

3. Akan luncurkan uji coba tahap III seluruh dunia
Pexels/ Miguel Á. Padriñán

Pada bulan Maret lalu, perusahaan farmasi tersebut mengatakan bahwa akan meluncurkan uji coba tahap III di seluruh dunia. Hal ini dilakukan dengan adanya dukungan dari Pemerintah Amerika Serikat.

Chief Executive Isao Teshirogi mengatakan bahwa produksi obat tersebut dapat mencapai 10 juta dosis per tahun. Adanya spekulasi yang beredar tentang keberhasilan pengobatan menyebabkan saham Shionogi sempat naik-turun.

Pada Jumat (22/4/2022) kemarin, saham perusahaan tersebut merangkak naik setelah pemerintah Amerika Serikat dilaporkan sedang dalam pembicaraan untuk memperoleh pasokan obat.

Sebelumnya pada 13 April lalu, saham Shionogi merosot turun hingga 16 persen. Hal ini terjadi setelah muncul sebuah laporan bahwa obat tersebut dapat menimbulkan risiko bagi perempuan yang sedang hamil.

Jadi itulah rangkuman informasi tentang obat dari Jepang yang disebut mampu bersihkan virus Covid-19. Saat ini, obat tersebut masih terus dikembangkan. Jadi, kita tunggu saja kabar kelanjutan dari obat ini, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk