Usaha Menguntungkan dengan Modal Kecil yang Cocok untuk Mama

Ternyata bisa mencari tambahan uang dari rumah, lho!

2 September 2021

Usaha Menguntungkan Modal Kecil Cocok Mama
Freepik/wirestock

Bukan tidak mungkin walaupun hanya di rumah saja, para ibu rumah tangga bisa juga loh menghasilkan uang atau pemasukan dari hasil usaha sendiri. Tidak perlu keluar rumah yang terlalu jauh, tapi bisa memiliki penghasilan tambahan.

Apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Usaha dari rumah menjadi pilihan tepat.

Selain niat, kamu juga harus menyiapkan modal. Meski nggak terlalu besar, usaha berikut ini bisa menghasilkan keuntungan besar. Simak ulasannya dirangkum oleh Popmama.com dari berbagai sumber!

1. Usaha BPOB di rumah, cukup menguntungkan lho

1. Usaha BPOB rumah, cukup menguntungkan
Freepik

BPOB atau nama lainnya PPOB, singkatan dari Payment Point Online Bank. Suatu bisnis yang digunakan untuk membayar berbagai tagihan.

  • Seperti pembelian token listrik, pulsa dengan kuota internet dll
  • Dikarenakan saat ini internet sangan dibutuhkan guna menunjang karyawan yang bekerja di rumah ataupun anak-anak sekolah yang asih belajar di rumah.
  • Menjual pulsa dan paket internet tidak memerlukan modal yang besar. Apalagi Mama bisa berjualan di rumah. Dengan cara ini, Mama tak perlu menyewa ruko dan lain sebagainya.
  • Agar bisnis pulsa dan paket internet bisa terus berjalan, hindari memberikan utang kepada konsumen. Umumnya, memberikan keuntungan bisa menghambat perputaran modal usaha.

2. Penjahit buat kamu yang hobi dengan keterampilan menjahit

2. Penjahit buat kamu hobi keterampilan menjahit
pixabay.com/Gadini
Konon, menjahit baju saat hamil bisa menyebabkan bibir bayi sumbing.

Jika kamu punya keterampilan menjahit, bisnis ini pun disarankan untuk ibu rumah tangga. Para Mama yang punya keterampilan ini dapat mencoba bisnis jasa menjahit.

Biasanya, pesanan jahit akan meningkat pesan mendekati hari raya dan tahun ajaran baru. Di masa inilah waktu yang tepat untuk memulai membuka jasa jahit.

Saat hari biasa (bukan hari-hari besar) para ibu dapat mengerjakan perbaikan pakaian atau jasa permak. Karena jasa permak ini banyak dicari orang untuk memperbaiki pakaian-pakaian yang tidak sesuai dengan ukurannya.
 

Editors' Picks

3. Catering harian cocok untuk dijadikan bisnis saat pandemi

3. Catering harian cocok dijadikan bisnis saat pandemi
Instagram.com/@cateringmpasijkt

Kesibukan bekerja sering kali menjadi penyebab makan tidak teratur. Jarang sekali pekerja memiliki waktu luang untuk memasak makanan. Alhasil, mereka lebih memilih untuk memesan katering.

Jika kamu tinggal di kota besar, cobalah untuk membuka usaha katering harian. Target pasarnya yaitu para pekerja, ibu bekerja yang nggak sempat masak untuk keluarga, dan mahasiswa.

Bisnis ini cocok untuk kamu yang ahli dan senang memasak. Buatlah menu-menu makanan sehat dan lezat. Promosikan melalui media sosial untuk mendapatkan pelanggan.

Dalam bisnis katering harian, kamu dituntut untuk kreatif dalam menyajikan makanan. Buatlah menu yang beragam agar pelanggan tidak bosan.

4. Laundry kiloan? Bisa jadi pertimbangan untuk bisnis di rumah

4. Laundry kiloan Bisa jadi pertimbangan bisnis rumah
Freepik

Kamu punya mesin cuci di rumah? Manfaatkan alat ini sebagai modal awal untuk membuka usaha laundry kiloan.

Target pasar utamanya adalah tetangga sekitar rumah yang tidak sempat mencuci pakaian sendiri. Kamu dapat menawarkan berbagai macam jasa seperti cuci kering, cuci setrika, cuci bed cover, dan lain sebagainya.

Kunci kesuksesan bisnis laundry yaitu selalu memuaskan konsumen. Jaga setiap pakaian pelanggan agar selalu dalam keadaan baik. Cuci pakaian dengan bersih, tata dengan rapi, dan wangi.

Selain Laundry baju, Mama juga bisa menjalankan laundry sepatu, apalagi anak muda zaman sekarang ingin sepatunya bersih tapi jarang yang suka membersihkan sepatu.
 

5. Bisnis kue kecil atau makanan ringan di rumah

5. Bisnis kue kecil atau makanan ringan rumah
Instagram.com/lapislegit_layerspeech

Peluang bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah produksi makanan ringan. Usaha ini mudah dilakukan dan sangat erat kaitannya dengan ibu-ibu.

Siapa sih yang tidak suka snack? Makanan kecil ini biasa menemani berbagai aktivitas mulai dari yang santai seperti menonton televisi hingga yang serius seperti rapat.

Bisnis snack memiliki jangkauan pasar yang sangat luas. Oleh sebab itu, peluang kamu akan semakin besar di bisnis yang satu ini.

Agar mudah diterima oleh masyarakat, buatlah snack dengan cita rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Untuk pemasaran, kamu dapat melakukannya melalui media sosial dan menawarkan langsung ke tetangga sekitar rumah.

Kamu juga bisa memanfaatkan Internet untuk menjual produk snack yang kamu produksi. Atau kamu juga bisa manfaatkan marketplace ataupun media sosial untuk pemasarannya.

6. Toko online atau reseller

6. Toko online atau reseller
Freepik/tirachardz

Kamu bisa menjajal jualan online. Untuk awal, kamu kamu menjadi reseller atau berjualan secara dropship. Tidak perlu modal diawal, bahkan jika kamu menjadi dropshiper anda tidak perlu stok barang.

Kamu bisa berjualan baju, daster atau masker sebagai bisnis tidak akan memberikan banyak. Apalagi, ashion akan selaku diminati dan selalu berkembang di dalam tahun ke tahun.

Jika modal sudah memadai maka bisa langsung membeli produk dalam jumlah yang banyak atau membuat sendiri dengan merek pribadi yang bisa dipasarkan dengan nama sesuai dengan keinginan.

Apapun pilihannya, mulailah dengan penuh keyakinan dan persiapan yang matang, agar konsisten dalam menjalankan usaha.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.